ON LINE

Followers

MASIH SENANG MENDONORKAN DARAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 01 Desember 2014

Desember 2014 esok genap tiga bulan sudah saya harus kembali mendonorkan darah B ku sejak donor darah terakhir pertengahan Agustus 2014 lalu. Artinya dengan mendonorkan  darah secara rutin setiap 3 bulan sekali, diharapkan pendonor darah mendapatkan  manfaat kesehatan  tubuh sekalipun usia terus merambat naik. Intinya satu kantong darah mampu membantu menyelamatkan  nyawa manusia yang memerlukan pertolongan di saat tubuhnya kekurangan darah karena sesuatu sebab, misalnya kecelakaan kerja yang menyebabkan banyak darah keluar.

Donor darah sudah jadi bagian gaya hidup sehat dengan reiki kundalini sejak tahun 1987. Sudah jamak saat duduk di bangku kuliah setiap mahasiswa harus sudah pernah mendonorkan darahnya minimal satu kali, sebelum mahasiswa menempuh sidang skripsi sarjana.  Ini prasyarat yang harus dipenuhi setelah semua mata kuliah selesai diujikan, maka sebelum sidang skripsi mahasiswa harus sudah pernah mendonorkan darahnya.

Kebetulan ketentuan  menjadi donor darah bagi mahasiswa berlaku di almamaterku, yaitu Sekolah Tinggi Publisistik dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara LAN, keduanya ada di Jakarta. Pimpinan perguruan tinggi setempat menyadari bahwa mendonorkan darah adalah perbuatan mulia bagi sesama dan lebih dari itu kegiatan mendonorkan darah baik untuk kesehatan si pendonor darah. Karena itulah daripada mahasiswa ribut dengan demontrasi, lebih baik juga dilibatkan menjadi donor darah aktif selama dia menempuh kuliah di perguruan tinggi tersebut.
Barangkali takut mendonorkan darah karena melihat jarum tajam masuk lengan. Memang sakit, tapi hanya sebentar saja. Paris, France --- Blood Donation --- Image by © BSIP/Corbis
Barangkali takut mendonorkan darah karena melihat jarum tajam masuk lengan. Memang sakit, tapi hanya sebentar saja. Paris, France --- Blood Donation --- Image by © BSIP/Corbis
Bincang kesehatan di Radio ditujukan  kepada khalayak umum yang belum pernah mendonorkan darahnya, bahwa donor darah  bertujuan mendapatkan kesehatan. Sebab dengan mendonorkan darah bisa menurunkan berat badan, membantu membakar kalori, deteksi dini risiko kesehatan, melindungi jantung, mencegah stroke, dan mengatur kontrol  kesehatan. Sebelum darah  diambil, pemeriksaan kesehatan pendonor dilakukan dokter yang bertugas memantau kesehatan pendonor.

Jika hasil pemeriksaan kesehatan awal bagus,   maka pendonor langsung diambil darahnya. Jika hari itu,  misalnya hb darahnya rendah, maka  diminta menunda mendonorkan darahnya. Memang banyak orang yang masih ragu akan manfaat menjadi pendonor darah karena beredar mitos yang membuat masyarakat takut mendonorkan darahnya.

Rasa takut yang  kasat mata boleh jadi karena lengan tangan ditusuk jarum dan darah  segar mengalir keluar dari lengan lewat selang masuk kantong darah. Jelas merasakan sakit sebentar karena tertusuk jarum.  Sama halnya merasakan  sakit karena tertusuk  duri atau tergores benda tajam lainnya.
Pemeriksaan awal  sebelum darah diambil, bertujuan mengetahui  kesehatan pendonor. Setelah dinyatakan sehat oleh dokter, barulah darah diambil sebanyak 250-500 cc tergantung kepada berat badan pendonor.
Pemeriksaan awal sebelum darah diambil, bertujuan mengetahui kesehatan pendonor. Setelah dinyatakan sehat oleh dokter, barulah darah diambil sebanyak 250-500 cc tergantung kepada berat badan pendonor.
Ketakutan lain yang kerap  membayangi calon pendonor adalah mampu menyebabkan kecanduan. PMI mengatakan bahwa sekalipun proses donor darah dilakukan rutin, hal itu tak  akan mengubah proses metabolisme atau jam biologis tubuh. Intinya, manfaat mendonorkan darah, diharapkan pelakunya tetap sehat  karena kinerja paru-paru dan ginjal,  sel darah merah, dan sirkulasi darahnya semakin maksimal daya kerjanya.

Syarat lain pendonor darah berusia  17-60 tahun, memiliki bobot tubuh minimal 45 kilogram, temperatur tubuh sehat antara 36, -37,5 derajat celcius, tekanan darah baik yaitu sistole 110-60 mmHg dan diastole 70-100 mmHg. Selanjutnya kondisi denyut nadi teratur sekitar 50-100 kali/menit, hemoglobin minimal 2,5 gram. Jarak terdekat dengan waktu donor terakhir adalah tiga bulan.

Anda tertarik mencoba mendonorkan darah, masih terbuka kesempatan luas bagi pemula. Bagi pendonor yang sudah berpartisipasi secara teratur, semoga kegiatan positif ini bisa menular kepada keluarga terdekat, teman sekerja, dan lingkungan masyarakat sekitarnya. Mari mencari kesehatan lain setelah mengamalkan gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur, praktek reiki,  dan kini tiba saatnya mencoba menjadi pendonor darah aktif.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.