ON LINE

Followers

MEMBUAT READ MORE DI BLOGGER.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 28 Januari 2012

Beberapa hari lalu sahabat blogger Mbak Ely di Niedershacen Jerman Utara mengirim email menanyakan ke saya tentang memenggal postingan menjadi 2 bagian agar tidak terlihat panjang ketika muncul di halaman blog WP. Karena yang ditanyakan pada Wordpress, sebenarnya menu memenggal artikel menjadi 2 bagian sudah disediakan WP pada menu 2 kotak yang ditandai dengan tanda titik-titik sebagai pembagi, terletak empat kotak dari sebelah kanan halaman postingan sebelah atas.



Tapi itu pada WP lantas kalau pada Blogger bagaimana cara menuliskannya kode HTML untuk memenggal artikel menjadi 2 bagian dan di akhir tulisan alinea 2 ada tulisan read more atau lanjut. Baiklah langkah pertama kita masuk ke account google kita dulu. Muncul daftar postingan kita yang telah terbit.



Pilih salah satu postingan yang jelas-jelas ingin kita buat tulisan Read More. Ketika lembar tulisan ini sudah muncul dilembar posting, segera blog keseluruhan artikel itu menjadi biru laut dengan menekan shift dan menggoyangkan mouse sehingga keseluruhan artikel terblog biru laut. Lalu tekan CTR (control+ c) atau klik kanan mouse tekan tulisan copi.



Setelah draft tulisan lama disimpan dalam bentuk copi lalu segera buka MS Word dengan halaman kosong dan paste draf tulisan dari bloger tadi dengan menekan ctrl + v secara bersamaan atau cara manual lain yaitu klik kanan lalu pilih tulisan kopi. Selesai mengklik ini otomatis draf tulisan hasil transfer dari bloger akan tersimpan di MS Word.



Selesai dengan penyelamatan draft tulisan dari bloger, kita kembali bertamu ke account bloger milik kita sendiri. Di lembar postingan masih tersimpan draft lama tadi lalu blog secara keseluruhan sehingga menjadi warna biru laut lalu tekan tombol delete. Otomatis tulisan telah lenyap dan lembaran postingan menjadi putih dan siap kita tempatkan kembali transferan draf tulisan kita yang sebelumnya tersimpan di MS Word.



Setelah lembar tulisan di bloger kosong (putih) lalu pilih Edit HTML. Ms Word yang sebelumnya kita mini milize lalu kita klik. Muncul Ms Word dengan draf tulisan hasil penyimpanan transferan bloger. Klik kanan lalu pilih tulisan copi. Kembali masuk ke bloger kita lalu tempatkan mouse tadi ke lembar postingan kosong dan klik paste. Muncul dah draft tulisan kita di bloger. Lalu tentukan paragraf mana yang ingin kita pisah. Misalnya ending paragraf 1 sejajar.



Berikutnya cari paragrap ending dari artikel ini. Bila sudah ketemu lalu ketikan kode sejajar di akhir kata kalimat akhir. Rumus baku pengetikannya adalah < span class="fullpost"> lalu cari ending dari paragraf akhir postingan ini dan sejajar kita ketikan



Untuk jelasnya saya cuplikkan blognya mas/mbak Isnaini yang terlihat seperti ini. Membuat readmore pada Bloger agar dalam satu artikel kalimat paragraf pembuka alinea satu dan dua terbaca dan sisanya ( alinea 3, 4, 5 dan seterusnya tersembunyi). Sisa paragraf lainnya ini hanya bisa dilihat setelah mengklik read more.

Contoh penulisan posting:



Alinea satu ( 1 )



Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang kalo postingan muncul semua. Maksud penulisan dibagi menjadi 2 bagian agar tidak terlihat panjang muncul di halaman postingan. Oleh karena itu saya perlu memotong berita sampai disini saja. Sehabis tanda baca titik ini Anda lalu ketikkan kode HTML yaitu Di alinea akhir postingan misalnya alinea 6 diakhiri dengan tanda baca titik sejajar, Anda ketikan kode



Aline berikutnya, misalnya aline 3, 4, 5 dan 6 adalah sisa postingan saya yang akan saya sembunyikan dan hanya muncul pada saat pengunjung atau penulis blog mengklik link read more. Hasil akhir postingan akan seperti ini:



Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang kalo postingan muncul semua. Maksud penulisan dibagi menjadi 2 bagian agar tidak terlihat panjang muncul di halaman postingan. Oleh karena itu saya perlu memotong berita sampai disini saja. Read more..



Lain halnya bila kita membuat postingan baru di bloger kendatipun kita tidak mengerti kode HTML kita langsung masuk saja ke lembar tulis dan abaikan kode HTML. Tuliskan postingan dengan tidak memikirkan kode HTML. Nanti bila artikel sudah jadi akan terbentuk sendiri kode HTML dari sistem bloger di komputer. Selamat Mencoba!



Sumber : www.isnaini.com

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.