ON LINE

Followers

CERITA TENTANG MAKANAN DAN MINUMAN SERBA MANIS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 04 Februari 2013

Saat melakukan olahraga jalan kaki pagi Kamis kemaren, saya sempat bertemu dengan anak agen koran asal Madiun yang sudah lama menetap di Tangerang. Singkat cerita anak ini bercerita kepada saya bahwa dia baru saja dolan ke Solo dan sempat mencicipi jamuan pesta ala wong Solo. Menu pesta yang dihidangkan ke tamu serba manis dan yang tak mau kalah adalah minuman teh manisnya.

Saya jawab singkat memang itulah gaya makanan dan minuman wong Solo. Kalau masih sehat mengonsumsi teh manis dalam pesta boleh-boleh saja tidak ada yang melarang. Namun bagi tamu yang sudah diindikasikan mengidap DM tidak boleh sembarangan mengonsumsi minuman bersoda apalagi minuman serba manis dengan gula yang sudah larut dalam air teh.

Si anak yang saat ini masih duduk di bangku kuliah terus menanyakan pada saya soal  makanan wong Solo yang serba manis  dikaitkan dengan penyakit DM yang saat ini semakin banyak saja penderitanya. " Apa tidak takut kena penyakit kencing manis dengan minum teh serba manis kental saat datang ke pesta? " ujarnya kepada saya yang memang merasakan sendiri setiap kali pulang kampung ke Solo selalu melihat hidangan teh manis panas selalu hadir di meja makan. Apalagi saat ini sudah masuk musim hujan, konsumsi teh hangat manis atau wedang jahe hangat pasti jadi santapan harian warga Solo.

Mengingat penderita DM semakin banyak seiring dengan pola makan instans, maka bagi orang yang masih sehat harus tetap waspada terhadap gejala diabetes.  Seorang yang diindikasikan menderita diabetes ditandai keluhan fisik yang cenderung merasakan haus untuk selalu minum.  Selain itu ia juga sering buang air kecil, merasa lapar terus dan berat badan semakin menurun dan tidak diketahui penyebabnya.
Gangguan diabetes pada pria penyebab disfungsi ereksi sehingga pasangan menjadi murung. Atasi disfungsi ereksi, hindari obat seks.
Gangguan diabetes pada pria penyebab disfungsi ereksi sehingga pasangan menjadi murung. Atasi disfungsi ereksi, hindari obat seks.
Selain itu keluhan tambahan berupa lemas, mudah lelah, mengantuk, kesemutan, gatal, penglihatan kabur. Jika sudah parah bisa menimbulkan luka susah untuk sembuh menyebabkan disfungsi ereksi pada pasien pria dan gatal pada kelamin pasien wanita. Untuk mencegah diabetes dan mengontrol gula darah, para pakar kedokteran menyarankan untuk suntik insulin sesuai takaran yang ditentukan dokter.

Karena pentingnya edukasi bagi penderita diabetes, sudah selayaknya  bagi yang masih sehat harus sering kontrol kadar gula darahnya setiap saat. Lalu bagi yang sudah terkena diabetes, harus  konsultasi ke dokter untuk dicarikan solusi penyembuhannya. Lewat konsultasi dengan dokter yang merawatnya, akan dicari penyebabnya.
Anak doyan ngemil minim  aktivitas fisik menyebabkan obesitas.
Anak doyan ngemil minim aktivitas fisik menyebabkan obesitas.
Apakah ada cacat pada sistem saraf atau karena sirkulasi darah yang tidak lancar akibat diabetes. Komplikasi kronis menyebabkan pembuluh darah  besar dan kecil mengalami kerusakan. Pembuluh darah besar mengarah ke jantung penyebab sakit jantung koroner dan mengarah ke otak penyebab stroke.

Menurut situs diabetesmelitus.org diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan ketidakmampuan organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Tubuh juga tidak mampu menggunakan insulin yang dihasilkan pankreas secara efektif. Akibatnya terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah ( glukosa ) yang disebut hiperglikemia.

Penanggulangan diabetes tentu dengan minum obat secara oral, menyuntikkan insulin sesuai takaran yang ditentukan dokter.  Dokter pun selalu menyarankan setiap orang untuk mengatur pola makan sehat dengan tidak mengonsumsi makanan instan yang mengandung lemak jenuh penyebab obesitas. Dan yang tak kalah pentingnya mau berolahraga demi kebugaran dan kesehatan tubuh untuk mencegah terjadinya diabetes.

2 komentar

  1. masukan yang sangat baik bagi penderita DM

     
  2. berarti anak kcil juga harus banyak olahraga

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.