ON LINE

Followers

MASIH SEPUTAR HIPNOTERAPI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 09 Februari 2009

Kali ini sehat dengan reiki masih menulis seputar hipnoterapi sebagaimana pernah dipraktekkan di kelas Lokakarya Kundalini Reiki tahun 2004 lalu. Dengan memberikan sugesti positif kepada seorang peserta lokakarya, seorang terapis hipnoterapi mampu mempengaruhi alam bawah sadar peserta itu sehingga mau menuruti apa yang menjadi kemauannya. Dalam praktek di kelas itu peserta dibuat tidur ngorok pulas sekali dan akan bangun bila diperintah bangun. Begitu mudah praktek hipnosis ini dilakukan oleh siapa pun.

Seperti dijelaskan hipnoterapi pada dasarnya pendayagunaan alam bawah sadar untuk mengembalikan keseimbangan fungsi tubuh. Semua sistem dalam tubuh kita dikendalikan alam bawah sadar itu dan berlangsung secara otomatis tanpa disadari. Contohnya pernafasan, detak jantung, peristaltik usus, kelenjar ludah dan asam lambung.

Bahkan ketika kita tidur pulas detak jantung dan napas tetap berlangsung. Semua terjadi berkat perintah yang tidak disadari. Sebenarnya prinsip hipnoterapi sederhana saja, yaitu bagaimana mengkondisikan seseorang ke dalam relaksasi yang dalam, sehingga mencapai keadaan nirsadar, critical factor menjadi pasif. Selanjutnya memberikan sugesti sesuai dengan harapan atau yang dimaui si hipnoterapis.

Tampaknya sederhana proses terapinya tetapi proses terapinya sendiri harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Terapi harus dilakukan penuh kasih sayang, disertai doa, memohon petunjuk serta bimbingan-Nya. Apabila terapi hipnosis digunakan untuk penyembuhan penyakit, sugesti dibuat sedemikian rupa sesuai kondisi kesehatan pasien sehingga penyakitnya bisa disembuhkan. Jika digunakan untuk ketenangan jiwa, lakukan sugesti yang menenangkan jiwa pasien.

Kepada pasien yang mempunyai persepsi salah sehingga jiwanya resah berkepanjangan dan tidak harmonis perlu dilakukan wawancara secara seksama. Tujuan wawancara ini untuk menjajagi penyebab resahnya jiwa pasien ini. Baru setelah itu diberikan sugesti yang tepat kepada pasien ini. Dengan kekuatan affirmasi yang telah dirancang si terapis maka alam bawah sadar pasien dimasuki sugesti ini.

Sebagaimana sehat dengan reiki pernah tulis mengenai relaksasi di postingan terdahulu, gelombang otak manusia saat relaksasi dalam akibat self hipnosis diri sendiri berada dalam kondisi alfa atau pada frekuensi antara 8 - 12 siklus per detik. Lebih dalam lagi gelombang otak bisa mencapai kondisi teta atau sekitar 4 - 7 siklus per detik. Dalam kondisi seperti ini sugesti positif untuk mendapatkan rasa nyaman serta ketenangan jiwa akan mudah diterima pikiran bawah sadar kita.

Demikian pula bila kita menghipnotis pasien/seseorang, pola pikir pasien yang terlanjur salah sehingga mengakibatkan resah jiwanya dapat kita ubah rekaman alam bawah sadarnya yang dimiliki selama ini, agar menjadi lebih baik lagi. Dengan latihan relaksasi siapa pun bisa menjadi hipnoterapis bagi diri sendiri atau orang lain. Sebagai gambaran gelombang otak manusia dalam keadaan sadar aktif berkisar antara 14 - 80 siklus per detik. Dengan relaksasi akan menurunkan dan terus menurunkan gelombang otak ini.

Keberhasilan terapi hipnosis sama seperti terapi psikologis lainnya diukur dengan melihat perubahan yang dialami pasien. Jadi sejauh mana tingkat keberhasilan penyembuhan itu sepenuhnya tergantung pada tingkat "kepuasan" pasien yang menerima terapi hipnoterapi.

Dalam hipnoterapi sugesti memang memegang peranan penting. Apa pun metode hipnosisnya dan jenis keluhan pasien yang dirasakan agar mendapat kesembuhan, kuncinya terletak pada sugesti. Hanya orang yang tidak bertanggung jawab saja yang menggunakan sugesti ini untuk hal-hal negative, misalnya melakukan tindak kejahatan.

Karena itu mari sehat dengan reiki ajak Anda belajar relaksasi lebih dulu. Bila Anda mempunyai keluhan psikis misalnya penyakit imsonia, dengan relaksasi sederhana Anda akan mampu menyembuhkan diri sendiri keluhan itu. Kuncinya hati nurani Anda mau menerima sugesti dari Anda sendiri. Nah...selamat berlatih. Kalau kurang jelas silakan hubungi dan baca link ini. Kalau anda sudah mahir rileksasi dengan mudahnya pula Anda belajar Kundalini Reiki. Semuanya tersedia secara gratis di internet ini.

Sumber - edited dari:
1.Materi cd pelatihan Self Empowerment dan Kundalini Reiki.
2.Mind-Body-Soul Majalah Intisari Edisi Khusus.

3 komentar

  1. BeeMouNTaiN Says:
  2. aku sangat suka dengan postingan tentang reiki karena ini adalah sesuatu yang baru bagiku.

     
  3. Kalau tertarik belajar Reiki secara gratis kunjungi link ini di http://www.reikiasia.com
    Nanti tanggal 15 dan 22 Pebruari 2009 akan ada penyelarasan/attunement gratis lewat internet. Kunjungi dan baca link ini lalu klik Free Attunement.
    Web site ini sudah dibenahi lengkap dengan gambar2 petunjuk penyaluran Reiki ke tubuh sendiri dan orang lain. Reiki sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan/kebugaran tubuh. Saya sudah membuktikan dan mempraktekkan reiki untuk sesama.

     
  4. Hipnoterapi Says:
  5. Artikel hipnoterapi yang sangat bagus hipnoterapi. Salam kenal.& sukses

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.