ON LINE

Followers

MALU BERTANYA GUNAKAN GPS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 12 Juni 2013

Perangkat Global Positioning System ( GPS ) pernah menjadi barang mewah dengan kemampuan mengagumkan untuk memetakan permukaan bumi. Perangkat ini pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 1970 an untuk kepentingan militer. Sekarang GPS telah digunakan secara generik dalam berbagai peralatan elektronik untuk beragam kebutuhan.

GPS yang canggih ditaman dalam sistem navigasi pesawat terbang atau kapal. GPS dengan teknologi yang lebih sederhana umum dipakai oleh para penggemar perjalanan, seperti para komunitas sepeda motor. Adapun GPS yang dirancang lebih praktis amat banyak dicangkokkan dalam ponsel pintar.

Fungsi utama GPS yakni memetakan suatu lokasi dan mengolahnya menjadi informasi tentang letak obyek itu. Dengan demikian pengguna mendapat bantuan untuk menentukan rute tercepat mencapai lokasi, bahkan memprediksi tingkat kesulitan medan yang ingin dilewati. Selain GPS, dikenal istilah A-GPS dan apa pula perangkat ini ?

A-GPS adalah singkatan dari Assisted Global Positioning System. GPS dan A-GPS sebenarnya adalah sistem yang serupa, tetapi tidak sama. Hanya, A-GPS memungkinkan pemakai mengakses lebih banyak layanan di perangkat bergerak ( ponsel ).

GPS dengan panduan  dan sedikitnya tiga satelit yang membentuk kawasan segitiga dengan mencari longitude, latitude dan data lainnya yang diperlukan. Pada perangkat GPS yang terpisah dari ponsel, pemetaan ini umumnya memakan waktu beberapa menit setelah peralatan diaktifkan. Sementara A-GPS dapat menemukan lokasi hanya dalam hitungan beberapa detik.
Peta kota Solo hasil pelacakan dengan GPS.
Peta kota Solo hasil pelacakan dengan GPS.
Hal ini dimungkinkan karena A-GPS langsung mendeteksi satelit yang terdekat dengan lokasi ponsel melalui operator seluler.  Namun, untuk hasil pemetaan jelas lebih presisi, perangkat GPS  dibantu lebih banyak satelit. GPS yang dipakai oleh pasukan elite militer bahkan bisa mengendus kecepatan pergerakan pasukan musih dan jumlah kombatannya.

GPS amat membantu orang-orang dengan mobilitas tinggi. Perusahaan jasa ekspedisi, misalnya amat memerlukan peralatan ini. Selain itu, nelayan yang menangkap ikan di tengah laut juga membutuhkannya. Apabila tersedia GPS khusus yang dapat menentukan lokasi yang terdapat banyak ikan di dalam laut.

GPS ibarat mata yang menuntun pemakainya di medan yang asing. Bahkan saat malam hari dimana tidak ada seberkas cahaya sekalipun, GPS mampu bekerja dengan akurat. Karena itu jika Anda hari ini jadi kurir untuk mengantarkan undangan pernikahan kerabat Anda dan belum faham alamat yang dituju, boleh juga mengandalkan GPS didalam ponsel pintar Anda.

Siapa tahu lokasi tujuan sudah dekat sehingga Anda tidak perlu putar-putar haluan saat berkendara. Pepatah lama mengatakan, malu bertanya sesat di jalan biasanya kita manfaatkan saat kita bertanya kepada orang lain untuk  membantu menunjukkan lokasi yang dituju. Kini selain manusia, GPS juga berperan di dalamnya dan membantu melacak keberadaan lokasi yang hendak kita cari, asalkan bukan alamat palsu sebagaimana dalam lagu yang dinyanyikan Ayu Ting-Ting .

Sumber tulisan : Ragam Teknologi 23/02/13  ( */TYS ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.