ON LINE

Followers

MINUMAN DARI BEKATUL TURUNKAN KOLESTEROL DARAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 28 Januari 2014

Bekatul hasil proses penggilingan padi kalau di Solo pada umumnya digunakan untuk pakan ternak. Dalam hal ini bekatul dimanfaatkan petani untuk makanan ayam, itik, angsa ataupun dipakai untuk bahan pembuatan makanan kampung. Selain itu bekatul padi dari limbah penggilingan, khususnya fraksi minyaknya mengandung aktivitas antioksidan tinggi.

Formulasi minuman bekatul   yang dapat diterima konsumen  bisa mengoptimalkan pemanfaatan bahan limbah ini menjadi minuman fungsional. Penelitian Institut Pertanian Bogor yang diketuai Evy Damayanthi masih berusaha mencari formulasi tepat secara organoleptik ( cita rasanya bisa diterima konsumen ) berupa minuman emulsi minyak bekatul alternatif pangan fungsional tinggi antioksidan.


Bekatul adalah hasil samping penggilingan padi. Setelah beras dipisahkan dari sekam (kulit luar gabah), kemudian dilakukan penyosohan. Proses penyosohan dilakukan dua kali, penyosohanpertama menghasilkan dedak (seratnya masih kasar), sedangkan penyosohan kedua menghasilkan bekatul (rice bran) yang bertekstur halus.
Bekatul adalah hasil samping penggilingan padi. Setelah beras dipisahkan dari sekam (kulit luar gabah), kemudian dilakukan penyosohan. Proses penyosohan dilakukan dua kali. Penyosohan pertama menghasilkan dedak (seratnya masih kasar), sedangkan penyosohan kedua menghasilkan bekatul (rice bran) yang bertekstur halus.
" Minyak bekatul mengandung komponen bioaktif orizanol yang bersifat antioksidan tinggi dan dapat menurunkan kolesterol dalam darah manusia, " kata Evy yang mengajar di Departemen Gizi Masyarakat IPB,  Senin ( 13/1 ). Penelitian ini diawali dengan membuat empat formula minuman emulasi minyak bekatul berbeda. Dalam proses pembuatan keempat formula itu, tim menyimpulkan sugar ester sebagai emulsifier  yang tepat untuk minuman minyak bekatul.

Sumber : Kilas Iptek / ( * / ELN ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.