ON LINE

Followers

CEGAH KANKER DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 04 Juli 2009


Bicara penyakit kanker semua orang sudah tahu. Menurut gaya hidup sehat akhir pekan yang sehat dengan reiki terima melalui buletin kesehatan menyebutkan hingga kini salah satu penyakit yang banyak ditakuti orang adalah kanker. Penyebab kanker sendiri adalah pertumbuhan sel yang tidak normal atau abnormal dalam tubuh. Kanker tumbuh dengan sangat cepat dan tidak terkontrol sehingga mempengaruhi fungsi organ tubuh.

Sampai saat ini sudah ada berbagai jenis kanker yang menyerang berbagai organ tubuh. Masing-masing jenis kanker menimbulkan gejala yang berbeda tergantung pada lokasi kankernya dalam tubuh.Dari jenis kanker yang ada kanker paru masih menjadi kanker utama penyebab kematian di dunia, yang diprakirakan akan terus berlanjut sampai tahun 2030.

Untuk negara maju kasus kanker yang banyak terjadi adalah kanker prostat, payudara dan kanker usus. Sedangkan di negara berkembang, lever, kanker perut dan kanker serviks adalah penyakit yang jamak terjadi dan dialami oleh penduduk negeri itu.

Jika berbicara mengenai jumlah kasus kanker secara keseluruhan, waktu ini prevalensi penyakit itu di dunia sangat tinggi.Tidak saja jumlah kasus yang terus meningkat bahkan angka kematian karena kanker juga ikut bertambah. Kondisi ini dipengaruhi dengan semakin banyaknya populasi manusia di dunia.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberi informasi jumlah kasus penyakit kanker secara global meningkat 45% dari tahun 207 ke 2030. Jumlah kasus baru kanker diestimasikan terus melaju dari 11.3 juta di tahun 2007 hingga 15.5 juta di tahun 2030.Masih menurut data WHO di negara maju kanker menduduki peringkat kedua setelah penyakit kardiovaskular. Yang menjadi perhatian khusus adalah lebih dari setengah jumlah kasus kanker di dunia terjadi di negara berkembang, di Amerika Selatan dan Asia termasuk Indonesia.

Pemicu kanker adalah faktor keturunan selain faktor gaya hidup yang tidak sehat, kontaminasi atau radiasi lingkungan dan infeksi seperti virus hepatitis B dan Human Papilomma . Virus sendiri kerap menjadi pemicu terjadinya kanker. Untuk gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi makanan lemak tinggi, perokok aktif, konsumsi alkohol berlebihan, menjalani diet tidak seimbang, obesitas serta kurang beraktivitas fisik menjadi risiko terjadinya kanker.

Masih menurut WHO faktor obesitas dan kurang olahraga fisik menyumbangkan 30% risiko terjadinya risiko terjadinya penyakit kanker. Saat ini 1.6 milliar orang dewasa di seluruh dunia mengalami berat badan berlebih (overweight) dan sekurang-kurangnya 400 juta diantaranya mengalami obesitas. Diperkirakan tahun 2015 terdapat 2.3 milliar orang dewasa akan mengalami overweight dan 700 juta diantaranya obesitas.

Faktor stress pun turut menjadi pemicu kanker. Stress berkepanjangan dapat melemahkan sel-sel mud sehingga daya tahan tubuh menurun. Stress memicu kelenjar hipofise memproduksi hormon yang akan menyebabkan sel lemah tumbuh menjadi kanker. Pada umumnya kanker yang ditemukan di stadium awal masih bisa ditolong. Karena itu deteksi dini berupa medical check-up srutin mutlak dilakukan.

"Bagaimana dengan orang yang kurang aware menjaga kesehatan?" Bagus pertanyaan ini. Bila kita menjalani pola hidup tidak sehat segera ubah kebiasaan buruk itu menjadi perilaku hidup sehat. Belum ada kata terlambat untuk tindakan pencegahan.Salah satunya ialah menempuh cara sehat alami sesuai dengan anjuran dokter kesehatan gizi yaitu mengurangi makanan kadar lemak tinggi.Masih ada cara lain?

Ada...kita ganti makanan berkadar lemak tinggi dengan mengonsumsi bahan makanan yang dapat menurunkan risiko kanker. Di antara makanan yang dapat mengurangi risiko kanker adalah makanan berserat tinggi berupa sayuran, buah-buahan, sereal gandum dan kacang-kacangan.Paling penting sehat berkat reiki anjurkan kepada Anda semua menurut anjuran dokter yang juga menjadi praktisi reiki adalah, asuplah makanan dengan kadar gizi seimbang sesuai dengan aktivitas fisik yang kita lakukan setiap harinya.

Mumpung esok hari Minggu dan kita semua tidak bekerja, sehat bersama reiki ajak Anda semua keluar rumah untuk melakukan aktivitas fisik sesuai dengan minat Anda sendiri. Yang hobi main badminton silakan bermain, yang hobi sepak bola silakan berlari keliling lapangan bola 10 kali dulu sebagai pemanasan dan yang hobi bersepeda silakan menggenjot sepeda ria melintasi alam pedesaan dekat tempat tinggal Anda masing-masing.

Sehat dengan reiki sendiri karena sudah kadung olahraga jalan kaki pagi minimal 5 km seminggu 4 kali, maka tak ada salahnya menganjurkan Anda untuk juga beraktivitas ringan dan murah yaitu olahraga aerobik ini. Sempatkan olahraga secara rutin di akhir pekan lalu imbangi dengan istirahat yang cukup. Pola hidup sehat dan menghindari stress diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi penyebaran kanker.

Jadi tak ada alasan takut akan penyakit kanker asal kita tahu cara pencegahannya sejak dini. Mari mulai sekarang kita atur pola hidup sehat sesuai dengan anjuran dokter juga mengikuti pola hidup sehat ala praktisi reiki dengan rajin melakukan self healing, healing ke orang lain,metode grounding dan rajin
melakukan olah jiwa yaitu meditasi sebagai bagian upaca mencegah stress dalam hidup ini. Siapa mau...ayo tunjuk jari tinggi-tinggi.

Sumber tulisan : hidup sehat akhir pekan (diedit)
Gambar : google images/gambar kiri: atas anak mengidap kanker leukimia/kanan tengah: sayur dan buah kaya akan serat/ dan kiri bawah: kanker payudara.







3 komentar

  1. Mulyati Says:
  2. Saya mauuuuuuuuu mbak...
    Bener-2 sumber ilmu nih di sini... Ilmu matematika juga luar biasa luas. Saya aja yang guru matematika malah ndak paham banyak, baru belajar aja mbak.
    Oh ya, di tvri itu saya juga sering nonton meski tvri di rumah saya bruet gambarnya. Saya juga sering nganjurkan murid-2 saya untuk nonton. Tapi sayang lebih banyak tertarik ke sinetron atau lainnya. Dan sayangnya tv2 swasta lain jarang yang menyajikan tontonan yang mendidik apalagi pembelajaran.
    Bandingkan aja mbak berapa besar apresiasi sponsor terhadap bidang pendidikan (lomba-lomba murid atau guru), minim atau malah tidak ada. Hingga kalau pengumuman lomba2 pendidikan hanya tvri saja yang ngliput. Beda dengan lomba nyanyi misalnya, Bupati/Gubernurnya aja menyempatkan diri nonton...
    Oh ya, kalau boleh tahu mbak ini di bag mana ya? Saya tgl 1 Desember tahun kemarin juga datang pengumuman lomba guru di tvri lho. Tapi belum menang cuma finalis aja.
    Terimakasih banyak ulasan/komen-2nya di blog yang memperkaya pengetahuan saya ya.
    Bener-2 informasi yang mencerahkan mbak...
    Salut banget nih bisa joging segitu jauh dan rutin. Saya sendiri untuk belajar pola hidup sehat aru sebatas ngatur pola makan, ngurangi makanan berlemak.
    Untuk aktifitas fisik saya sulit sekali menjaga komitmen kayaknya, rasanya repot sekali meluangkan waktu (mungkin tidak kurang waktu, tapi sulit mengatur waktu). Mau belajar meditasi juga belum rutin.

    Tapi alhamdulillah dengan pola makan sehat, rasanya sudah bisa sy nikmati yaitu saya tdak gampang capek meski bentuk tubuh dah nggak beraturan kebanyakan lemak he...he..
    Berkat belajar di blog mbak ini, kadang2 bisa membuat saya ngereem hal-2 yang tidak baik kaitannya dengan kesehatan. Terimakasih banyak mbak ilmunya...

     
  3. Mulyati Says:
  4. Oh ya mbak... memang benar setahu saya Matematika banyak berasal dari timur Tengah... sebagai contoh angka yang kita pakai sekarang dari Hindu Arab... dan tokoh matematika yang menemukan bilangan nol juga orang Arab Al Kwarizmi. Bukan hanya angka nol tapi juga banyak ilmu Aljabar.

     
  5. gambar paling atas serem dan kasian yah

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.