ON LINE

Followers

ENERGI SUMBER KESEHATAN TUBUH

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 29 September 2009


Setiap mahluk hidup termasuk manusia selalu dialiri energi vital yang dikenal dengan sebutan Chi untuk istilah China, Prana sebutan Indonesia dan Ki untuk Jepang. Dalam tubuh manusia seperti tubuh sehat sehabis puasa sendiri terdapat organ-organ tubuh, sel-sel dan DNA. Untuk sehat seluruh organ tubuh harus cukup dialiri energi sehingga kebutuhan energi harus didistribusikan secara merata ke seluruh sel jaringan tubuh, sistem kelenjar, sel syaraf, sel DNA termasuk juga rangka tubuh.


Agar kecukupan energi Ki ( khusus praktisi reiki) maka tata cara mengaktipkan seluruh chakra utama dalam tubuh energi mutlak dilakukan setiap hari. Mengaktipkan chakra utama bisa menggunakan simbol reiki utamanya simbol CKR dan SHK. Cara lain adalah melalui meditasi keseimbangan unsur Yin dan Yang, keseimbangan jalur Ida, Pingala dan Sushumna dengan mengalirkan energi chakra ke-14.


Bila kecukupan energi Ki kurang akan terjadi gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk itu kita harus selalu menjaga aliran energi tetap lancar dengan cara yang kasat mata, misalnya rajin berolahraga, melatih gerakan yoga atau seni pernapasan. Dengan olahraga maka chakra-chakra dan nadi baik ida, pingala dan sushumna diaktipkan. Dengan aktipnya jalur energi ini maka sumbatan energi kotor yang menumpuk di dorong keluar tubuh lewat chakra terdekat dan sebaliknya energi bersih dipompa masuk juga lewat chakra terdekat.


Bicara energi memang sesuatu yang tidak nyata atau tidak kasat mata. Energi tidak dapat dilihat dengan mata telanjang kecuali bagi mereka yang waskita mempunyai mata ketiga ( chakra ajna ) sudah terbuka/aktip. Bagi praktisi reiki dengan sering menyalurkan energi reiki maka dia dapat merasakan hadirnya energi ini dengan sensasi hawa panas menyengat, hangat dan dingin sekali di sekeliling tubuh.


Coba perhatikan tatkala kita bernapas. Kita menghirup udara bersih ( O2) dan mengeluarkan CO2. Demikian pula adanya energi vital kehidupan manusia masuk ke dalam tubuh manusia lewat pintu gerbang energi yang disebut chakra. Chakra ini selalu berputar searah dan kebalikan arah jarum jam. Selain chakra tubuh manusia juga memiliki jalur energi yang disebut nadi. Nadi besar adalah Sushumna dan nadi kembar ialah Ida dan Pingala.


Setiap manusia hidup mempunyai Kundalini. Kundalini adalah suatu kekuatan spiritual yang amat dahsyat terletak di antara otot kemaluan dan otot dubur. Letak Kundalini ada di perinium. Sebagai seorang praktisi reiki kebangkitan kundalini dari tidur panjangnya adalah harapan setiap orang baik yang belajar olah spiritual atau tidak. Namun seberapa jauh kebangkitan Kundalini tergantung kepada seberapa sering yang bersangkutan melakukan penyaluran energi reiki, meditasi kundalini reiki serta latihan dalam membangkitkan Kundalini.


Saat Kundalini bangkit maka energinya akan merayap sepanjang jalur sushumna lewat chakra dasar, sex, solar plexus, jantung, visudi, ajna lalu keluar lewat chakra mahkota. Bila Kundalini telah aktip kebangkitan ini akan dirasakan seperti panasnya suhu badan tetapi bukan panas demam. Rasa panas ini sebagai akibat pembakaran energi negative dalam tubuh energi oleh tenaga Kundalini. Bila rasa panas telah tiada maka suhu badan akan normal dengan sendirinya.


Pembersihan sumbatan energi negative oleh Kundalini memang besar manfaatnya. Tubuh energi akan selalu bersih sehingga kesehatan tubuh jasmani akan terpelihara dengan baik, chakra utama semakin bersih dan aktip dengan sendirinya. Untuk mengimbangi sensasi hawa panas yang berlebihan dalam tubuh energi maka kita melakukan grounding sehingga panas badan akan dikurangi dan dibuang masuk bumi.


Tentunya sahabat dengan reiki bertanya, "Bisakah orang lain yang tidak belajar Prana, Ki dan Chi bisa dibantu agar tubuh energinya juga bersih seperti layaknya praktisi reiki?" Saya jawab bisa namun tindakan ini adalah pasif dalam arti orang yang minta bantuan ini akan selalu tergantung kepada praktisi reiki. Agar menjadi aktip mandiri maka yang bersangkutan ditawarkan cara praktis yaitu mau menjadi praktisi reiki dan mempraktekkan reiki secara berkesinambungan dalam hidupnya. Dengan praktek reiki maka kesempatan hidup lebih sehat dari orang lain akan terbuka lebar. Masalahnya apakah mereka mau?


1 Responses to ENERGI SUMBER KESEHATAN TUBUH

  1. Rizkyzone Says:
  2. pertamax....

    selalu ada yang baru tiap berkunjung k sini, jd nambah ilmu

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.