ON LINE

Followers

SONAR MILITER GANGGU PAUS BIRU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 05 September 2013

Frekuensi sonar yang digunakan militer ditengarai mengganggu kehidupan mamalia latu terbesar, paus biru. Seperti diketahui, paus menggunakan suara yang dipantulkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Sistem serupa berupa sonar, digunakan armada militer untuk navigasi bawah air, mendeteksi obyek dan berkomunikasi.

Ternyata, frekuensi sonar ini menghalangi panggilan pasu sehingga memisahkan paus dari kawanannya. Frekuensi itu juga merusak pendengaran paus. Sinyal sonar fekuensi menengah ( 1 - 10 kilohertz ) selama ini dituding sebagai penyebab terdamparnya paus berparuh yang biasa menyelam sangat dalam di air.

Untuk menguji dampak sonar terhadap pola makan paus biru di pantai California Selatan, ilmuwan memberi perlakuan sonar ( 3,5 - 4 kilohertz, tak sekeras peralatan militer ) pada sekawanan mamalia laut ini. Hasilnya, beberapa paus menjauhi lokasi makan ( feeding ground ) dan sumber suara. " Paus merespon sonar dengan mengubah perilaku menyelam dan menjauhi sumber suara ini, " kata Jeremy Goldbogen, penulis laporan penelitian ini.
Paus biru sangat sensitif terhadap suara sonar yang membuatnya pendengarannya terganggu.
Paus biru sangat sensitif terhadap suara sonar yang membuatnya pendengarannya terganggu.
Goldbogen bekerja di organisasi nonprofit Cascadia Research Collective. Berdasarkan laporan National Oceanic and Atmospheric Administration ( NOAA ), saat ini diperkirakan ada 5.000 - 12.000 paus biru di dunia. Studi terbaru ini menunjukkan, sonar bisa membahayakan fauna yang terancam punah itu.

" Hasilnya menunjukkan, paparan frekuensi menengah suara buatan manusia bisa signifikan berisiko bagi upaya memulihkan populasi paus biru yang terancam punah, " tulis para peneliti dalam jurnal Biology Letters edisi 3 Juli, seperti dikutip Livescience, Kamis ( 4/7 ). Bagaimana pun mencegah kepunahan paus biru di habitatnya merupakan tantangan tersendiri para ahli untuk mencari solusi agar mamalia besar ini tidak punah.

Sumber : Kilas Iptek/Livescience/ICH.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.