ON LINE

Followers

HIDUP SEHAT BEBAS KOLESTEROL

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 29 Maret 2009



Kolesterol sudah menjadi topik perbincangan di kantor sehat dengan reiki akhir-akhir ini mengingat semakin tinggi jumlah penderitanya di Indonesia. Gaya hidup kurang sehat dengan mengkonsumsi makanan tidak sehat turut berperan dalam mempengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Semakin baik pola dan kualitas makanan Anda sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kolesterol adalah salah satu komponen lemak yang merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh di samping zat gizi lain seperti karbohidrat,protein,vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain sebagai sumber energi, lemak khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang dibutuhkan tersebut secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Jumlahnya bisa meningkat arena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan junk food.

Kolesterol yang berlebih akan tertimbun dalam pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghindari ancaman penyakit yang berasal dari kolesterol tinggi.

Penyakit karena kolesterol tinggi bisa dihindari dengan cara mengubah gaya hidup kurang sehat menjadi gaya hidup sehat. Misalnya menghindari pola makan
dengan kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.Gorengan misalnya, akan lebih baik dihindari dan kalau terpaksa menggoreng dengan minyak zaitun karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya asam lemak oleat atau omega 9 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu low dencity lipoprotein ( LDL ) dan pada saat bersamaan mampu menaikkan kadar high density lipoprotein ( HDL ).

Demikian pula dalam talk show kesehatan yang biasa sehat dengan reiki dengarkan di Radio Sonora Jakarta, para pembicara dari kalangan kedokteran yang menjadi nara sumber selalu menyarankan perbaiki pola makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi dibandingkan makanan yang digoreng, juga kurangi makanan yang banyak mengandung santan kelapa.Konsumsi makanan sehat pun dapat diartikan dengan mengurangi makanan yang tinggi gula dan asupan alkohol.

Nah ini dia bagian talk show yang begitu sangat dianjurkan kepada setiap orang khususnya yang mempunyai kelebihan berat badan agar mau melakukan kebiasaan sehat dengan olah raga sehat secara rutin, minimal 30 menit hingga 1 jam setiap hari kalau bisa, tetapi kalau tidak bisa usahakan olahraga tiga kali seminggu. Olahraga yang sangat dianjurkan adalah jogging, aerobik misal jalan kaki di pagi hari.

Selain tidak memerlukan biaya, olahraga ini dapat dilakukan bersama pasangan sambil menghirup udara segar di pagi hari. Modalnya adalah disiplin diri sendiri dan kemauan untuk selalu bisa hidup sehat.Kebiasaan lain adalah menghentikan kebiasaan merokok dan mengendalikan berat badan. Dengan disiplin tinggi dalam berolahraga diharapkan kadar kolesterol baik ( HDL ) dalam tubuh meningkat.

Bila membeli makanan perhatikan label dalam makanan. Batasi kandungan lemak dalam makanan Anda kurang dari 3 kilogram perhari atau kurang. Serat yang larut dalam air dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam kelompok ini adalah berasal dari gandum atau kulit jagung, kacang, tanaman polong dan tentu saja buah-buahan.

Apabila kadar kolesterol anda sudah tinggi, selain harus mengontrol makanan, sebaiknya Anda mengkonsumsi suplemen yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Memang diet yang benar dapat membantu masalah kolesterol, tapi jangan sampai kita jadi paranoid dengan makanan. Ingat kata dokter, 80% kolesterol dihasilkan tubuh kita sendiri sementara 20% sisanya dihasilkan makanan. Jadi daripada terus menyiksa diri takut punya kolesterol tinggi patuhi saran dokter agar mau hidup sehat secara teratur.

Sehat itu gampang kok asal tahu caranya dan mudah dilakukan asal ada kemauan. Sekarang pilihan ada di tangan Anda. O..ya ini sehat dengan reiki kasih bocoran tentang solusi tepat mengatasi kolesterol, silakan kunjungi ke alamat ini atau konsultasikan ke dokter Anda.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.