ON LINE

Followers

PERSIAPAN UPACARA NYEPI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 26 Maret 2009



Setelah merasakan sepinya sebuah kota kecamatan Lasem di Pantura Timur Jawa Tengah sehat dengan reiki telah tiba kembali di ibukota. Selanjutnya Rabu sore bertandang ke Pura Aditia Jaya Rawamangun Jakarta Timur untuk melihat persiapan upacara nyepi yang akan dilaksanakan Kamis ini.

Umat Hindu Bali yang berada di luar Pulau Bali pun mempersiapkan malam upacara Nyepi dengan khidmat. Hari Nyepi merupakan hari khusus di mana umat Hindu melepaskan aktivitas keduniawian sambil memanjatkan doa. Sebelum pelaksanaan hari Nyepi, umat Hindu melakukan doa bersama di pagi hari sambil melakukan pensucian hewan untuk dipersembahkan.

Umat Hindu di Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta Timur misalnya, sejak Rabu malam mulai mendatangi Pura. Pinandita Pura ini, I Gusti Made Agung Nugraha mengatakan khusus Hari Nyepi tahun ini umat Hindu melakukan doa dengan level tinggi dari tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan karena Bangsa Indonesia bulan April esok akan menghadapi pesta Demokrasi Pemilu 2009.

Persiapan Nyepi tidak hanya dilakukan satu hari sebelum hari raya, namun dilakukan satu bulan sebelumnya. Di masa persiapan hari raya, umat Hindu melakukan berbagai kegiatan secara intensif untuk meningkatkan keimanannya kepada Sang Pencipta.

Sementara itu laporan dari koresponden televisi Surabaya mengatakan sekitar tiga ribu umat Hindu se-Jawa Timur melakukan sembahyang dan ritual Ogoh-Ogoh di Kawasan Tugu Pahlawan Surabaya sebagai rangkaian Hari Raya Nyepi. Umat Hindu di Banyuwangi pun juga melaksanakan upacara Melastri di Pantai Watu Dodol, Bangkring Banyuwangi.


Nah hari Kamis ini segala atribut keduniawian ditanggalkan sementara oleh umat Hindu yang tengah merayakan Nyepi. Amati Geni,Lelanguan,Karya dan Lelungan yang merupakan ritual Nyepi sedang dilakukan umat Hindu baik yang ada di Pulau Dewata Bali atau pun di daerah lain di Indonesia ini.

Mereka semua larut dalam doa kepada Sang Pencipta Alam Semesta dengan berdiam diri di Pura maupun di rumah masing-masing. Segala sepi, tintrim, nyenyet dan yang terdengar hanya kesunyian bhatin yang mendalam bagi umat Hindu yang merayakan Nyepi.

Sehat dengan reiki menulis untuk sekolah internet.

1 Responses to PERSIAPAN UPACARA NYEPI

  1. bisnisway Says:
  2. nyepi memang sebuah hari yang menakjubkan,saya sempet merasakannya 9 kali...dan itu nikmat sekali...

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.