ON LINE

Followers

LOBSTER AIR TAWAR BARU DI PAPUA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 19 Agustus 2015

Spesies baru lobster air tawar , Cherux ( Astaconephrops ) pulcher, ditemukan di Sungai Hua, di wilayah Distrik Teminbuan, Sorong Selatan, Papua Barat. Christian Lukhaup dari Hinterweidenthal, Jerman, mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ZooKeys 502: 1-10 ( 2015 ). Lobster dengan warna-warni menawan itu diklaim Lukhaup sebagai salah satu yang tercantik di Bumi.

Namu pulcher yang diberikan Lukhaup berasal dari Bahasa Latin yang bermakna cantik. Dengan tambahan C pulcher, kini Indonesia memiliki 19 spesies lobster air tawar. Secara morfologi, C, Pulcher mirip dengan Cherax boesemani yang hanya ditemukan di Danau Ayamaru dan Sungai Ayamaru, Distrik Ayamaru, Kabupaten Maybrat, 22 kilometer dari Sungai Hoa.
Jurnal ZooKeys/Christian Lukhaup Lobster air tawar Cherax (Astaconephrops) pulcher. sumber: ZooKeys/Christian Lukhaup.
Lobster air tawar Cherax ( Astaconephrops ) pulcher.
Sumber: ZooKeys / Christian Lukhaup.
Hanya ada di Indonesia; Cherax (Astaconephrops) Pulcher, udang karang yang memiliki corak warna indah.
Hanya ada di Indonesia; Cherax (Astaconephrops) Pulcher, udang karang yang memiliki corak warna indah pada tubuhnya.
Perbedaannya, C pulcher lebih kecil panjang 25 cm. Perbedaan lainnya, warna C boesemani bisa mencapai 25 cm. Perbedaan lainnya, warna c basemani umumnya merah kehitaman atau orange, sedangkan c pulcher umumnya biru hingga biru kehitaman dan putih.

Miturut Lukhaup, sebelum ia teliti dan daftarkan sebagai spesies baru, c pulcher sebenarnya sudah diperdagangkan, setidaknya 10 tahun terakhir. Bahkan, Lukhaup awalnya pertama kali melihat lobster air tawar jenis baru ini di toko hewan peliharaan di Sorong, sebelum ia temukan di habitat aslinya. Miturut Lukhaup, maraknya perdagangan telah mengancam keberadaan lobster ini.

Sumber : Kilas Iptek / AIK.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.