ON LINE

Followers

CARA ALAMI MENGUSIR NYAMUK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 03 Februari 2013

Sering Anda diganggu nyamuk saat matahari mulai tenggelam, barangkali cukup menjengkelkan jika waktu istirahat di sore atau malam hari harus selalu menepok tubuh karena gigitan nyamuk nakal. Nyamuk mulai beroperasi di saat hari mulai gelap bahkan di siang hari pun banyak nyamuk ngumpet di rumah. Tempat yang aman bagi nyamuk untuk bersembunyi adalah baju yang digantung, kain korden di jendela, lipatan kulit yang membungkus busa tempat duduk atau di ruangan rumah yang lembab dan gelap.

Nyamuknya memang satu tapi temannya banyak dan menyerbu masuk rumah saat kita sedang lengah. Adakalanya kita sudah memasang perangkap anti nyamuk toh dengan kepandaiannya nyamuk masih bisa memperdayai kita. Karena itulah nyamuk digolongkan sebagai serangga paling militan yang meneror manusia.

Tidak peduli malam atau siang, nyamuk tetap senang mendatangi manusia untuk digigit dan dihisap darahnya. Bukti adanya nyamuk  sejak 400 sebelum Masehi, masyarakat Persia waktu itu telah membuat dan menggunakan pyrethrum untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya. Menurut Fitur Klasika Bahan Alami dalam salah satu artikelnya, pyrethrum adalah serbuk bunga seruni atau krisantemum yang dikeringkan.
Spesies ini juga bisa menularkan demam berdarah. Nyamuk ini biasanya banyak terdapat di kebun atau di halaman rumah. Cirinya hampir sama dengan Aedes aegypti, yaitu bercak-bercak putih di badan. Bila dilihat dengan kaca pembesar tampak di median punggungnya ada garis putih. Waktu menggigitnya pun sama dengan Aedes aegypti, yaitu di pagi dan sore hari. Bertelurnya di air tergenang, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang menampung air hujan di halaman rumah. Pada musim penghujan, nyamuk ini banyak terdapat di kebun atau halaman rumah karena di situ terdapat banyak tempat yang terisi air.
Spesies ini juga bisa menularkan demam berdarah. Nyamuk ini biasanya banyak terdapat di kebun atau di halaman rumah. Cirinya hampir sama dengan Aedes aegypti, yaitu bercak-bercak putih di badan.
Ya, serangga terbang yang sangat menyebalkan. Serangga ini suka menggigit kulit kita dan mengganggu aktivitas kita.
Serangga terbang yang sangat menyebalkan, nyamuk suka menggigit kulit  dan mengganggu kenyamanan saat kita sedang menonton televisi.
Jaman berkembang dan pengusir nyamuk pun sudah menjadi produk yang dipasarkan kepada konsumen. Namun obat nyamuk buatan pabrik ini  mungkin menimbulkan masalah kesehatan lingkungan mengingat produk ini mengandung zat aerosol atau bahan kimia lainnya. Bentuk produk pun beraneka warna dan ukuran dimana ada yang berbentuk spiral, kepingan seperti kertas lalu dibakar saat digunakan bahkan ada juga berupa cairan.

Untuk mengusir nyamuk pun kita bisa melakukan inovasi salah satunya menggunakan obat nyamuk ramah lingkungan dan bahannya ada di sekitar kita. Obat nyamuk bisa diracik dari tumbuhan, misalnya daun serai yang mengandung senyawa sitronela yang memburu nyamuk. Ada juga menggunakan bawang putih yang mengandung zat  allicin dan nicotinic acid yang mengeluarkan bau menyengat.

Bau menyengat bawang putih tidak disukai nyamuk. Namun nyamuk pun terus ganas menggigit kulit jika ramuan bawang putih sudah hilang baunya. Orang pun lalu mencoba serbuk bunga sukun yang dianggap mampu mengusir nyamuk dalam waktu lama bila dibandingkan dengan memakai obat nyamuk elektrik. Sebagai perbandingan obat nyamuk elektrik bertahan hingga 18 jam, sedangkan serbuk bunga sukun mampu bertahan hingga 48 jam.
Daging buah durian kita makan, cangkang kulit durian dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk karena masih menyebarkan aroma durian yang tidak disukai nyamuk.
Daging buah durian kita makan, cangkang kulit durian dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk karena masih menyebarkan aroma durian yang tidak disukai nyamuk.
Bagi Anda yang doyan menyantap buah durian, jangan biarkan kulit buah durian menganggur lantas dibuang ke tempat sampah. Sehabis mengonsumsi buahnya, kulit durian yang masih segar bisa kita taruh di bawah ranjang atau di pojok ruangan. Selain kulit, daging buah durian pun cukup ampuh mengusir nyamuk karena aromanya yang khas menyengat sehingga nyamuk enggan mendekat.

Lalu ada juga tanaman yang efektif  untuk mengusir nyamuk, seperti bunga lavender, akar wangi, suren, zodia, geranium dan selasih. Cara pembuatan obat nyamuk dari bahan alami ini bisa Anda lihat dan baca di majalah atau situs internet. Umumnya cara pembuatan bahan alami pengusir nyamuk cukup sederhana, yaitu menggunakan pisau, blender dan air untuk mencampur adonan bahan alami tadi.

Seperti masyarakat Persia tempo dulu yang waktu itu menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk, masyarakat modern saat ini pun bisa melakukan percobaan membuat obat nyamuk dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar kita.  Anda bisa menaruh pot tanaman hias bunga lavender saat sedang menonton televisi sehingga nyamuk enggan mendekat dan Anda pun bebas dari gangguan nyamuk. Jika nyamuk masih nekat menggigit itu tandanya nyamuk nakal dan  perlu dibasmi.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.