ON LINE

Followers

MELATIH HYPNOPARENTING PADA ANAK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 01 Juni 2012

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya cerdas, pintar, berakhlak mulia, taat menjalankan perintah agama dan tentu saja diharapkan sukses pada masa depannya. Untuk mencapai tujuan yang tidak semudah membalikkan telapak tangan tersebut, tidak jarang setiap orangtua menerapkan pola pengajaran yang ketat. Alih-alih mendapatkan hasil sesuai dengan harapan orangtua, pola pengajaran ketat malah menyebabkan karakter anak yang terbentuk tidak sesuai dengan harapan.

Pada zaman modern ini pola pendidikan anak-anak memang mempunyai tantangan tersendiri. Di tengah gencarnya arus modernisasi , anak-anak memerlukan pola pengajaran menyeluruh. Salah satunya pengajaran yang mengedepankan pengetahuan dan wawasan, kecerdasan sosial, pendidikan akhlak dan landasan keimanan dan spiritual yang tidak boleh dilupakan.

Jika hal ini dipahami semua pihak menyangkut hubungan orangtua, guru dan masyarakat luas, maka anak-anak akan mendapat rangsangan positif yang berguna. Salah satu cara pembentukan karakter anak-anak adalah melalui latihan Hypnoparenting. Yaitu salah satu teknik hypnotherapy ( terapi dengan hipnosis  ) yang khusus  digunakan untuk pengasuhan anak.

Teknik ini bermanfaat meningkatkan kualitas komunikasi dan kecerdasan spiritual orangtua dan anak. Adapun cara kerja teknik hypnoparenting adalah dengan mengucapkan kata-kata sugestif berualang-ulang kepada anak ketika otaknya sedang rileks. Saat otak anak dalam kondisi rileks atau berada dalam  gelombang Alpha ( 8-12 Hz ) adalah saat tepat untuk memprogram hal positif ke dalam alam pikiran bawah sadarnya.
Waktu yang tepat untuk memberikan sugesti positif pada anak diantaranya adalah saat mengajak anak berdoa/beribadah, saat anak bermain, sambil menggambar atau sesaat sebelum tidur. Mengucapkan sugesti dengan suara yang lembut dan nada yang rendah akan memudahkan proses hypnosis lebih efektif.
Selain gelombang otak Alpha ada pula gelombang otak Beta ( 12 - 19 Hz ). Sedangkan gelombang otak Theta ( 4 - 8 Hz ) adalah kondisi dimana setiap orang tidur nyenyak. Pada kondisi gelombang otak beta saat mata anak masih waspada dan pelan-pelan mengantuk, kita berikan kalimat  sugestif di telinganya. Pemberian kalimat sugestif berulang-ulang ini pelan-pelan mulai masuk ke gelombang otak teta anak dan pada kisaran gelombang teta ini,  anak mulai tertidur pulas.

Saat itu kalimat afirmatif positif maupun negatif yang menjadi sugesti akan masuk dan direkam alam bawah sadar anak. Melalui latihan memberikan kalimat sugestif positif kepada anak, dimaksudkan orangtua bisa memberikan kalimat dengan jelas agar pesan yang disampaikan pada anak tepat. Latihan juga mengajarkan bagaimana mencapai gelombang otak teta agar semakin memahami anak, membiasakan diri memberikan sugesti positif dan tentu saja membentuk kepribadian serta kepercayaan diri yang kuat pada anak.

Sumber :  Teknik Hypnoparenting.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.