ON LINE

Followers

PAHLAWAN MENANGKAL RADIKAL BEBAS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 06 Juni 2012

Zaman modern yang terus berkembang membawa kemajuan positif dalam berbagai bidang khususnya penyuluhan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang mulai mengenal internet. Semakin kesejahteraan masyarakat meningkat, kesadaran akan rasa sehat pun semakin menjadi kebutuhan setiap orang untuk dilakoni. Misalnya masyarakat yang sudah mengenal internet bisa mengakses situs kesehatan dengan berbagai konten yang memberikan penyuluhan kesehatan atau pun konten tentang jenis obat yang diperlukan untuk  mengatasi penyakitnya.

Tidak dipungkiri pula meskipun berbagai upaya untuk menjaga kesehatan telah dilakukan, banyak masyarakat yang masih dihadapkan pada lingkungan yang tidak sehat. Misalnya saat kita berkendara di jalanan, emisi gas buang kendaraan bermotor hanyalah salah satu contoh konkret yang  bisa ditemui setiap hari saat kita keluar rumah. Ada pula lubang ozon yang membuat paparan sinar ultraviolet matahari menjadi berlebih membahayakan kesehatan kulit.
Secara alami tubuh kita sudah memproduksi aktioksidan, tapi seiring dengan bertambahnya usia dan turunnya metabolisme tubuh, kita juga perlu mengambil sumber antioksidan dari luar tubuh . Salah satunya buah segar mengandung betakaroten  sebagai menu tambahan .
Selain itu pula adanya makanan yang kurang higienis dan banyak mengandung bahan tambahan makanan sehingga bisa merusak kesehatan. Kelihatannya sepele akan tetapi jika kita waspada sejak dini, dampak gangguan kesehatan yang merugikan tubuh dapat kita monitor   mulai sekarang. Lingkungan tidak sehat yang memaparkan radikal bebas tentu saja bisa menimbulkan sejumlah penyakit degeneratif, misalnya penyakit jantung koroner, stroke dan penuaan dini.

Situs kesehatan sudah sering mengulas tentang radikal bebas yang menyebut sebagai atom atau molekul yang bersifat tidak stabil dan reaktif. Atom atau molekul yang tidak stabil ini bisa merusak jaringan dalam tubuh. Akibatnya tubuh menjadi lebih rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Jadi radikal bebas yang masuk ke dalam pembuluh darah bisa membuat lemak jahat melekat di dinding pembuluh darah. Pembuluh darah pun menyempit karena adanya timbunan lemak jahat yang membuat sirkulasi darah  ke jantung terhambat. Jika hal ini terjadi kepada seseorang, maka risiko penyakit jantung koroner akan semakin tinggi diderita orang itu.

Begitu pentingnya menangani serangan radikal bebas, maka peranan antioksidan sebagai pahlawan  harus diperkuat daya kerjanya. Antioksidan sendiri merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menetralkan radikal bebas. Saat di dalam tubuh, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas untuk menghasilkan ikatan  yang stabil dan tidak membahayakan.
Menangkal radikal bebas dengan olahraga jalan kaki secara teratur, terukur seminggu empat kali durasi 45 menit.
Saat antioksidan masuk ke dalam pembuluh darah, akan bereaksi dengan radikal bebas. Dampaknya penimbunan lemak penyebab jantung koroner dapat dicegah. Tubuh pun akan jauh lebih sehat karena kerja pahlawan antioksidan itu yang mencegah merajalelanya radilal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana cara menangkal serangan radikal bebas? Kesehatan akhir pekan menyatakan, ada banyak cara untuk mengkal radikal bebas dan mencegah tubuh tetap sehat bugar setiap hari. Pertama,  mulailah dengan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Kandungan antioksidan alami bisa didapatkan pada makanan yang mengandung nutrisi betakaroten, vitamin E, vitamin C, Zink dan Selenium.

Makanan yang mengandung betakaroten adalah wortel, bayam, brokoli, ikan, daging, buah-buahan dan kacang-kacangan. Selanjutnya kedua, harus mau melakukan olahraga secara rutin. Misalnya  jalan kaki atau lari pagi selama 45 menit, tiga kali dalam seminggu.

Langkah ketiga, minumlah air putih  paling sedikit delapan gelas per hari. Keempat, lakukan istirahat yang cukup dan menghindarkan diri dari stres. Dengan cara tersebut mungkin yang paling susah diterapkan adalah menjaga pola makan, sebab menyangkut selera makan setiap orang berbeda menunya.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.