ON LINE

Followers

JENUH BEKERJA APA YANG ANDA LAKUKAN?

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 14 Juni 2009

Aku Jemu demikianlah judul lagu Pop berirama beat dari Koes Plus yang terbit di tahun 1975. Kenapa Koes Plus yang sebelumnya bernama Koes Bersaudara yang hadir di blantika musik sejak tahun 1962 berani berkata "Aku Jemu" dalam judul lagunya itu? Tentunya Mas Yok Koeswoyo sebagai pencipta lagu itu bisa menjawab pertanyaan sehat dengan reiki untuk postingan kali ini. Jemu bahkan rasa jenuh bisa menghantui siapapun dalam hidup ini.

Memang beberapa pekerja kantor bahkan Anda semua penggemar blog tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah jenuh. Di antara mereka dan juga Anda yang biasa bekerja dari pagi hari hingga sore hari merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan setiap hari kerja, bisa dihinggapi rasa jenuh. Demikian pula sehat dengan reiki yang Minggu Pagi ini terpaksa menjaga gawang bekerja sejak subuh hingga tengah hari mendapatkan suasana kantor yang tidak biasanya. Maklum mengingat bekerja di media televisi tidak mengenal istilah libur di hari Minggu, jadi The Show Must Go On...itulah sekedar istilah bagi pekerja di mass media massa.

Tentunya Anda yang pernah bekerja dan saat ini bisa menikmati hari libur di Minggu bertanya-tanya apakah bekerja model begini tidak menimbulkan rasa jenuh bila ide sudah mentok dan otak sudah tidak mau lagi diajak berpikir? Jujur saja saya juga Anda lama kelamaan merasa jenuh namun karena tugas dan kewajiban yang harus dijalankan maka rasa jenuh tadi bisa kita halau dengan beberapa kiat yang telah sehat bersama reiki dan teman-teman kerabat kerja lainnya persiapkan bila bekerja over time di hari libur ini. Apa saja kiatnya teman?

Pertama, rasa jenuh bisa kita siasati dengan berolahraga. Tentunya olahraga bisa kita lakukan sehabis dinas di sore hari atau di pagi hari sebelum ke kantor. Memang disadari rasa jenuh biasanya muncul bila tubuh sudah terlalu letih bekerja. Apalagi bila bekerja di depan komputer atau monitor televisi lelah mata pasti akan mendera kita bila bekerja terlalu lama menatap layar komputer. Nah olah raga di sini adalah olah raga ringan di saat rehat bekerja dengan cara melakukan gerakan-gerakan senam kecil di luar ruangan sambil menghirup udara segar luar gedung. Bisa juga kita melintas di koridor yang ada tamannya membatasi blog bangunan satu dengan blog bangunan lainnya.

Gerakan-gerakan ringan senam seperti relaksasi otot kaki, otot tangan, otot bahu, memijit leher dan punggung sangat membantu mengurangi rasa penat. Bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan rekan sekerja agar saling membantu mengatasi keluhan rasa penat. Anda bisa juga rehat sejenak dengan berkunjung ke ruangan lain tempat rekan sekerja Anda berada. Syukur kalau ruangan kerja rekan ini dibatasi oleh taman dan berada di blog lain dari ruangan tempat Anda bekerja.

Kedua, memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melepas penat. Kesibukan bekerja utamanya di depan komputer atau monitor layar televisi ketika sedang menyunting gambar dapat membuat orang menjadi "autis". Kalau ide sedang mengalir lancar ketika menyunting gambar rasanya jeda sejenak untuk istirahat kita abaikan saja. Ide bisa hilang bahkan menguap bila pekerjaan terputus karena perlu istirahat siang.

Agar tidak menjadi manusia autis di saat makan siang segera keluar dari kamar editing dan ajak teman sekerja bercakap-cakap sambil menikmati makan siang bersama di warung Tegal atau kantin kantor.Untuk meredakan strees membiasakan diri bersendau gurau dengan teman sekerja misal dengan mengomentari pertunjukan lawak di televisi malam harinya. Dengan melepaskan ketegangan otot wajah terapi tertawa sedikit membantu melepaskan kepenatan bekerja. Bila perut sudah kenyang segera tunaikan kewajiban ibadah siang di ruang ibadah kantor.

Ketiga, sebelum bekerja kembali sempatkan waktu sejenak untuk membaca majalah atau surat kabar. Pekerjaan yang menumpuk akan membuat otak cepat lelah. Sebaiknya membaca berita ringan seputar olah raga, infotainment atau membaca cerita komik atau silat Kho Ping Ho. Tetap rilek sejenak dengan mengolah nafas agar stamina muncul kembali untuk bekerja di paruh berikutnya.

Keempat, coba berjalan ke arah taman kantor yang pohonnya rindang. Tatap hijaunya dedaunan sejenak dan tahan lalu hembuskan nafas secara berulang-ulang dengan rilek agar energi positif dari hijaunya daun terserap ke pori-pori tubuh. Masih dalam kondisi santai affirmasikan dalam hati, "Semoga energi hijaunya daun menambah stamina saya agar produktivitas bekerja kembali meningkat." Untuk kesehatan mata sebaiknya menatap rimbunnya daun pohon dilakukan juga di sore hari menjelang jam bubar kantor.

Berdiam diri di dalam kantor secara terus menerus memang terasa membosankan. Bila ditambah dengan terpaan dinginnya AC ruangan tempat kita bekerja dan kondisi tubuh tidak fit, akan gampang terkena influenza. Sebaiknya sempatkan sejenak berjalan ke luar ruangan. Tidak perlu jauh cukup disekitar ruangan tempat kita bekerja.Hirup udara segar sebanyak-banyaknya.

Kelima, yang saat ini sedang ramai dibicarkan adalah fenomena Face Book yang menjangkiti anak sekolah dan pekerja kantoran. Untuk rehat sejenak Anda bisa membuka blog pribadi, membuka email dan menatap Face Book menjalin relasi sosial di jejaring internet. Sebaiknya kegiatan ini jangan sampai Anda malah keasyikan sehingga lupa melanjutkan pekerjaan. Kalau Anda tanya kepada sehat bersama reiki pekerjaan utama lainnya selepas jam kantor apa saja?... saya jawab,"Terkadang saya ada OB rekaman di luar studio sampai malam hari."

6 komentar

  1. Nice tips mbak,...

     
  2. ely Says:
  3. aku kalo jenuh ya pit pitan ^_^

     
  4. Fanda Says:
  5. Memang benar, santai pas makan siang sambil baca koran membuat tubuh lbh segar. Aku biasanya juga cuci muka pada jam2 ngantuk setelah perut kenyang, yakni jam 2-4. Kalo pekerjaan sdh selesai, dan bos belum dtg utk memberi instruksi lain, kadang aku jg ngeblog atau baca buku...
    Nice post, mbak!

     
  6. ADVINTRO Says:
  7. karena aku kerja di Mall boleh aku tambahkan satu poin?

    kalo jenuh di kantor, ke conter2 aja, cari SPG sekedar menyegarkan mata

     
  8. japraxxx Says:
  9. wah klo jenuh ya pir2an ngabisin bensin..ato gak ya ntn film aj... :))

     
  10. Ani Says:
  11. Makanya kita itu mesti punya hobi deh mbak. Jadi kalau pas lagi jenuh, lakukan hobi...ya paling nggak kan jadi selingan toh ?

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.