ON LINE

Followers

MENARA EIFFEL DAN SUNGAI SEINE

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 23 Oktober 2009



Indonesia sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan ibukota Jakarta boleh membanggakan diri dengan Taman Mininya, maka Perancis dengan ibukota Paris pun tak mau kalah dengan Menara Eiffelnya. Taman Mini yang berada di kawasan Jakarta Timur merupakan miniatur dari rumah adat suku-suku bangsa Indonesia, sedangkan Menara Eiffel adalah bangunan besi yang dibangun di Cham de Mars di tepi Sungai Seine.

Nah apa sebenarnya yang menjadi daya tarik Menara Eiffel? Menara ini menjadi ikon kota Paris dibangun tahun 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, pameran dunia yang merayakan seabad revolusi Perancis. Sebenarnya Eiffel hendak membangun menara ini di Barcelona untuk pameran universal tahun 1888, tapi pihak berwajib di Balai Kota Barcelona menganggap biaya menara ini mahal dan tidak cocok dengan kondisi kota ini. Karena ditolak Barcelona maka Eiffel mengirim draf menara ini untuk pameran Universal di Paris.

Akhirnya menara ini jadi juga didirikan dan diresmikan 31 Maret 1889. Selama pembangunan 300 pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam, menggunakan dua setengah juta paku dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin. Jelas resiko kecelakaan kerja sangat besar selama pemasangan bentangan besi, namun Eiffel sangat hati-hati dalam tugas ini. Untuk bangunan menara besi pencakar langit modern yang tak biasa, menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform.

Selama masa pembangunan menara ini mendapat kritik dari masyarakat karena adanya satu orang pekerja yang meninggal dunia dan menara besi yang menjulang tinggi ini dianggap mengganggu pandangan mata. Surat kabar harian di Paris dipenuhi surat kritik dari komunitas seni di Perancis. Namun seiring perjalanan waktu ternyata Menara Eiffel menjadi tujuan utama wisatawan yang melancong ke Paris dan mendatangkan keuntungan finansial hingga sekarang ini.

Saat ini Menara Eiffel Paris memperingati hari jadinya yang ke 120 tahun dengan menggelar pertunjukan cahaya spektakuler sehingga menambah keindahan langit malam kota Paris. Setiap malam para pengunjung kota Perancis dapat menikmati pertunjukkan cahaya gemerlapan selama 12 menit. Dalam rangka peringatan hari jadi ini sekitar 250 ribu bola lampu menerangi tubuh menara besi dan menimbulkan kilatan cahaya gemerlapan di sekitar menara Eiffel.

Dalam acara pembukaan pertunjukkan aneka warna cahaya berlangsung setiap setengah jam dengan paduan musik kontemporer sehingga menyajikan suasana spektakuler langit kota Paris di malam hari. Bertepatan dengan hari jadi ikon kota Paris tersebut, salah satu industri otomotif raksasa Perancis juga menggelar peringatan yang ke-90 tahun berdirinya industri otomotif di negeri ini.

Di siang hari kota Paris pun menyelenggarakan festival rakyat. Festival rakyat penuh kegembiraan ini saling melempar bola salju sambil berperahu menyusuri Sungai Seine yang membelah kota Paris. Pesta rakyat penuh canda dan tawa ini bertujuan untuk melupakan resesi ekonomi dan ancaman pemanasan global.

Festival rakyat Perancis yang berlangsung di jantung ibu kota Paris diselenggarakan oleh resor wisata ski Perancis guna mengajak masyarakat melupakan sejenak resesi dan mengajak bergembira bersama. Suasana pesta yang dimeriahkan musik rakyat berlangsung saat hujan gerimis seperti layaknya festival musim dingin. Namun siapa sangka ternyata bola-bola salju ini tiruan belaka. Kendati demikian tak mengurangi kemeriahan pesta rakyat yang sedang berlangsung.

Atraksi jenaka peserta tetap saja mengundang perhatian dan menghibur para wisatawan manca negara yang sedang menikmati jernihnya air Sungai Seine. Tentu saja atraksi ini dikemas dengan tujuan menghibur rakyat Paris juga menghibur pengunjung yang kebetulan turis asing yang sedang menikmati keindahan kota Paris di siang hari.

Sumber berita : Reuters gambar Google Image.



2 komentar

  1. Duh Eifel..Paris..Perancis, jd inget sang pemimpi nya Andrea Hirata. Kpn ya bs nyampe' k sana. Aih, mimpi aj lah dl. Hik...3x. Dah lm g' mampir k tini. Makin mantap aj blog na. Slm kreatifitas teman!

     
  2. Rizkyzone Says:
  3. siip dah infonya jd nambah pengetahuan baru nich...

    coment balik y kalau sempat

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.