ON LINE

Followers

TUBUH BUGAR DAN SEHAT BISA DICARI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 02 Februari 2013

Semua orang tidak memandang golongan dan pangkat jabatan yang sudah mandiri dapat penghasilan dari bekerja, tentu mengharapkan badannya selalu sehat setiap hari. Ibarat mobil yang kudu dirawat setiap saat agar saat digunakan beraktivitas tidak mogok, tubuh pun perlu dijaga agar tetap sehat di saat bekerja. Bagaimana menjaga tubuh tetap sehat, setiap orang tahu caranya, yaitu rajin berolahraga sekali pun ada di antaranya yang tidak punya waktu untuk melakukannya.

" Tidak ada waktu tepat dan rasanya susah melakukan ajakan positif itu, " ujar seorang teman yang menyadari kesehatan tubuhnya sedikit terganggu akhir-akhir ini. Pernyatan itu sedikit klasik dan terkesan tidak dibuat-buat terdengar di telinga saya. Lalu ada teman sekerja lain yang sudah sadar pentingnya menjaga kesehatan dengan rajin olahraga, menyahut ucapan klise itu dengan ujaran, " Mengapa banyak orang rela meninggalkan olahraga demi mengejar pekerjaan?

Padahal mempertaruhkan kesehatan pribadi demi pekerjaan boleh-boleh saja, asalkan harus ada waktu khusus untuk mau berolahraga. Padahal setinggi-tingginya karier seseorang yang dibungkus slogan sukses akan ambruk juga tubuh jika penyakit sudah mulai menyerang tubuh. Mulai dari penyakit ringan, sedang dan berat siap menyergap jika mulai sekarang kita tidak waspada mengantisipasinya.

Lalu kiat apa agar pekerjaan tidak terbengkelai, kegiatan olahraga juga bisa dilakukan sekalipun tidak rutin setiap hari. Menjaga keseimbangan dengan mengatur waktu fleksibel di antara bekerja dan berolahraga dan tidak mengorbankan salah satunya. Caranya menyeimbangkan waktu antara bekerja, istirahat dan berolahraga.
Menyeimbangkan waktu antara bekerja dan berolahraga, salah satunya di saat tubuh sudah capai karena duduk berjam-jam, usahakan jalan ke luar ruangan sambil menghirup udara segar di luar gedung.
Menyeimbangkan waktu antara bekerja dan berolahraga, salah satunya di saat tubuh sudah capai karena duduk berjam-jam, usahakan berjalan ke luar ruangan sambil menghirup udara segar di luar gedung.
Mata menjadi pedih, berair lalu punggung kaku saat digerakkan, indikasi tegangnya otot punggung dan pinggang bawah karena duduk lama. Solusi, jangan tenggelam dalam kerja, lakukan olahraga ringan di saat jam istirahat kantor.
Mata menjadi pedih, berair lalu punggung kaku saat digerakkan, menyebabkan otot punggung dan pinggang bawah menjadi tegang karena duduk lama. Solusi, jangan tenggelam dalam kerja, lakukan olahraga ringan di saat jam istirahat kantor.
Memang tidak mudah untuk melakukannya dan butuh penyesuaian waktu secara berkesinambungan agar suatu saat bisa terlaksana dan pekerjaan tidak terbengkelai. Contohnya ada karyawan yang berangkat kerja awal di pagi hari. Begitu sampai kantor waktu bekerja belum dimulai, ia masih bisa meluangkan waktu untuk olahraga sebelum bekerja.

Lumayan masih bisa olahraga setiap pagi sekalipun waktunya tidak lama. Misalnya, joging di halaman kantor atau main badminton di ruang olahraga dengan teman-teman kantor. Karena dengan berolahraga di pagi hari, pikiran pun masih jernih, apalagi udara masih bersih dan sejuk akan mendapatkan hasil maksimal dari kegiatan olahraga.
Ada juga yang memanfaatkan waktu bekerja sekaligus olahraga. Salah satunya pergi bekerja dengan mengendarai  sepeda.
Ada juga yang memanfaatkan waktu berangkat dan pulang bekerja sekaligus olahraga. Salah satunya pergi dan pulang bekerja dengan mengendarai sepeda.
Waktu kerja fleksibel akan memberi kebugaran tubuh pada saat orang juga harus bekerja. Demikian pula di sore hari di saat jam bubar kantor kondisi lalu lintas macet total, ada  karyawan lain yang menunda pulang ke rumah dengan terlebih dulu berolahraga di ruang serbaguna kantor, misalnya senam bersama atau latihan olahraga pernapasan. Baru setelah waktu beranjak malam, meninggalkan kantor apakah menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Pendek kata tidak ada kata terlambat untuk memulai aktifitas positif demi mendapatkan derajat kesehatan yang semakin baik seiring bertambahnya usia. Lebih beruntung lagi jika ada karyawan yang bisa membagi waktu fleksibelnya di antara bekerja, olahraga, istirahat dan rekreasi bersama keluarga, tanpa mengorbankan salah satunya. Semua bertujuan untuk mendapatkan kebugaran tubuh di mana dan kapan saja ia suka melakukannya.

Kunci melawan rasa malas ogah berolahraga adalah niat untuk mau. Jika sudah diniatkan dengan ikhlas untuk berolahraga misalnya tiga kali dalam seminggu, maka tinggal mengatur waktu fleksibel saja, kapan ia melakukannya. Lalu apa betul orang yang rajin  berolahraga bukan berarti luput dari ancaman penyakit.
Pola makan sehat rendah lemak tinggi serat dengan cara perbanyak mengonsumsi sayur dan buah.
Pola makan sehat rendah lemak tinggi serat dengan cara perbanyak mengonsumsi sayur dan buah.
Penyakit akan datang kapan saja tanpa kita minta. Namun kunci untuk membuat pertahanan tubuh semakin kuat dari serangan penyakit, adalah menjaga pola hidup sehat dengan mengatur pola makan sehat, olahraga sehat dan pola pikir sehat dalam keseharian. Jika ketiga aspek tadi sudah diamalkan dalam hidup keseharian, semoga Anda tetap sehat di 2013 ini.

Lalu bagaimana dengan orang yang bekerja dalam ruangan tertutup, misalnya kantor yang berpendingin AC dengan kursi kerja empuk, menyiasati kegiatan hariannya agar tubuh tetap sehat, mata tidak terserang iritasi saat menatap layar komputer? Caranya sekali-kali di saat rehat kerja, melakukan olahraga ringan, misalnya jalan kaki di antara koridor ruang kerja, mendatangi ruang ibadah yang terletak di lain gedung dan tentu saja jangan terus terpaku di tempat duduk selama berjam-jam.

Menurut riset dari Feinberg School of Medicine, Northwestern Univercity of  Chicago, Ilionis sebagaimana dilansir Ragam Kesehatan menyatakan, mereka yang hidup aktif ternyata juga menghabiskan banyak waktu duduk salam seminggu saat bekerja. Rata-rata partisipan menghabiskan waktu 64 jam dalam seminggu untuk duduk.

Lalu sebagian responden berdiri selama 28 jam dan sisanya berjalan selama 11 jam. Terlalu banyak duduk  pun menjadi bahaya laten bagi kesehatan. Sekalipun sudah banyak beraktifitas di luar ruang dengan olahraga, aktifitas duduk berjam-jam dalam ruangan pun perlu diwaspadai dan tidak baik untuk kesehatan. Lalu cara sehat apa lagi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat?

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.