ON LINE

Followers

WASPADA SAAT BANJIR DATANG. ( 2 )

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 03 Februari 2014

BERMAIN AIR BANJIR DAN ANCAMAN PENYAKIT MENULAR.

Bermain dengan gembira adalah dunia anak-anak yang belum merasakan kesulitan hidup orangtuanya. Sarana bermain bagi anak bisa dimana saja dan kapan saja. Saat udara cerah, mereka main di halaman rumah sambil main petak umpet bersama teman-teman sebaya.

Begitu pula saat hujan turun, anak-anak tidak melewatkan kegembiraan ini dengan bermain air hujan. Tubuh basah kuyup kena air  hujan anak-anak tetap bercanda, terlebih saat banjir melanda perkampungan, desa ataupun kota  tempat mereka tinggal. Kelihatannya tidak ada yang melebihi kebahagiaan masa anak-anak selain bisa bermain sepuasnya.


Berenang air banjir membawa kebahagiaan sendiri bagi anak-anak. Sarana bermain meriah  tapi perlu kewaspadaan saat banjir datang ke kawasan.
Berenang air banjir membawa kebahagiaan sendiri bagi anak-anak. Sarana bermain meriah tapi perlu kewaspadaan saat banjir datang ke kawasan. Foto : Detik Foto.
Anak-anak selalu bergembira bisa ciblon air banjir, sekalipun banjir belum surut.
Anak-anak selalu bergembira bisa ciblon air banjir, sekalipun banjir belum surut.
Demikian pula saat banjir datang masuk ke pekarangan, selalu saja ada anak memanfaatkan kesempatan langka ini dengan bermain air banjir. Bahkan tayangan televisi kemaren memperlihatkan seorang bapak dan anak gadisnya sengaja bermain air banjir sebagai background reporter televisi melaporkan kejadian banjir. Akibatnya, cipratan air mengenai wajah reporter cantik yang wajahnya tidak sempat dirias bedak tipis dalam format gambar Close Up.

Reporter cantik tertawa, bapak dan anak gadisnya pun terus tertawa ngakak saat kamera televisi dengan nakalnya mengambil gambar kesibukan orang mengungsi dengan menaiki perahu karet. Untuk sementara orang-orang yang menyeberang air banjir melupakan bahwa di dalam air kotor tersebut terkandung bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit gatal-gatal dan gangguan saluran pernapasan. Begitu sampai di tempat aman dalam tenda pengungsian, barulah tubuh yang basah kuyup dibilas dengan air bersih.

Selama banjir belum surut tentu saja udara lembab menyelimuti lokasi rumah yang terendam banjir. Lumpur, timbunan sampah, barang pecah belah seperti beling kaca tetap terendam air banjir, yang jika tidak hati-hati saat kaki melangkah bisa melukai kulit. Bahaya yang tak kalah seramnya, saat banjir merendam kawasan, adalah merayapnya ular berbisa, biawak, tikus got dan hewan melata lainnya  mencari tempat aman untuk berteduh.
Kepedulian sosial diperlihatkan tim medis dengan memeriksa kesehatan para pengungsi banjir.
Kepedulian sosial diperlihatkan tim medis dan relawan dengan memeriksa kesehatan para pengungsi banjir.
Lingkungan kotor, kumuh penuh lumpur banjir perlu segera dibersihkan. Kubutuhan air bersih mutlak diperlukan untuk membuat lingkungan kembali bersih, rapi dan sehat.
Lingkungan kotor, kumuh penuh lumpur banjir perlu segera dibersihkan. Kubutuhan air bersih mutlak diperlukan untuk membuat lingkungan kembali bersih, rapi dan sehat.
Jika tidak hati-hati boleh jadi kaki bisa dipatuk ular berbisa, atau lebih ekstrem lagi terkena sengatan listrik. Saat banjir mulai surut, kegiatan bersih-bersih rumah harus segera dilakukan, agar lumpur tebal yang masuk rumah segera dapat dikeluarkan dengan air bersih. Kondisi lingkungan belum sepenuhnya aman sekalipun air sudah surut, dan perlu beberapa hari untuk mengeringkan perabot yang terendam banjir.

Banjir surut  penyakit  pun datang menghampiri saat tubuh sudah lemah karena terpapar udara lembab. Ancaman penyakit menular yang terjadi saat banjir sudah surut adalah, orang mudah terinfeksi saluran pernapasan akut ( ISPA ). Lalu dibarengi diare karena mengonsumsi makanan  kurang bersih akibat tercemar air kotor.

Selain itu penyakit kulit seperti gatal-gatal di sela-sela jari kaki mulai menimbulkan luka bercampur rasa pedih saat kaki kena air. Sebagai tindakan preventif bagi korban banjir dan belum sempat imunisasi,  pada umumnya mereka mendapat imunisasi diphtheria pertussis tetanus alias  DPT. Tujuannya para korban banjir terhindar dari ancaman penyakit tetanus karena memiliki luka terbuka saat bersentuhan dengan air kotor banjir.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.