ON LINE

Followers

KOMODO BERASAL DARI MANA?

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 11 Februari 2011

Siapa saja yang pernah datang ke kebun binatang pasti pernah mengenal nama komodo. Menurut sejarah kepurbakalaan, komodo telah hidup di hutan-hutan di Indonesia sekitar 700.000 tahun lalu. Berperawakan besar, bertenaga kuat dan agresif, para komodo ini merupakan rajanya dunia perkadalan.



Awalnya komodo diduga berasal dari Australia sebelum bermigrasi ke Indonesia. Namun dengan ditemukannya jejak-jejak komodo kuno di Afrika, beberapa waktu lalu ternyata meruntuhkan dugaan tersebut. Binatang vertebrata Afrika yang berusia sekitar 30 juta tahun itu terkait dengan komodo yang masih hidup saat ini dan juga 50 jenis kadal lain dari genus Varanus.



Ketika jenis kadal kuno tersebut hidup di Afrika, benua itu masih dikelilingi lautan dan betul-betul terputus dari daratan yang menghubungkannya dengan benua lain, apakah itu Asia, Eropa ataupun Indonesia. Jejak kadal Afrika ditemukan di sebuah wilayah yang dulunya merupakan danau. Temuan ini menunjukkan bahwa komodo merupakan perenang tangguh, seperti juga turunannya yang ada saat ini.


Komodo (Varanus komodoensis) selaku " penguasa di Pulau Komodo " merupakan kadal terbesar yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya sekitar 70 - 90 kg. Satwa ini hanya terdapat di Nusa Tenggara di Pulau Komodo, Padar dan Rinca serta beberapa pulau kecil di selat antara Sumbawa dan pesisir barat serta utara Flores. Komodo senang tinggal di dalam liang-liang tanah, kadang di bawah batu atau susunan akar pohon. Reptil ini dapat bergerak dengan cepat / lari dengan perut tanpa menyentuh tanah tapi juga dapat berenang di air.


Melihat penampilannya di Pulau Komodo saat ini, ternyata kadal kuno-kadal kuno itu panjangnya sekitar 1,5 meter. Mereka diduga hanya berenang untuk jarak pendek. Namun kemungkinan binatang ini bisa menyeberangi lautan tetaplah terbuka. Yang pasti upaya untuk mengungkap misteri migrasi komodo yang sampai ke Indonesia masih terus berlanjut meninggalkan jejak misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini.



Sumber : GeoWeek Kompas.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.