ON LINE

Followers

KAMPUNG LIMA PUSAT JAJAN BARU DI MENTENG

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 28 Juni 2009


Agaknya siapa pun yang pernah datang ke Jakarta pasti mengenal Jalan Sabang. Pusat pertokoan dengan tempat parkir padat pada jam sibuk selalu membuat jalan ini macet setiap harinya. Apalagi begitu banyaknya para pedagang kuliner yang sehat dengan reiki pantau seminggu lalu sungguh membuat kendaraan yang kami naiki terpaksa berbelok arah di belakang Gedung Sarinah arah jalan Thamrin. Saat itu waktu menunjukkan pukul 11.30 wib saat tiba makan siang bagi karyawan yang bekerja di perkantoran sekitar Balaikota dan Jalan Thamrin.

Memang jalan Sabang Menteng Jakarta Pusat sudah menjadi tempat pedagang kuliner yang membuka usaha di sini selama bertahun-tahun. Kawasan ini dekat sekali dengan gedung-gedung perkantoran dimana hampir semua karyawan memanfaatkan jam istirahat bekerja untuk makan siang di sini. Kini sebagai alternatif baru bagi pedagang kuliner jalan Sabang telah disediakan tempat berdagang baru di Kampung Lima Menteng Jakarta Pusat.

Persiapan Kampung Lima sebagai lokasi baru ditempatkannya pedagang kuliner jalan Sabang telah memasuki tahap akhir. Lokasi baru ini diharapkan dapat menjadi pusat kuliner yang bersih dan nyaman di Jakarta. Siang itu suasana di kampung Lima Menteng Jakarta sangat sibuk oleh pekerja bangunan yang membuat los bangunan usaha.

Para pekerja tengah mempersiapkan lokasi baru para pedagang makanan jalan Sabang. Jalan sepanjang 168 meter yang terletak diantara gedung-gedung perkantoran ini tengah disulap menjadi sebuah pusat kuliner yang nantinya menyediakan beraneka jajanan makanan.Di sini terdapat 80 kios atau footstore dimana masing-masing footstore dipakai oleh dua pedagang secara bergantian, yakni shift pertama dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore dan shift kedua dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi esok harinya.

Total pedagang yang ditampung adalah sekitar 160 pedagang.Oleh pengelola sarana dan prasarana Kampung Lima saat ini lokasi yang dipersiapkan memasuki tahap finishing. Pihak pengelola telah meninggikan badan jalan agar lokasi baru ini tidak tergenang banjir. Selain itu juga membuat drainase serta saluran pembuangan agar tetap bersih dan sampah tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Untuk mengatasi masalah perpakiran Kampung Lima bekerjasama dengan instansi terkait dalam bidang perpakiran DKI Jakarta. Di sini terdapat lokasi parkir yang cukup luas di dekat lokasi baru tersebut selain di Jalan Sabang sendiri.Berbagai fasilitas mulai air bersih,penerangan, kursi dan meja telah disiapkan begitu rapi.

Mengenai besarnya biaya retribusi tiap kios ditetapkan sepenuhnya oleh Sudin Kumkm Pemkot Jakarta Pusat yang mencakup keamanan, listrik dan air bersih.Kisaran tak akan jauh dari retribusi sebelumnya yakni antara 15 hingga 20 rupiah. Pedagang tidak akan dikenakan biaya sewa. Selaku pengelola pihaknya hanya mempersiapkan lokasi,menyelenggarakan kegiatan serta merawat Kampung Lima dari sponsor yang masuk.

Keberadaan Kampung Lima diharapkan menjadi pusat kuliner baru sekitar Jalan Thamrin dan Kebun Sirih Menteng Jakarta Pusat. Anda yang sering menikmati kuliner Jalan Sabang tak ada salahnya mencicipi aneka masakan dan minuman di Kampung Lima ini.

Foto: eric/beritajakarta.com

10 komentar

  1. Judith Says:
  2. stopping by to say hello

     
  3. hack adsense Says:
  4. dropping here

     
  5. gandiz Says:
  6. salam kenal

     
  7. berkunjung malam

     
  8. JengSri Says:
  9. jadi kangen mau kesana

     
  10. saya sdh ke suramadu n mampir bangkalan tapi gak lama sdh mampir depan masjid dan klenteng...kapan2 mau ke sumenep n pamekasan n sampang juga..thx

     
  11. Ani Says:
  12. Kayaknya asyik ya JJS di situ mbak..

     
  13. jadi kangen sama Jl. Sabang..kangen sm sate ayamnya..trus di pojokan ada sate kambing yang enak tuh..

    kalo di Menteng, kan yg ngetop nasi goreng gilanya..konsumsi buat yg pulang dugem..hehe

     
  14. miniwini Says:
  15. kalo sate di sabang yang enak namanya sate apaan?kan ada banyak tuh
    mohon info nya yaaah :)

     
  16. Pagi Gesit Says:
  17. Program yang sangat bagus dari pemerintah Kota Jakarta Pusat. Kerjasama dengan pihak swasta untuk penataan wilayah. Sayangnya hal ini di kotori oleh pihak swata pengelola lahan tersebut yang tidak mengikuti peraturan sesuai ketentuan yang berlaku. Seperti Ijin Mendirikan Bangunan Sementara ( IMB ) dan ploting ijin reklame, sehingga ada penggelapan soal ijin dan penyelewangan terhadap pendapatan asli daerah dari pendapatan reklame dlm kerjasama program tersebut.

    Pihak Pemerintah dan Walikota harus berani menindak tegas penyelewangan tersebut.Bila tidak, justru akan menyudutkan program tersebut dengan isu kolusi dan korupsi. Sejauh yang kami tahu, karena kami adalah Perencana Program tersebut, pihak pengelola dalam hal ini PT SINAR PANGAN ABADIJAYA dengan saudara Jeffrey Hasbullah sebagai penanggungjawabnya, banyak melanggar ketentuan yang berlaku di peraturan pemerintah ( data-data lengkap kami miliki ).

    Dan hingga kini pusat jajanan kampung lima tidak pernah diresmikan secara resmi oleh pemerintah kota karena mengetahui hal ini tapi tidak melakukan penindakan atas pelanggaran tersebut. Mohon menjadi perhatian instansi terkait dan walikota jakarta pusat untuk meluruskan hal tersebut dan menindak pengelola serta oknum pemerintah dengan segala pelanggaran yang telah dibuat. Karena dalam hal ini ada penyelewengan Pendapatan Asli Daerah dari kompensasi pembangunan Pusat Jajanan Kampung Lima dan pelanggaran atas kebijakan yang telah ditetapkan pemda.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.