ON LINE

Followers

PASAR KAMBING ETAWA PANDANREJO

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 16 Agustus 2009


Sahabat blog ku yang tercinta...menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang ke-64 dalam kesempatan ini sehat dengan reiki ajak Anda semua tetirah ke daerah Perbukitan Menoreh di daerah Purworejo Jawa Tengah. Di daerah ini saudara akan menjumpai satu-satunya pasar hewan kambing peranakan Etawa dan P-E yang ada di Pasar Pandanrejo. Kesibukan pedagang di pasar hewan ini tak kalah pentingnya dengan kesibukan warga masyarakat lainnya yang sedang menyambut hari kemerdekaan republik ini yang akan jatuh hari Senen esok.

Kesibukan pasar hewan di Perbukitan Menoreh menjadi transaksi jual beli kambing sudah ada sejak tahun 1980. Di tempat ini antara lima ratus hingga seribu kambing peranakan etawa dari penjuru Kabupaten Purworejo, Kulon Progo bahkan dari Kabupaten Sleman dan Wonosobo memadati pasar hewan khusus kambing P-E. Transaksi penjualan kambing setiap hari Sabtu di pasar Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Purworejo bisa mencapai puluhan juta rupiah dari kambing seharga 350 ribu rupiah hingga 25 juta rupiah.

Desa Pandanrejo di mana pasar ini berada sejak tahun 1980 telah ikut memetik hasil dari bea masuk pasar sebesar seribu rupiah per ekor kambing ternyata cukup memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat setempat. Tidak itu saja bahkan Pamong Desa bisa memasukkan kas desa dari transaksi jual beli kambing per hari kerja pasaran. Di sini puluhan pedagang dari luar kota yang datang berorombongan dan menyewa kendaraan sendiri bebas melakukan transaksi jual beli kambing.

Peminat kambing jenis Etawa atau P-E datang dari daerah Wonosari Gunung Kidul, Boyolali bahkan daerah Jawa Timur. Transaksi tidak terbatas dalam areal pasar saja, tetapi di luar pasar pun terjadi transaksi khususnya di rumah penduduk setempat. Untuk transaksi kambing perternakan Etawa Kategori B menurut peternak setempat yaitu Bapak Sarman, mengatakan bahwa berbisnis kambing P-E lebih menguntungkan katagori B atau A.

Untuk transaksi jenis kambing P-E katagori A harus dilengkapi ijin tertulis Bupati Purworejo yang pengurusan ijinnya dapat diurus belakangan. Nah...apakah anda tertarik berkunjung ke pasar ini dan ingin menjadi peternak kambing tak ada salahnya datang ke pasar ini. Siapa tahu hoki kambing menyertai Anda.Sehat berkat reiki menulis dari Kaligesing Purworejo.

Gambar : dokumentasi www.gunungkelir.com

1 Responses to PASAR KAMBING ETAWA PANDANREJO

  1. genthokelir Says:
  2. Terima kasih telah mencantumkan sumber tulisan sangat senang sekali membantu publikasi tentang kambing etawa
    sukur lagi di kasih link ke sana heheheeee

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.