ON LINE

Followers

GANGGUAN KESEHATAN MATA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 07 Juni 2012

Kita hidup di jaman modern dimana dalam kegiatan harian di kantor saat ini selalu berhubungan dengan komputer sebagai sarana penunjang pekerjaan. Tak jarang dari pagi saat mulai bekerja hingga tengah hari saat rehat makan siang, layar komputer selalu menyala yang menandakan kegiatan pekerjaan sedang berlangsung. Selepas makan siang pun ketika melanjutkan pekerjaan, kita kembali akan beraktivitas menggunakan komputer. Boleh jadi mata sebagai indera penglihatan lama kelamaan akan merasa lelah bila dipaksakan menatap terus layar monitor komputer.

Jika sudah begini akan ada gangguan kesehatan yang memengaruhi daya kerja mata. Lebih dari sekedar gangguan penglihatan pada mata, sejumlah penyakit mata bisa berujung pada kebutaan. Mudah-mudahan sinyalemen akan penyakit yang bisa membuat  mata buta tidak terjadi pada kita semua, asalkan kita bisa merawat kedua mata kita dengan baik.

Sebagai salah satu indra yang penting peranannya , mata memang perlu dijaga agar tetap sehat. Data Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) menyatakan, bahwa sekitar 180 juta orang di dunia mengalami gangguan penglihatan. Sekitar 40 -  45 juta di antaranya bahkan mengalami kebutaan.

Sementara itu setiap tahun terhitung sekitar 7 juta orang di dunia menjadi buta dikarenakan penyakit yang menyerang mata.  Hal yang memprihatinkan 80 persen gangguan mata yang serius  dan kasus kebutaan sebenarnya bisa dihindari. Begitu pentingnya arti mata sehat agar berfungsi dengan baik, maka perawatan mata setiap hari tidak boleh kita lupakan.

Gangguan penglihatan secara umum bisa dibedakan menjadi gangguan pada lensa mata, infeksi dan penyakit yang menyerang mata. Penyakit mata bersifat degeneratif maupun komplikasi dengan penyakit lain yang mengakibatkan indra mata ikut terganggu fungsinya. Beberapa gangguan penglihatan di antaranya :

Gangguan penglihatan akibat masalah pada lensa mata yang umum dijumpai, adalah miopi atau rabun jauh. Lalu hipermetropi  atau rabun dekat dan astigmastisme. Fitur Klasika Penglihatan menyatakan, Astigmastisme merupakan kelainan pada mata sehingga mata mengalami kesulitan untuk melihat garis lurus.
Mata wanita merupakan bagian wajah yang paling sering diperhatikan kaum pria. Tetapi, mata juga memiliki berbagai masalah yang dapat membuat wajah tidak segar. Itulah sebabnya, Anda wajib merawat mata dengan sebaik-baiknya.
Bila melihat benda lurus, benda tersebut terlihar miring atau seperti berbayang. Selain gangguan penglihatan ada pula infeksi mata yang banyak jenisnya. Di antaranya penyakit mata merah atau infeksi pada selaput lendir putih mata dan kelopak mata ( konjungtivitas ).

Infeksi mata yang umum dijumpai dan banyak dialami orang adalah belekan. Ini disebabkan oleh infeksi virus yang terkadang disertai dengan infeksi bakteri. Infeksi mata lainnya adalah bintilan. Infeksi ini bisa terjadi karena infeksi bakteri pada kelenjar di dasar bulu mata.

Penyakit mata yang kini populer adalah katarak, glukoma, degenerasi macula, ablasio retina dan trakoma. Katarak adalah penyakit mata akibat penebalan lensa mata. Biasanya katarak dijumpai pada orang lanjut usia. Namun karena aspek-aspek lain seperti paparan sinar matahari terlalu tinggi, katarak bisa dijumpai pada usia yang lebih muda.

Glaukoma merupakan penyakit mata yang menyebabkan kemunduran daya penglihatan secara bertahap sehingga penderitanya menjadi buta. Ini bisa terjadi akibat komplikasi penyakit seperti diabetes dan kecelakaan yang mengenai mata. Degenerasi macula terjadi saat macula mata mengalami kemunduran.

Macula mata adalah pusat retina sekaligus bagian paling penting dari retina yang berfungsi untuk membantu mata melihat detail. Jika macula mata mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan ketajaman, bisa menyebabkan kebutaan. Bila Anda mengalami gangguan penglihatan dengan munculnya gejala itu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata agar dicari penyebabnya. Jadi mari sayangi mata sebagaimana Anda semua menyayangi organ tubuh lainnya agar tetap berfungsi dengan baik.

Sumber : Fitur Klasika/Penglihatan.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.