ON LINE

Followers

PEMAHAMAN CHAKRA DALAM REIKI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 15 November 2008

Apakah Chakra itu?
Chakra adalah kata Sansekerta yang berarti "Roda" (wheel) atau roda yang berputar. Chakra apabila dilihat dari depan tampak seperti roda-roda yang berputar dengan warna-warna terang atau seperti lingkaran yang berputar.
Jenis dan jumlah chakra terdiri atas chakra mayor atau chakra utama, chakra minor atau chakra sekunder, dan chakra mini. Jumlah chakra di seluruh tubuh sangat banyak. Ada yang menyebut 88.000 atau 6666. Wallahualam... namun yang perlu diketahui dalam tradisi reiki hanya dikenal 7 chakra utama ditambah 2 chakra di telapak tangan kanan atau kiri dan 2 chakra di telapak kaki kanan atau kiri. Selebihnya itu dikenal Chakra Ilahiah yaitu Chakra ke 8 hingga Chakra ke-14. Chakra Ilahiah berada di atas Chakra Mahkota.
Chakra adalah pintu gerbang energi untuk masuknya energi alam semesta ke dalam tubuh manusia dan sebaliknya menjadi pintu gerbang keluarnya energi dari tubuh manusia kembali ke alam semesta. Tanpa energi tubuh jasmani manusia tidak akan ada. Oleh karena itu chakra pada setiap orang selalu bekerja sekalipun orang itu belum mendapat attunement.
Chakra itu bergerak lambat kerjanya yaitu cukup untuk keluar masuknya energi yang dibutuhkan oleh tubuhnya saja tidak lebih dari itu. Setelah mendapat attunement chakra-chakra itu berkembang dan bercahaya sehingga jumlah energi yang masuk melalui chakra-chakra tersebut jauh lebih banyak sehingga membuat orang itu menjadi lebih sehat dan bugar.
Chakra dapat dibuka lebar atau sedikit saja. Karena fungsi chakra sebagai gerbang keluar masuknya energi alam semesta, yaitu energi yang diperlukan manusia untuk hidup hendaknya chakra-chakra itu berfungsi sebagaimana mestinya. Bila ada chakra-chakra itu yang ngeblok atau mengalami blockage, gerak chakra tersebut berkurang putarannya dari putaran normalnya,
maka organ tubuh jasmani seperti kelenjar-kelenjar endokrin yang terkait dengan chakra akan mengalami sakit. Perlu dipahami bahwa chakra terkait dengan bagian tubuh tertentu tubuh manusia. Sedemikian pentingnya bekerjanya chakra agar berputar dengan baik, cepat dan selaras maka perlu latihan membersihkan chakra, self healing dan menjaga tingkah laku perbuatan kita keperbuatan baik.
Hanya orang-orang yang mempunyai kemampuan kewaskitaan saja yang dapat melihat chakra ditubuhnya dan chakra di tubuh orang lain. Agar chakra dapat berkembang dengan baik dan dapat menghimpun energi khususnya chakra-chakra utama yaitu chakra mahkota, ajna, visudi, anahata (chakra jantung), solar flexus, sex dan chakra mooladara (chakra dasar) diperlukan latihan pernafasan 7 chakra yang berguna untuk menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh.

Adapun langkah-langkah pernafasan 7 chakra utama sebagai berikut:
1. Posisi duduk santai, rilek dan senyum.
2. Bernafas melalui hidung.
3. Fokuskan pikiran hanya pada chakra mahkota (ubun-ubun) dan rasakan sensasi di chakra ini.
4. Tarik nafas dalam melalui hidung ( hitung 1 sampai 8 ) secara perlahan-lahan kemudian tahan
nafas di dada (hitung 1 sampai 8 ) lalu buang nafas melalui mulut mendesis dalam hitungan 1-
8 hitungan pula.
5. Lakukan langkah di atas dalam 3 siklus untuk setiap chakra utama ini. Selanjutnya ke chakra
utama lainnya. Setelah selesai 7 chakra utama ini lalu teruskan dengan 7 chakra utama secara
sekaligus dalam 1 siklus bersamaan.

Metode lain untuk mengembangkan chakra-chakra utama ini dapat pula mempergunakan bantuan 3 simbol reiki. Simbol Reiki Cho Ku Rei, Shei He Kei dan Hon San She Zo Nen. Di samping ke 3 simbol reiki ini juga peranan afirmasi untuk mengarahkan simbol bekerja sesuai dengan niat praktisi reiki. Nah selamat berlatih, semoga Anda semua pencinta Reiki senantiasa mendapatkan kesehatan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.