ON LINE

Followers

MELIHAT PRODUKSI BATIK PEKALONGAN

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 19 Maret 2009





Pekalongan dikenal sebagai kota batik karena produksi batiknya yang indah dan dinamis. Selain itu Pekalongan tepatnya kabupaten Pekalongan lebih dikenal sebagai kota santri, karena kebudayaan kota Pekalongan yang sangat kental nuansa Islaminya.

Kamis pagi tadi bersama tim liputan progama 1 nasional sehat dengan reiki sudah tiba di Pekalongan. Kunjungan singkat di kota batik Pekalongan untuk melihat perajin batik Pekalongan memproduksi sekaligus memasarkan batik Pekalongan.

Sentra industri Batik Pekalongan berada di daerah Buaran, tepatnya di Desa Simbang Kulon. Meskipun dunia sedang dilanda krisis ekonomi global para perajin batik Pekalongan terus berkarya.

Mereka terus berkarya mengingat tingginya jumlah penggemar Batik Pekalongan yang senyatanya tetap digemari oleh konsumen batik dari Jawa Tengah, Luar Jawa dan Mancanegara...sungguh menarik menyaksikan corak Batik Pekalongan ini. Sekalipun siang tadi udara cukup panas mengingat Pekalongan berada di daerah Pantura, para pekerja tetap bersemangat menyelesaikan proses produksi batik.

Batik Pekalongan yang mempunyai corak unik berupa perpaduan antara batik klasik dengan corak kontemporer, perwarnaan yang cerah namun harmonis tetap mempunyai penggemar sendiri. Batik Pekalongan termasuk batik pesisir yang kaya akan warna. Sebagai batik pesisir ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis.

Jika dibandingkan dengan batik pesisir lainnya misalnya batik Lasem, batik Pekalongan sangat dipengaruhi oleh pendatang keturunan China dan Belanda. Di sini motip batik Pekalongan sangat bebas, menarik meskipun motifnya terkadang sama dengan batik Solo atau Jogja.Motif ini juga sering dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif.Dalam sehelai batik Pekalongan dijumpai 8 warna yang berani dengan kombinasi yang dinamis. Motif batik Pekalongan yang paling populer ialah motif batik Jamprang.

Pemasaran batik Pekalongan mencapai Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Makasar hingga Minahasa.Biasanya pedagang batik daerah seberang ini memesan ke perajin batik Pekalongan agar dibuatkan motif batik sesuai dengan selera dan adat daerah masing-masing.

Keistimewaan batik Pekalongan adalah pembatiknya selalu mengikuti perkembangan jaman.Saat penjajahan Jepang dahulu lahir batik Jawa disebut Batik Hokokai. Batik Hokokai adalah batik dengan motif dan warna mirip Kimono Jepang. Batik Jawa Hokokai disebut juga batik pagi dan sore. Di tahun enam puluhan juga diciptakan batik Tritura.Motif yang terkenal saat ini adalah motif Tzunami. Memang orang Pekalongan sangat kaya akan ide dan kreasi seni batik.

Menurut brosur Ungkapan Spesial Batik, Its Mystery and Meaning yang ada di sentra perajin Batik Pekalongan disebutkan bahwa setiap turis domestik atau asing yang berkunjung ke sentra Batik Pekalongan selalu dibawa ke Museum Batik Pekalongan yang berada di Gedung Bekas Balai Kota Pekalongan.Di gedung ini setiap pengunjung dapat melihat berbagai jenis batik dari waktu ke waktu.

Kita dapat melihat perkembangan batik dari jaman Belanda, Jepang saat Perang Dunia II dengan motif batik Hokokai, batik Sumatera dengan pengaruh budaya Islam dengan motif kaligrafi tulisan Arab.Koleksi museum ini cukup lengkap. Di sini pengunjung dapat melihat koleksi batik antik berusia 100 tahun lebih. Ada juga Kebaya Encim yang dipakai wanita Tionghoa di Indonesia saat itu.

Gedung Museum Batik Pekalongan ini memanfaatkan gedung bekas Balaikota Pekalongan. Lokasinya sangat mudah dijangkau oleh angkutan kota terletak di daerah Bundaran Jatayu dekat Jalan Diponegoro Pekalongan.Di daerah ini merupakan simbol kerukunan umat beragama Pekalongan yang terbina sangat baik.

Di samping Museum Batik Pekalongan berdiri Masjid dengan latar belakang Gereja Khatolik Pekalongan. Di sekitar museum juga berdiri Gereja Protestan dan tempat ibadah penganut Tri Dharma.Begitu juga dengan motif batik Pekalongan sendiri banyak dipengaruhi gabungan atau pembauran unsur Lokal, Arab, China dan Belanda.

Sungguh warisan budaya lewat seni batik yang tak ternilai harganya. Karenanya marilah kita lestarikan dan berdayakan Batik Pekalongan agar juga sejajar dengan Batik Jogja, Solo, Cirebon dan Lasem. Saat ini di kantor sehat dengan reiki pun setiap hari Jumat setiap karyawan wajib memakai batik buatan anak negeri sendiri termasuk di sini batik Pekalongan.

Oh...ya sambil bermalam di kota batik Pekalongan malam ini cuaca Pekalongan cukup cerah, udara sangat gerah sekali, maklum Pekalongan sudah memasuki musim kemarau dan daerahnya terletak di Pantura. Yang paling enak malam ini adalah menyantap Sate Ayam sekaligus mencicipi masakan khas Pekalongan Nasi Megono dan ditemani secangkir wedang ronde.

Dari Pekalongan sehat dengan reiki menulis untuk sekolah internet.







6 komentar

  1. bisnisway Says:
  2. wah karya lokal emang paling the best...

     
  3. frizzy2008 Says:
  4. Pekalongan top abiss. Aku suka banget batik dari sana, apa lagi yg atbm.
    Thanks for sharing a great article...

    Cheers, frizzy.

     
  5. Linda Says:
  6. wah kapan yaa aq ke Pekalongan..
    jadi pengen kesana..

     
  7. wah asyiknya kalo jadi jurnalis...bisa kemana2 ya mbak....

    batik pekalongan emang unik, apalagi buat saya...udah biasa liat batik jogja solo, jadi klao liat batik pekalongan suka ngiler....

     
  8. i'disastra Says:
  9. wah keren batiknya :), pekalongan punya he

     
  10. Anonim Says:
  11. Wuaaaa.....jadi pingin pulang kampung. Bagus banget mbak liputannya.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.