ON LINE

Followers

UPACARA ADAT TANUNG

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 25 Februari 2009



Tentunya Anda sudah mengenal Pulau Kalimantan bukan? baik dalam kesempatan ini sehat dengan reiki akan ajak Anda berkunjung ke Masyarakat Sungkung Komplek Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat untuk melihat kearifan tradisional masyarakat setempat. Kali ini tim film dokumenter kembali berkunjung ke sini untuk melakukan liputan seputar Upacara Adat Tanung.

Pebruari 1996 udara pedesaan tempat dilakukannya upacara adat Tanung begitu cerah kendatipun waktu itu masih di musim penghujan. Pagi-pagi sekali kesibukan persiapan sudah dimulai baik oleh tetua adat maupun warga desa. Peserta upacara adat semuanya sudah hadir mengenakan pakaian adat dan berkumpul di suatu tempat tanah lapang.

Di sini masyarakat Sungkung Komplek masih memiliki sebuah tradisi yang masih dipertahankan hingga kini.Tradisi tersebut ialah cara menentukan lokasi lahan baru untuk bercocok tanam padi. Mengingat areal penanaman padi semakin lama membutuhkan lahan baru maka diadakan upacara yang dipimpin oleh tetua adat setempat untuk menentukan lokasi pembukaan lahan persawahan.

Sudah menjadi tradisi usai panen padi, masyarakat Sub-Etnis Dayak Bidayuh yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia ini melangsungkan serangkaian upacara adat Tanung. Ketua adat dan pemuka adat setempat berkumpul di suatu tempat menyatakan pendapat agar muncul kesepakatan cara membuka lahan baru pertanian.

Yang unik dari upacara ini adalah menyatakan kesepakatan dengan cara memilih dua biji pinang muda, kemudian pinang ini dibelah dua untuk selanjutnya dibacakan mantera oleh ketua adat. Belahan pinang lalu dibuang di atas tampik ( tampah ) beralaskan kain putih. Semua peserta upacara diminta menyaksikan jatuhnya dua belah pinang ini.

Belahan pinang yang jatuh terlungkup diartikan lelaki sedangkan belahan pinang satunya lagi bila jatuh terlentang dimaknai perempuan. Kalau jarak antara keduanya sebanyak dua jari, berarti lahan yang dicari cocok untuk digarap menjadi lahan persawahan baru.

Nah pertanyaannya apabila kedua belah pinang yang dilempar jatuh terlungkup atau terlentang semuanya, belahan buah pinang itu harus diulang kembali cara melemparnya, sehingga pasangan buah pinang itu jatuh terlungkup dan satunya lagi jatuh terlentang. "Ini baru pasangan cocok dan kita siap membuka lahan baru," ujar tetua adat dalam bahasa Dayak.

Di samping upacara menentukan lahan persawahan baru, Tanung hingga kini juga dipakai masyarakat Subetnis Dayak Bidayuh di Sungkung Komplek untuk menentukan lokasi rumah tinggal dan mencari jodoh bagi pemuda pemudi warga desa itu. Nah bila hasil panen melimpah, tanaman padi polowijo tumbuh subur dan bebas serangan hama, tiba saatnya mengungkapkan kegembiraan ini dengan main gasing.

Permainan gasing hanya boleh dimainkan usai panen padi. Ungkapan kegembiraan atas keberhasilan produksi padi dengan main gasing ini oleh Masyarakat Sub-Etnis Dayak Bidayuh mempunyai makna filosofi , kendatipun panen lambat tetapi hasilnya banyak. Selain permainan gasing ungkapan kegembiraan juga diwujudkan dalam bentuk permainan alat tiup berupa suling serta perkusi berupa Sabang Taley dan Kulintang.

Dengan iringan musik inilah semua peserta upacara larut dalam kegembiraan pada siang hari yang panas di Desa Sungkung Komplek di pedalaman hutan Borneo yang masih perawan yang berbatasan antara Kalimantan Barat dengan Malasia. Tak terasa pendokumentasian upacara adat ini ke dalam seluloid film 16 mm telah menghabiskan 5 roll film 400 feet dan 3 pita magnetic 1/4 inchi.

Di desa ini sehat dengan reiki beserta kerabat kerja liputan film bisa merasakan kehangatan dan keakraban masyarakat setempat. Di sini pula kita bebas menghirup udara segar sambil menikmati indahnya alam pedesaan sambil menatap lebatnya hutan nun jauh di seberang lembah. Semua tenang...tenang dan menyatu dengan alam.

1 Responses to UPACARA ADAT TANUNG

  1. Cak RaYZa Says:
  2. Kok mirip rumah adat suku Dayak yakk...
    Lamin Etam..

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.