ON LINE

Followers

GELOMBANG ANGIN MEMBENTUK DARATAN ARIZONA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 23 Januari 2012

Letak Arizona jauh dari lautan. Meski demikian, terjangan gelombang telah ikut membentuk dataran Arizona. Hanya saja, gelombangnya bukanlah gelombang laut, melainkan gelombang angin. Akibatnya bentukan batu karang sepanjang perbatasan Arizona - Utah, yang dikenal dengan julukan The Wave atau gelombang, merupakan pemandangan indah yang memperlihatkan bagaimana erosi angin bisa membentuk daratan.



Setidaknya itulah gambaran tentang dataran Arizona yang digambarkan Situs GeoWeek yang mengubungkan gerakan angin sebagai mekanisme alamiah yang bisa menggerus permukaan bumi secara terus menerus. Hal ini juga berlaku untuk air, es dan gravitasi yang terjadi di wilayah ini. Dalam iklim yang kering, angin merupakan sumber primer erosi.



Dalam pembentukan batu paras di wilayah The Wave, erosi oleh angin terjadi melalui abrasi. Angin mencungkil sejengkal batu paras dan mengempaskannya ke arah karang. Proses ini berlangsung terus hingga menjadi pahatan berupa garis-garis yang indah.


Salah satu keindahan alam yang terletak di Amerika Serikat di dekat perbatasan Arizona dan Utah di lereng Coyote Buttes, di Paria-Vermilion Cliffs Canyon Wilderness, di Colorado Plateau, yaitu The Wave. Banyak sekali para pendaki dan fotografer yang datang berkunjung ke tempat ini karena tempatnya berwarna-warni dan bergelombang kasar tekstur permukaan batu parasnya.

Maha Besar Tuhan dengan segala ciptaan - NYA di muka bumi ini. Para ilmuwan yang mempelajari The Wave mengatakan bahwa bukit pasir tua berubah menjadi batu dipadatkan keras selama berabad-abad, calcifying dalam lapisan vertikal dan horisontal. Erosi oleh angin dan hujan telah menciptakan pemandangan yang spektakuler yang muncul sekarang.


The Wave merupakan bagian dari The Coyote Buttes di Paria Canyon - Vermillion Cliffs Wilderness. Kalau Anda ingin menyaksikan keajaiban alam ini, bersiaplah untuk berjalan kaki sekitar 4,8 kilometer di gurun. Bagi petualang yang biasa merambah daerah berbukit-bukit tinggi, berjalan di gurun juga merupakan tantangan tersendiri untuk ditaklukkan medannya. Daerah gurun selain datar juga ada bukitnya.



Pembentukan batu paras di The Wave sudah lebih dari 200 juta tahun, yang awalnya berupa gurun pasir dengan bukit-bukit pasir tinggi. Garis-garis yang berwarna indah berasal dari zat besi dan mangan yang mengendap di air tanah, dan kemudian mengalir ke permukaan batu paras. Zat kalsit ikut menambah tekstur dan warna batu itu.



Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.