ON LINE

Followers

PENYAKIT PARKINSON

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 23 Mei 2009


Sabtu pagi ini dengan berkendara santai sehat dengan reiki meluncur ke BUG'S CAFE di bilangan Pondoh Indah Mall I Jakarta Selatan.Kedatangan ini untuk memenuhi undangan dari Yayasan Peduli Parkinson dalam rangka ultah yang ke-3 yang sebenarnya sudah berlangsung beberapa hari lalu dan baru hari ini diperingati dengan tema:Tetap Bergerak Selalu Optimis.

Kalau peringatan tahun lalu berada di lapangan terbuka bekas Stadion Menteng Jakarta Pusat, peringatan pagi ini berada di dalam ruangan ber-ac yang berdekor gaya kafe dengan latar belakang hijaunya padang rumput tempat olah raga kalangan atas bermain golf. Tampak peserta penyandang Parkinson yang sudah sepuh hadir yang ditemani keluarga yang setia mendampinginya.

Acara di mulai dengan jalan santai mengelilingi taman parkir depan lokasi Bug's Cafe ini berada. Peserta jalan kaki kendatipuh usianya sudah sepuh-sepuh tetap semangat melangkahkan kaki sambil bercanda dengan kerabat yang menyertainya. Ya...tidak ada alasan untuk tidak bergerak sekalipun dalam kondisi terbatas semua peserta mampu masuk finish dan langsung menyeruput secangkir teh manis dan air mineral putih sebagai pelepas dahaga sembari menanti paparan seputar Parkinson dari dokter syaraf yang menjadi nara sumber di pagi ini.

Dr. Banon selaku ketua Yayasan Parkinson menjelaskan sejarah berdirinya Yayasan Parkinson dan memberikan spirit kepada semua peserta agar tetap bersemangat dalam menjalani sisa hidup kendatipun menderita Parkinson. Nah berbicara Parkinson tentu Anda pernah melihat mantan sosok petinju legendaris Muhammad Ali atau mantan bintang film terkenal Michael J.Fox yang dikala jayanya mampu mempertahankan reputasi di bidang olah raga tinju dan aktor terkenal di zamannya.

Sayang saat ini Muhammad Ali menderita Parkinson di usia senjanya. Apa sih itu Parkinson? Sehat bersama reiki yang datang bersama rekan-rekan wartawan media cetak mendapatkan jawaban dari dokter Purba,ahli syaraf yang menjelaskan bahwa penyakit parkinson adalah penyakit dengan gejala utama berupa gangguan gerak yang disebabkan oleh berkurangnya neurotransmiter dopamin di otak.

Dopamin sendiri merupakan modulator yang berperan pada pengaturan gerakan oleh otak sehingga dihasilkan gerakan yang "bertujuan" dan "seperlunya". Karenanya waspadai 4 gejala kardinal (gejala utama) penyakit parkinson yaitu Tremor, Rigiditas, Bradikinesia dan Ketidakstabilan postural. Seiring bertambahnya usia dengan semakin rapuhnya tubuh muncul pula penyakit degeneratif semisal penyakit darah tinggi,gula bahkan jantung koroner.

Sikap hidup positif yang dipaparkan Dr. Banon adalah pendekatan spiritual yang mengarah sikap pantang menyerah ketika Parkinson datang dan keluarga penderita parkinson harus tetap optimis merawat dan mendampingi penderita dalam hidup sehari-hari. Untuk itulah kepada penderita parkinson dimotivasi pula agar mau menjalankan aktivitas seperti olah raga ringah dengan menggerakkan lengan tangan dan kaki dengan diiringi musik waltz, tango bahkan dangdut.

Gejala parkinson Tremor adalah gerakan getar dengan frekuensi 3-7 getaran per detik, biasanya mengenai anggota gerak yaitu tangan, lengan atau tungkai. Yang khas muncul pada saat istirahat, saat relaks ketika memegang koran atau gagang telepon. Tremor dapat pula mengenai dagu, bibir, lidah bahkan leher. Tremor juga akan muncul atau bertambah berat pada keadaan stress baik stress fisik maupun emosi. Saat konsentrasi pun bisa muncul gejala tremor namun pada saat tidur lelap gejala tidak muncul. Pada keadaan lanjut tremor akan muncul sepanjang waktu baik ketika beristirahat maupun saat beraktivitas.

Rigiditas sebagai gejala kedua dari parkinson didefinisikan sebagai tahanan terhadap gerakan pasif sehingga apabila persendian penderita digerakkan orang lain maka terasa seperti "roda gigi". Penderita sendiri akan mengeluh kekauan otot, nyeri sendi saat digerakkan, kelemahan atau lelah. Keadaan ini terkadang meyerupai gejala rematik. Postur tubuh dapat menjadi membungkuk ke depan. Pada keadaan yang lanjut gerakan sendi bisa menjadi terbatas.

Selanjutnya Bradikinesia sebagai gejala ketiga parkinson adalah menurunnya gerakan motorik secara keseluruhan. Manifestasinya antara lain adanya kesulitan penderita untuk bangkit dari kursi, memulai berjalan atau berbalik di tempat tidur. Wajah menjadi kurang berekspresi sehingga tampak senantiasa murung dan sedih, kedipan mata berkurang sehigga tampak seperti melamun atau menerawang atau tatapan kosong.

Suara dapat menjadi halus dan pelan, hal ini menyebabkan lawan bicara meminta penderita untuk mengulang pembicaraan. Gaya berjalanpun dapat menjadi kaku seperti robot, langkah menjadi kecil-kecil dan pendek, langkah diseret, lengan tidak atau kurang melenggang. Kelambanan dapat mengenai organ untuk makan, berupa lamban mengunyah, menelan sehingga butuh waktu makan yang lebih lama dari biasanya.

Berkurangnya refleks menelan ini dapat pula mengakibatkan penderita mengeces. Gangguan juga dapat mengenai gerakan motorik halus, misalnya berupa kesulitan untuk memotong makanan, kesulitan untuk mengancingkan baju, tulisan menjadi lebih kecil ukurannya dari biasanya, kesulitan membuka lembaran kertas pada buku, bahkan mengetuk pintu pun dapat menjadi sesuatu yang sulit dilakukan penderita.

Sedangkan Instabilitas Postural sebagai gejala parkinson keempat biasanya timbul pada keadaan lanjut, di mana keseimbangan menjadi memburuk sehingga penderita mudah terjatuh. Ketika sedang berjalan pasien dapat mengalami kesulitan untuk berhenti sehingga saat akan berhenti dapat kehilangan keseimbangan.

Untuk mendeteksi apakah Anda akan menderita parkinson, sehat bersama reiki mendapatkan tip-tip yang antara lain dijabarkan menjadi pertanyaan sebagai berikut ini:
1. Apakah Anda mengalami kesulitan ketika bangkit dari kursi?
2. Apakah tulisan tangan Anda menjadi kecil?
3. Apakah teman-teman Anda mengatakan bahwa suara Anda menjadi lebih lembut atau tidak terdengar?
4. Apakah keseimbangan Anda menjadi buruk?
5. Apakah tungkai Anda sering seperti "macet" ketika sedang berjalan?
6. Apakah teman-teman Anda mengatakan wajah Anda tampak selalu sedih atau murung?
7. Apakah tangan atau kaki Anda bergetar?
8. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mengancingkan baju?
9. Apakah ketika sedang berjalan kedua tungkai Anda harus diseret?
10. Apakah langkah-langkah Anda menjadi pendek-pendek atau kecil-kecil ketika berjalan?

Jika pertanyaan di atas dapat Anda jawab sendiri sembari merenungkan sudah adakah parkinson ada pada Anda, sebaiknya bila jawaban "ya", segeralah pergi ke dokter atau spesialis saraf untuk mendapatkan penanganan semestinya. Semakin cepat ditangani, semakin baik kualitas hidup Anda. Itulah harapan kita semua dan biasanya dokter akan memberikan obat Madopar atau Levazide kepada penderita parkinson.

Sembari menulis postingan ini sehat bersama reiki pun membayangkan Paman sendiri yang tinggal di desa Banaran Sukoharjo Solo saat ini juga menderita parkinson dengan kedua telapak tangan yang gemetar secara tiba-tiba yang dalam istilah orang tua di kampung disebut BUYUTEN. Persis Muhammad Ali dan juga peserta seminar parkinson pagi ini yang rata-rata terlihat kedua telapak tangannya bergetar sendiri saat melangkahkan kaki bahkan ketika sedang duduk santai.

Paman sehat dengan reiki pun masih mampu untuk memanjat tangga memotong ranting pohon sebagai kegiatan harian mengisi sisa hidup di usia senja. Jadi jangan cemas jika parkinson datang. Ibarat kita ini rumah yang sejak berdiri sampai roboh nanti perlu perbaikan, perawatan yang memerlukan penanganan serius. Tinggal Anda ingin pilih gaya hidup sehat macam apa, terserah...itulah pilihan Anda saat ini.

2 komentar

  1. ely Says:
  2. ada juga khan artis yg belum begitu tua umurnya menderita parkinson juga .. kalau nggak salah namanya michael j fox

    makasih tipsnya ... semoga pamannya selalu fit walau menderita parkinson

    met hari minggu ya

     
  3. Ani Says:
  4. Bagaimanapun, seringan apapun, kalau dihinggapin penyakit, hidup jadi nggak nyaman.
    Semoga kita selalu sehat terus ya.

     

Poskan Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto Saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.