ON LINE

Followers

PADI SEKITAR FUKUSHIMA TERCEMAR CAESIUM-137.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 19 Januari 2012

Pemerintah Jepang melalui Kepala Sekretaris Kabinet Osamu Fujimara, Kamis ( 17/11) memerintahkan Gubernur Fukusima Yuhei Sato melarang pengiriman beras dari Onami ke daerah lain. Pelarangan itu dilakukan karena beras di daerah itu mengandung zat radioaktif caesium-137 sebanyak 630 becquerel per kilogram.



Padahal batas aman maksimal 500 becquel. Onami terletak 52 kilometer barat laut Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir ( PLTN ) Fukushima Daiichi. PLTN ini meledak dan melepaskan zat radio aktif ke lingkungan sekitar setelah fungsi pendingin pembangkit listrik gagal berfungsi akibat dihantam gempa dan tsunami dahsyat pada 11 Maret 2011 lalu.



Meski demikian, 840 kilogram beras dari wilayah tersebut belum terkirim ke wilayah lain. Ilmuwan internasional telah memperingatkan Pemerintah Jepang kemungkinan ada peningkatan kadar caesium di timur Fukushima. Penghitungan yang dilakukan Tappei Yasunari dari Asosiasi Riset Luar Angkasa Antaruniversitas di Maryland, menunjukkan kadar caesium -137 di tanah dan rumput yang ada di timur Fukushima lebih tinggi delapan kali dari batas aman. Sementara di wilayah lainnya masih dibawah batas aman.


Padi amat cocok ditanam dalam kondisi cuaca Jepang dan mendapat tempat istimewa sebagai bahan makanan suci bagi rakyat Jepang. Dengan tradisinya yang panjang, budidaya padi bukanlah sekedar kegiatan pertanian, melainkan sebuah kegiatan budaya dengan beragam corak keagamaan.

Dewasa ini jumlah orang Jepang yang berkecimpung dalam budidaya padi, khususnya, dan pertanaian pada umumnya, telah banyak berkurang. Sementara itu, pengelolaan sawah telah mengalami mekanisasi terlebih-lebih sejak tahun 1960-an, banyak pekerjaan pertanian mulai dari penanaman hingga penyosohan padi dilakukan dengan mesin sehingga tercapai efisiensi tinggi.


Nick Beresford dari Pusat Ekologi dan Hidrologi di Lancaser, Inggris mengatakan, caesium-137 lebih diperhatikan dibanding unsur radioaktif lain karena keberadaannya mampu bertahan hingga beberapa puluh tahun. Pada tanah organik, unsur radioaktif dapat bertahan lebih lama lagi. Zat ini akan terikat dengan komponen mineral lain dan menghambat penyerapan unsur hara dalam tanaman.



Pembajakan tanah dan penggunaan pupuk dapat membantu mengurangi tanah dari menyerap unsur-unsur radioaktif berbahaya tersebut. Sementara itu pada rumput yang tercemar caesium, penggunaan agen pengikat yang ditambahkan pada pakan ternak dapat mengurangi penyerapan unsur tersebut oleh usus hewan.



Sumber : AFP/BBC/Kompas/MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.