ON LINE

Followers

GEMPA BUMI MELANDA CHRISTCHURCH SELANDIA BARU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 23 Februari 2011

Indonesia negara kepulauan yang terletak di ring api sudah sering mengalami gempa bumi yang tidak sedikit memakan korban jiwa dan harta. Contoh nyata gempa bumi dan tsunami di Aceh tahun 2004 lalu sampai kini masih menjadi ingatan rakyat Indonesia sebagai peristiwa alam yang luar biasa karena dibarengi dengan tsunami setelah gempa menggoyang daratan Aceh. Trauma tentu saja masih menggores pada diri keluarga korban yang mendapatkan keluarga yang dicintainya telah meninggal dunia karena peristiwa alam ini.



Demikian halnya yang terjadi Selasa 22/02 kemaren dimana gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang kota terbesar kedua di Selandia Baru, Christchurch. Dalam gempa yang terjadi kemaren itu telah mengakibatkan sejumlah ruas jalan retak dan gedung-gedung bertingkat ambruk rata dengan tanah, termasuk salah satu gereja katedral terkemuka di Selandia Baru. Kota berpenduduk 350 ribu jiwa itu kini porak poranda di mana puing-puing bangunan gedung bertingkat berserakan memenui areal kota.



Perdana Menteri Selandia Baru John Key mengatakan sedikitnya 75 orang tewas dalam bencana terburuk di Selandia Baru sepanjang 80 tahun terakhir ini. " Ini adalah hari paling menyedihkan di Selandia Baru dan korban terus bertambah," kata John kepada media asing seraya bergegas menuju lokasi bencana seusai menggelar rapat kabinet darurat beberapa jam paska gempa. Laporan korban terus berdatangan karena gempa terjadi di saat jam tersibuk di Christchurh, saat warga tengah makan siang sekitar pukul 12.51 waktu setempat.


Gempa bumi kuat melanda kota Christchurch yang terletak di Pulau Selatan, Selandia Baru.

Perdana Menteri John Key mengatakan jumlah korban tewas yang diketahui mencapai 75 orang. "Kita kemungkinan besar mengalami hari terburuk di New Zealand", ujarnya.

Banyak warga yang masih terjebak di bawah reruntuhan gedung. Pemerintah Selandia Baru menyatakan keadaan darurat.


Nathaneal Boehm, warga Christchurch yang sedang berdiri di dekat jalur trem ketika gempa terjadi, menuturkan, " Kondisi sangat mencekam. Orang-orang tertimpa reruntuhan bangunan. Tubuh mereka tertutup puing-puing yang beratnya berton-ton. Sebagian dari mereka meninggal seketika," katanya. Melihat kondisi bangunan yang roboh menandakan gempa ini cukup dahsyat.



Karena itu walikota Christhchurch Bob Parker menetapkan status darurat dan memerintahkan warga mengungsi ke tempat penampungan sementara di balai kota. Ia menyatakan lebih dari 100 orang masih terperangkap di bawah reruntuhan bangunan, termasuk 12 mahasiswa Jepang yang tengah studi banding di Selandia Baru. Pusat Survey Geologi Amerika Serikat menyebut pusat gempa berada 5 kilometer dari Christhchurch dengan kedalaman 4 kilometer. Gempa terjadi dua kali dalam kurun waktu 2 jam.



Sumber : AFP/AP/Reuters/Gambar : Galeri Foto BBC.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.