ON LINE

Followers

MANFAAT AIR PUTIH BAGI TUBUH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 21 Januari 2012

Saya sering lihat pertandingan sepakbola di mana dalam kesempatan turun minum semua pemain akan masuk ruang ganti pakaian lalu mereguk minuman ringan penghilang dahaga. Atlet sepakbola atau badminton saat jeda permainan menyadari bahwa dalam laga yang baru saja dimainkan akan sangat menguras tenaga karena banyaknya keringat keluar tubuh. Karena itu untuk melemaskan otot serta mengembalikan stamina, para atlet itu akan minum air putih secukupnya agar cairan tubuh yang sudah keluar berupa keringat, dapat digantikan lagi dengan minuman baru.



Kebanyakan atlet itu akan mengonsumsi minuman berenergi. Lebih afdolnya sebut saja minum air putih sebagai bentuk suplemen menggantikan cairan keringat yang sudah banyak keluar dari tubuh. Minum air putih terkadang dianggap sebagai kewajiban dan kebiasaan. Akan tetapi banyak yang memanjakan kepentingan lidah yang pada akhirnya menggantikan air putih dengan minuman manis atau minuman rasa lainnya.



Padahal menurut kesehatan akhir pekan, kita sering diberi tahu oleh orangtua kita bahwa air putih bukan sebagai pelepas dahaga, tetapi juga penting bagi kesehatan organ tubuh manusia. Minum air putih tidak hanya baik dilakukan saat bangun tidur, tetapi juga sebelum tidur.


Tak ada yang lebih penting bagi wanita selain ingin selalu tampak cantik, sehat dan segar. Karena itulah perlu minum air putih.


Banyak orang yang mengabaikan konsumsi air putih saat bangun tidur. Padahal saat tidur, aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel tubuh terus berjalan. Air dalam tubuh membantu sel-sel tubuh bekerja sehingga akan akan ada air yang terbuang dalam prosesnya. Untuk mengetahui seberapa manfaat air putih bagi tubuh inilah tip nya berdasarkan sumber kesehatan akhir pekan.


Minum terlalu banyak air bisa mengakibatkan hyponatremia, suatu kondisi dimana kadar sodium di dalam darah tidak cukup.


Minum air putih dapat meningkatkan energi. Dengan mengonsumsi air putih pada pagi hari setelah bangun tidur, metabolisme tubuh segera meningkat sehingga membantu seseorang lebih waspada dan segar. Saat tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi. Agar tubuh bisa kembali normal, diperlukan asupan air.



Minum air putih pada pagi hari juga membantu meringankan fungsi ginjal dalam menghilangkan racun serta produk buangan dari dalam sistem tubuh. Hal ini dikarenakan saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Menurut Mara Z Vitolins, seorang ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Center, umumnya tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus. Oleh karena itu, konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut.



Jika orang minum air putih saat sedang lapar akan terlihat adanya penurunan nafsu makan, sehingga membantu menurunkan berat badan dan menghindari konsumsi minuman lain yang tinggi gula, kalori atau kafein. Minum air putih secara teratur juga bisa mempercantik kulit karena membantu membersihkan racun dari tubuh.



Walaupun 70 persen tubuh kita terdiri dari air dan memiliki kebutuhan air yang tinggi, tetapi minum air putih juga tidak boleh berlebihan. Minum air berlebihan justru membuat Anda sering ke kamar mandi sehingga berefek buruk bagi fungsi ginjal dan jantung.



Sumber : Sehat Akhir Pekan ( VTO ).

1 Responses to MANFAAT AIR PUTIH BAGI TUBUH.

  1. bener banget nih,
    cz kalau dilakuin rutin,
    khasiatnya cepat pula terasanya

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.