ON LINE

Followers

MENGENAL METODE AKUPUNKTUR

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 18 Juli 2009

Setelah mengenal dan mempraktekkan reiki ada baiknya kali ini sehat berkat reiki menulis sedikit mengenai pengatahuan metode pengobatan China yang disebut Akupunktur. Orang China kuno menyadari bahwa energi bersirkulasi di dalam tubuh manusia melalui saluran energi yang disebut meridian (Sansekerta:nadi). Aliran energi ini mengalir di dalam meridian dari 1 titik ke titik lainnya.

Akupunktur adalah sistem pengobatan China kuno berdasarkan catatan tertua yang ditemukan pada tulang berasal dari tahun 1600 SM. Buku pertama mengenai akupuntur adalah Hungdi Neiging Suwen ditulis kurang lebih tahun 200 SM dan berisi rincian tentang metode akupunktur diterjemahkan oleh Prof. Ilza Veith dengan judul The Yellow Emperor, Classic of International Disease diterbitkan oleh William and Wilkins dari Baltimore.

Cara bekerja akupunktur menggunakan jarum halus secara khusus dibuat untuk keperluan pengobatan dengan menusukkan jarum ke titik meridian dalam tubuh manusia. Jarum itu menusuk kulit pada titik tertentu disebut titik akupunktur sampai kedalaman beberapa milimeter. Dengan menusuk kulit dengan jarum berdasarkan fakta bahwa menstimulasi kulit memberikan dampak pada organ-organ dalam tubuh sehingga sumbatan dalam pembuluh energi akan terbuka.

Bila jarum sudah masuk kulit pada pangkal jarum diputar bolak balik ke kanan dan kiri. Bisa juga dengan mengaliri aliran listrik yang berkekuatan lemah pada pangkalnya. Orang yang ditusuk jarum dalam keadaan sadar sekalipun ada rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang ditusuk jarum. Karena tidak sakit maka orang China kuno beranggapan bahwa energi bersirkulasi dalam tubuh melalui saluran-saluran khusus disebut meridian.

Dengan menusukkan jarum pada kulit maka keseimbangan energi dalam tubuh diperbaiki dan dengan lancarnya energi dalam saluran pembuluh energi maka gangguan penyakit dapat dihalau. Orang China kuno menganggap bahwa keseimbangan energi dari satu sisi ke sisi lain, dari atas ke bawah atau sebaliknya dan tetap menjaga energi keluar dari tubuh sangat penting. Mereka menganggap keseimbangan Yin yaitu unsur dingin dan Yang unsur panas harus tetap terjaga dengan baik di dalam tubuh manusia setiap saat.

Apabila orang kehilangan keseimbangan (out of balance) di dalam konsep energi maka langkah perbaikan energi dengan menyeimbangkan aliran energi kembali di dalam tubuh manusia. Orang China memiliki pendekatan esensial yang vitalistik terhadap tubuh manusia dan fisiologinya. Kalau di Jepang telah dikenal Reiki maka pada dasarnya menyalurkan Reiki adalah memperbaiki sirkulasi energi yang terganggu tadi dengan menempelkan kedua telapak tangan ke tubuh secara menyeluruh.

Dalam keadaan seimbang energi atau life of force atau kekuatan hidup yang oleh orang China disebut Chi, harus mengalir secara leluasa mengelilingi meridian-meridian. Apabila sirkulasi energi itu mengalami gangguan di bagian tubuh maka gangguan tadi akan menimbulkan penyakit. Misalnya jika kita sakit punggung chi yang mengalir di meridian kandung kemih dari punggung mengalami hambatan di salah satu tempat. Cara memperbaiki dengan menusukkan sebuah jarum pada titik di bagian punggung sehingga merangsang kembalinya pengaliran energi.

Setiap meridian mengacu pada organ tertentu dan energi yang mengalir pada meridian itu harus dianggap menunjukkan keadaan fungsional dari organ tersebut. Nah kalau di akupunktur kita harus memahami titik meridian dalam tubuh sebelum menusukkan jarum ke kulit maka di reiki cukup menempelkan atau menyalurkan energi ke dalam tubuh dan biarkan energi itu yang bekerja memperbaiki gangguan tubuh sehingga normal kembali.

Belajar memahami titik-titik akupunktur dan mengalirkan energi reiki merupakan perpaduan metode penyembuhan Timur yang sudah dikenal sejak jaman kuno dan sampai sekarang masih dipraktekkan di China dan di belahan dunia lainnya. Sampai saat ini praktisi akupunktur dan praktisi penyembuhan reiki semakin bertambah jumlahnya di Indonesia. Anda berminat menjadi praktisi penyembuh akupunktur atau menjadi praktisi reiki saja?

Sumber gambar : google images





4 komentar

  1. Ani Says:
  2. Kadang tertarik pingin nyoba akupuntur, tapi gimana sih rasanya mbak?

     
  3. berapa kali kita ke akupuntur biar sembuh total.

     
  4. Untuk Jeng Ani:
    Rasa kulit tertusuk jarum seperti kena duri saja. Memang ada rasa tidak enak selama jarum menusuk kulit, tetapi rasa tidak nyaman karena penyakit akan hilang selama jarum menancap di kulit.

    Untuk Rental mobil Surabaya:
    Tergantung keluhan yang kita derita dan rasakan dan jenis penyakit yang mendekam dalam tubuh kita.
    Bila sudah biasa akunpuntur kesehatan akan muncul dan penyakit akan hilang. Coba saja tidak sakit kok.

     
  5. Sekar Lawu Says:
  6. Ini Mas Bambang yaa....? Saya masih ingat panjenengan nadyan rada luping...lupa2 ingat... Ketemu waktu saya maih imut dulu... Awune tuwa saya ya Mas, harusnya aku nyebutnya dhimas...hahaha... Kemaren waktu njenengan bilang putrane paklik warno saya puter memori saya, yang saya ingat ada Mbak Erni, Mbak Kris, Mas...lali kabehhh....
    Kalau ke Karanganyar mampir ya...salam buat keluarga... KIta masih ada as\risan keluarga laweyan lho mas, tapi yang ikut angkatan ibu saya, yang angkatan putra putri lebih abot weekend nya. Paling juga kalau halalbihalal baru kita ngumpul...

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.