ON LINE

Followers

IKAN HIAS INDONESIA MASIH BANYAK PENGGEMARNYA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 18 Agustus 2009



Melihat ikan hias sungguh menyenangkan. Itulah sekilas kunjungan sehat dengan reiki bersama tim liputan ibukota ke Cibinong yang saat ini sedang menggelar Indonesia Goldfis dan Betta Splendens Contes 2009 yang memamerkan ratusan species ikan hias alami Indonesia.Keanekaragaman ikan hias Indonesia tidak diragukan lagi.

Untuk mempromosikan ikan hias hasil budidaya peternak lokal kepada masyarakat pecinta ikan hias serta pengembangan kualitas ikan hias itu sendiri, maka pameran dan kontes ikan hias yang tengah digelar di Raiser Ikan Hias Cibinong memperoleh tanggapan positip masyarakat penggemar ikan hias. Ratusan peserta kali ini memamerkan ratusan spesies ikan mas koki dan cupang yang saat ini terbilang cukup langka.

Boleh jadi saat ini sektor penjualan ikan hias Indonesia khususnya komoditi ekspornya memang masih stagnan dibandingkan dengan Singapura. Padahal ikan hias yang diekspor ke Singapura sebagian besar berasal dari Indonesia. Kondisi ini membuat pihak pembudidaya ikan hias bekerja keras agar kecukupan ikan hias selalu ada. Termasuk di sini gencarnya berpromosi sebagaimana terlihat dalam pameran kali ini..

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki spesies ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut. Sebanyak lebih dari 4500 spesies ikan hias memiliki habitatnya sendiri di perairan Indonesia. Alam Indonesia dinilai sangat cocok untuk pengembangan berbagai spesies ikan yang berasal dari negara lain terutama ikan hias air tawar seperti koi, mas koki, guppy, discus dan masih banyak lagi jenisnya.

Namun dalam kenyataannya nilai perdagangan ikan hias Indonesia belum menggembirakan. Nilai ekspor ikan hias Indonesia dalam kurun waktu 2004 hingga 2008 masih cenderung stagnan yakni sebesar 9.5 juta dollar Amerika. Pangsa pasar Indonesia dalam perdagangan ikan hias global saat ini sebesar 7.5 persen sementara Singapura telah mencapai 22.8 persen walaupun 90 persen kebutuhan ikan hias Singapura dipasok dari Indonesia.

Kurangnya fasilitas pembudidayaan ikan hias, minimnya SDM dan kurangnya strategi pemasaran yang optimal maka strategi pemasaran ikan hias Indonesia mengalami kendala. Menurut Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan, Martani Husaeni, untuk meningkatkan sektor perdagangan ikan hias Indonesia di kancah Internasional, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah di antaranya dengan meningkatkan fungsi raiser sebagai tempat pembudidayaan ikan hias dengan pengembangan SDM dan kelengkapan fasilitasnya serta menggandeng pihak swasta dan kalangan eksportir.

Dengan adanya raiser ikan hias di Cibinong diharapkan mampu menjadi wadah koleksi ikan hias dan pengembangan budi daya ikan hias untuk kebutuhan pasar dunia yang saat ini beralih ke ikan hias hasil budi daya. Pihak swasta salah satunya Perusahaan Sea World Indonesia pun mengaku siap bekerjasama dalam mempromosikan ikan hias yang dibudidayakan di raiser milik pemerintah.

Komoditas ikan hias alami Indonesia sendiri masih banyak yang belum dieksplorasi, sementara penggemar ikan hias semakin bertambah. Apakah Anda juga penggemar ikan hias? Kalau...ya...silakan cermati bagaimana ikan hias ini bisa menjadi komoditi ekspor yang tentu saja mendatangkan devisa negara bagi Indonesia. Mari dalam kesempatan ini sehat bersama reiki mengajak Anda memelihara ikan hias di rumah masing-masing...mau?

Gambar : Google Images

9 komentar

  1. Adhieth Says:
  2. wah...aq dulu salah satu pecinta ikan mas koi tu...tp sekarang dah wafat alias tewas....hohoho....

     
  3. FATAMORGANA Says:
  4. mampir pagi dengan semangat.
    Pertama-tama izinkan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya karena baru kali ini sempat mampir.

    Saya tadi berpikir salah masuk, ternyata sudah menggunakan kostum baru yang lebih keren.

    Ikan hias,.... aku suka, di rumah ada 2 ekor ikan cupang dan seekor Arwana. Sebagai teman pengusir stress.

     
  5. aku sebenernya suka ikan hias..cuma males ngurusinnya.. hehehhe

    sekarang yg lagi hobi anakku.. di TKnya ada yg jualan ikan gocengan dapet 4...

    emang lucu2 ya ikan hias ituu..

     
  6. safru Says:
  7. Yah ...dirumahku juga ada ikan hias lumayan kalau lagi bengong bisa buat temen...he...he...

     
  8. Ani Says:
  9. Ganti template yach mbak?
    Ikan hias, iya tuh masih banyak penggemarnya, wong reza ma papahnya aja suka. Dulu pelihara ikan hias air tawar, ganti ikan hias air laut, eh ribet ngurusnya, ganti lagi ikan hias air tawar. Btw, ikan hias air laut lebih cantik2 warna dan rupanya.

     
  10. Ani Says:
  11. Ganti template yach mbak?
    Ikan hias, iya tuh masih banyak penggemarnya, wong reza ma papahnya aja suka. Dulu pelihara ikan hias air tawar, ganti ikan hias air laut, eh ribet ngurusnya, ganti lagi ikan hias air tawar. Btw, ikan hias air laut lebih cantik2 warna dan rupanya.

     
  12. narti Says:
  13. wow cantik2 ikannya, seneng lihatnya nih...

     
  14. aziz miring Says:
  15. sayangnya ga bsa di rawat di kolam,.,.
    he heh e h

     
  16. Time Zero Says:
  17. Woi Keren Abisss.......salamkenal By http://idonesiachanel.blogspot.com

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.