ON LINE

Followers

SEDIKIT TENTANG LIMA GERAKAN AWET MUDA TIBET

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 07 Agustus 2009




Membaca karya Irmansyah Effendi Lima Gerakan Awet Muda Tibet Menghambat Penuaan seakan-akan kita dibawa ke masa lampau di Tibet Himalaya di mana ilmu ini berasal dan digunakan pada jamannya oleh Lama, sebutan Pendeta Tibet. Lima gerakan ini dirancang khusus oleh para Pendeta Tibet jaman dulu. Kendatipun gerakan-gerakan Lima Gerakan Awet Muda tidak seluruhnya menggerakkan tubuh, gerakan-gerakan ini ternyata memberikan pengaruh kepada pergerakan chakra, nadi dan kelenjar tubuh. Itulah paparan singkat tentang olah raga ala Tibet yang sudah sehat dengan reiki praktekkan semenjak menjadi praktisi reiki sekalipun bukan dari aliran Reiki Tummo.

Olahraga ini setiap kali dilatih sangat membantu pergerakan chakra dalam tubuh energi termasuk di sini nadi utama sushumna juga nadi ida dan pinggala.Hasil yang diberikan dalam latihan ini adalah sama dengan hasil yang diberikan lewat olah raga yang dilakukan secara menyeluruh dalam jangka waktu lama.Dengan kata lain olah raga Lima Gerakan Awet Muda Tibet sudah cukup menggantikan olah raga lain dengan tujuan utama menjaga tubuh tetap sehat dan akan lebih sehat lagi bila dibarengi dengan persiapan olah napas setiap kali melakukan latihan.

Olah raga ini juga melancarkan aliran energi di tulang punggung sehingga penyaluran energi ke organ-organ penting tubuh yang berhubungan dengan tulang punggung menjadi lebih baik. Bagi Anda pengunjung blog sehat bersama reiki yang belum mengenal energi dalam kaitan reiki akan sedikit penulis paparkan bahwa setiap makhluk hidup termasuk manusia dialiri energi vital (chi) di dalam dan luar tubuhnya. Organ tubuh kita membutuhkan energi agar berfungsi dengan baik. Termasuk di sini setiap sel-sel membutuhkan energi agar dapat hidup.

Apabila dalam tubuh ada gangguan pada distribusi energi di mana sel-sel dan organ-organ tubuh tidak menerima energi bersih sebagaimana mestinya tentu akan mengganggu kerja dari organ-organ tubuh kita. Tentu Anda dan sehat berkat reiki sepaham bahwa energi adalah sesuatu yang tidak kasat mata, tidak dapat dilihat namun dapat kita rasakan kehadirannya apabila kita sudah terbiasa melatihnya. Apabila Anda praktisi reiki akan dengan mudah merasakan getaran energi dalam tubuh energi yang pengaruhnya kepada tubuh jasmani kita, akan ada sensasi getaran energi berupa rasa hangat, panas, dingin bahkan sejuk melingkupi tubuh fisik ini.

Energi mempunyai pintu masuk dan keluar yang disebut chakra. Di tubuh manusia jumlah chakra ratusan buah. Di samping chakra energi juga masuk melalui saluran khusus yang disebut dengan nadi. Energi bersih dipompa masuk lewat chakra dan seterusnya disalurkan lewat nadi ke berbagai organ dan sel tubuh yang membutuhkannya. Kebalikannya energi kotor juga disalurkan lewat nadi ke chakra terdekat dari organ tubuh lalu dibuang keluar tubuh. Memompa masuk dan keluar energi lewat chakra tubuh dilakukan secara otomatis melalui pernafasan.

Lantas apakah ada hubungan antara sirkulasi energi dan olah raga? Kita tahu bahwa olah raga menyebabkan bergeraknya otot tubuh di bagian tubuh yang sedang digerakkan. Gerakan ini memberikan tekanan dan dorongan lalu merangsang chakra maupun nadi di sekitar bagian tubuh yang tengah digerakkan sehingga chakra akan lebih aktip. Semakin sering digerakkan maka energi kotor yang menempel di chakra dan nadi akan dikeluarkan dari tubuh dan digantikan dengan energi bersih. Oleh karena olah raga rutin, terukur sangat membantu kelancaran sirkulasi energi termasuk di sini sirkulasi darah di jaringan tubuh maka akan membuat chakra dan nadi semakin bersih. Dengan bersihnya chakra dan nadi tubuh maka seseorang akan menjadi lebih sehat.

Bila chakra dan nadi bersih sirkulasi energi akan lancar dan pada akhirnya membuat seseorang jauh lebih sehat. Dalam tubuh yang sehat maka kemampuan menyembuhkan diri sendiri orang tadi semakin bagus. Bahwa manusia normal telah diberi kemampuan alami untuk menyembuhkan diri sendiri. Lancarnya distribusi energi bersih dan lancarnya pembuangan energi kotor ke luar tubuh sebagai sistem penyembuhan alami manusia, menyebabkan orang yang bersangkutan jarang sakit. Energi yang mengalir lancar membentuk lapisan pelindung tubuh yang disebut aura. Semakin tebal aura seseorang akan semakin imun dia dari serangan penyakit.

Irmansyah Effendi Master Reiki Tummo lulus di bidang Computer Science dan Matematika di California State University USA yang menulis buku ini menyebut bahwa napas adalah hidup.Pendapat bahwa napas adalah hidup adalah para yogi di India. Dalam banyak naskah kuno menyebut bahwa pranayama sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu prana yang artinya napas dan yama yang artinya kontrol. Jadi pranayama berarti pengontrolan napas. Aliran napas masuk dan keluar dari paru-paru diatur sedemikian rupa demi hasil yang terbaik.

Saat menarik napas sampai mentok lalu napas ditahan beberapa detik. Melepas napas pun juga berirama dan pada akhir pelepasan napas pun, napas ditahan beberapa detik. Dalam buku ini penulis tidak membahas teknik pengontrolan napas secara mendalam akan tetapi sehubungan dengan teknik Gerakan Awet Muda Tibet yang mempelajari cara bernapas benar setiap kali memulai latihan, maka akan diajarkan teknik bernapas sederhana dan gampang diikuti oleh siapapun yang berlatih agar mendapat manfaat dari latihan Gerakan Awet Muda Tibet ini.

Baiklah sehat bersama reiki akan menjabarkan paparan penulis buku ini tentang bernapas yang benar yang gampang dipraktekkan oleh siapa pun.Caranya Anda harus duduk atau berdiri dengan santai saat latihan napas ini.
1. Kondisikan tulang punggung Anda cukup tegak dengan tidak memaksakan diri.
2. Letakkan salah satu telapak tangan Anda di Solar Plexus (ulu hati), sementara telapak tangan lainnya di atas tangan ini. Yang menempel di chakra solar plexus tangan kanan atau kiri sama saja tidak menjadi masalah.
3. Mulai tarik napas dengan irama dalam dan santai. Saat menarik napas rasakan diafragma Anda bergerak terlihat bagian tubuh di mana kedua tangan Anda terletak mengangkat sedikit .
4. Tahan napas Anda selama 2 detik lalu hembuskan napas dengan santai. Saat menghembuskan napas rasakan diafragma kembali bergerak mengendur dan kedua telapak tangan Anda sedikit menurun dan kembali ke posisi semula.
5. Tahanlah napas Anda selama 2 detik.

Nah agar Anda bisa mempraktekkan latihan kebugaran ini ada baiknya membaca buku ini dengan baik paragraf demi paragraf. Buku ini memang tidak berbentuk e-book tetapi dalam bentuk naskah cetak dan menjadi best seller setiap kali terbit cetak ulang. Di kota Anda pun mudah mendapatkan buku ini. Dengan membaca dan melihat peragaan gambar yang menjadi ilustrasi buku ini pembaca akan mudah mengikuti latihan setahap demi setahap.

Di bab 8 disinggung pula wawasan bagaimana menghemat energi seks untuk menambah gairah, vitalitas dan awet muda. Tidak masalah apakah Anda belum menjadi praktisi reiki lebih dulu, Anda pun bisa melatihnya. Namun bagi praktisi reiki latihan Teknik Lima Gerakan Awet Muda Tibet, Kundalini dan Reiki Tumo saling membantu membersihkan dan memperlancar aliran energi di jalur sushumna untuk manfaat positif diantaranya menjaga agar seseorang tetap sehat bugar sepanjang hidupnya dan tetap awet muda kendatipun usia merangkak naik.

Nah sebagai ilustrasi dari rahasia awet muda ini Anda bisa meniru rahasia Penyanyi Titik Puspa bagaimana dia mengolah napas dalam setiap kesempatan dan tetap awet muda di usia manula. Anda tentunya ingin tetap awet muda bukan?

Sumber tulisan : Lima Gerakan Awet Muda Tibet karya Irmansyah Effendi,Msc (diedit)

Gambar : Google Images

2 komentar

  1. Unknown Says:
  2. Wow di empat ku di kota terpencil juga udah ada ya cm aq baru denger dikit tentang REKi hehehe..

     
  3. Cyntia Says:
  4. wahh kerenn.. Tia sangka cuman Yoga ajah kak yang kayak gitu, jadi lebih tau nih kak tentang Reiki dan Lima gerakan awet mudanya :) Nice post kak

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.