ON LINE

Followers

HOATZIN BURUNG TERANEH DI DUNIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 19 Agustus 2015

Salah satu jenis burung teraneh di dunia adalah beatzin alias Opisthocomus hoazin yang berdiam di hutan-hutan sebeleh utara Amerika Selatan. Hoatzin yang juga dikenal sebagai burung yang memiliki  bau menyengat, biasa juga disebut Canje. Burung ini hampir tak memiliki kemampuan terbang layaknya burung pada umumnya, kenapa bisa begitu ?

Hoatzin yang ukurannya sebesar burung merpati, memamah makanannya di temboloknya terlebih dulu sebelum kemudian dialirkan ke perut dan ususnya. Cara memamah seperti sapi ini tidak lazim di dunia burung dan menghasilkan bau tubuh menyengat. Keanehan lain yang hanya ditemukan pada hoatzin adalah cakar di bagian sayapnya, yang membantunya untuk memanjat pohon.

Burung aneh hoatzin.
Burung aneh hoatzin.
Masih ada keanehan lain, yaitu asal usul hoatzin yang unik. Para peneliti pada mulanya berpendapat bahwa hoatzin berasal dari Dunia Baru alias New World, belahan Bumi sebelah Barat, khususnya Amerika. Namun, penelitian pada fosil yang ditemukan baru-baru ini menunjukkan bahwa hoatzin juga hidup di Afrika dan Eropa ( Old World ) jutaan tahun lalu.

Bukti-bukti menunjukkan hoatzin di Eropa punah lebih dulu sebelum kepunahan di Afrika. Fosil di kedua benua itu menunjukkan bahwa hoatzin modern memiliki kaitan dengan nenek moyangnya di Dunia Lama.
Mengingat kemampuan terbang hoatzin yang sangat pendek, masih misterius bagaimana hoatzin bisa bermigrasi dari kedua benua itu ke Dunia Baru. Hoatzin sendiri hidup di pohon-pohon berdaun, tanaman merambat, dan semak-semak dekat sungai dan danau.

Sumber : Kilas GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.