ON LINE

Followers

KELAHIRAN BAYI LUMBA-LUMBA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 12 Februari 2009






Hari ini sehat dengan reiki akan mengajak anda berkunjung ke Gelanggang Samudra Ancol. Sekalipun saat ini bukan musim liburan sekolah pengunjung yang datang ke tempat wisata ini cukup banyak. Beruntunglah mereka yang datang hari ini bisa menyaksikan kelahiran bayi lumba-lumba.

Bersama rombongan wartawan media cetak dan elektronik termasuk media internet on line, sehat dengan reiki sudah hadir di Gelanggang Samudra Ancol. Sejak pagi tim peliput sudah menyiapkan peralatan kerjanya dan mengelilingi kolam tempat induk lumba-lumba berada. Mereka menyambut datangnya warga baru yakni seekor bayi lumba-lumba yang lahir pagi hari pukul 7 lewat 20 menit waktu Indonesia Bagian Barat.

Setelah 12 bulan dalam kandungan sang induk, akhirnya hari ini bayi lumba-lumba di Gelanggang Samudra Ancol lahir. Bayi lumba-lumba hidung botol yang baru lahir ini diberi nama SPEKTA. Sesuai dengan visi Taman Impian Jaya Ancol yakni Spektakuler. Spekta memiliki berat 8 kilogram dan panjang tubuh 90 centimeter atau sepertiga dari panjang Sang Induk.

Spekta merupakan bayi pertama yang lahir dari pasangan lumba-lumba bernama Lily dan Charon. Prosesi kelahiran spekta sudah dimulai sejak kemarin. Sementara kontraksi pada sang induk, Lily terjadi sekitar pulul 5 lewat 50 menit waktu Indonesia Bagian Barat. Spekta lahir secara normal tanpa campur tangan manusia. Proses kelahiran berjalan lancar dengan memakan waktu satu setengah jam.

Selama 2 tahun ke depan, Spekta akan menghuni kolam perawatan setinggi 4 meter bersama Sang Induk. Kelahiran bayi lumba-lumba ini juga disambut gembira oleh Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi. Dengan kelahiran ini jumlah lumba-lumba yang ada di Gelanggang Samudra Jaya Ancol bertambah menjadi 29 ekor.

Saat ini pihak manajemen Ancol merencanakan progam kawin suntik dengan metode pendingin dan pembekuan yang diharapkan dapat mempertahankan spesies lumba-lumba yang hampir punah. Tapi sebenarnya ikan lumba-lumba itu masuk jenis mamalia apa?

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas. Sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat komplek sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini dapat digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba masuk familia Delphinidae mempunyai sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan yang dinamakan sistem sonar. Sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di hadapan lumba-lumba sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian digunakan untuk pembuatan radar kapal selam.

Lumba-lumba adalah binatang menyusui hidup di laut dan sungai di seluruh pelosok dunia. Lumba-lumba masuk kerabat pesut dan paus. Ada jenis 40 jenis lumba-lumba. Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernafas agar tetap hidup. Lumba-lumba bernafas melalui lobang yang terletak di atas kepalanya.

Tubuhnya ramping dan licin sangat sesuai untuk berenang. Induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya agar supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu ada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya. Sekali pun anaknya sudah tumbuh besar induk lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya. Induk lumba-lumba memanggil anaknya dengan siulan khusus yang hanya bisa dikenali anaknya.

Lumba-lumba hidup dan bekerja secara berkelompok disebut kawanan. Mereka sering bermain bersama. Lumba-lumba tergolong mamalia cerdas dan dapat menolong manusia. Bila sudah terlatih dapat melakukan berbagai atraksi namun bagi lumba-lumba liar belum bisa melakukan atraksi dan perlu dilatih dengan tekun.

Ketekunan berlatih inilah akhirnya lumba-lumba dapat mempertontonkan keahliannya misal melompat lingkaran api, menari-nari dengan iringan musik sambil badannya ditegakkan keluar dari permukaan air. Inilah salah satu atraksi yang memukau penonton di Gelanggang Samudra Ancol. Kapan terakhir Anda berkunjung ke Ancol kawan? Tertarikah mengunjungi bayi lumba-lumba ini?
Sehat dengan reiki melaporkan dari kawasan Ancol untuk media on line sekolah internet.

2 komentar

  1. MGYP Says:
  2. Aduh..kapan ya bisa liat lumba-lumba di Ancol...
    Tinggal di Jakarta, tp baru sekali ke Ancol, itu jg cm lewat doang hihihi

     
  3. Anonim Says:
  4. fotonya cakep .. cakep :) .. aku dah lama ndak liat lumba-lumba

    sorry ya, baru kali ini bisa berkomentar di sini, kemarin2 itu tiap buka blogmu yg ini bisa kebuka blognya tapi terus lenyap jadi nggak mungkin kirim komentar

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.