ON LINE

Followers

KONSUMSI DAGING TENTUKAN EVOLUSI GIGI MANUSIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 18 Agustus 2016

Studi menyebutkan, percepatan evolusi alat mengunyah pada manusia era awal jadi lebih kecil dipicu konsumsi daging mentah dan pengembangan alat batu. Evolusi itu menyebabkan perubahan lain, seperti kemampuan berbicara kian maju dan perubahan ukuran otak. Memasak jadi aktivitas biasa di era jauh setelahnya.

Prof Daniel Lieberman dan Katherine Zink dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, memublikasikan temuan itu lewat jurnal Nature, Rabu ( 9/3 ). Saat spesies Homo erectus muncul 2 juta tahun lalu, manusia berevolusi dengan ukuran otak dan tubuh lebih besar sehingga menambah kebutuhan energi harian. Namun, ukuran gigi manusia mengecil serta otot mengunyah dan kekuatan menggigit melemah.

manusia purba mengurangi kebutuhan untuk otot mengunyah besar dengan memasukkan daging ke dalam diet mereka, Makan daging mentah dan membuat alat-alat batu mungkin berada di balik gigi kecil dan wajah manusia dibandingkan dengan kerabat kuno mereka
Manusia purba mengurangi kebutuhan makan dengan memasukkan daging ke dalam diet mereka. Makan daging mentah dan membuat alat-alat berburu dari batu sebagai kegiatan harian dalam mencukupi kebutuhan makan harian di masanya bersama kerabat kuno mereka. Foto by :  Raul Martin / MSF / Science Photo Library.
Menulis dalam jurnal Nature , Katherine Zink , sebuah evolusi biologi peneliti manusia di Harvard , dan Daniel Lieberman mengusulkan bahwa kenaikan daging - makan di hominims hanya mungkin setelah nenek moyang kita mulai menggunakan alat untuk membantu mereka memproses makanan mereka .
Menulis dalam jurnal Nature, sebuah evolusi biologi peneliti manusia di Harvard, Katherine Zink dan Daniel Lieberman mengusulkan bahwa konsumsi daging sebagai bahan makan manusia purba, hanya mungkin dilakukan setelah nenek moyang kita mulai menggunakan alat untuk membantu dalam memproses makanan mereka .
Adapun memasak belum jadi kebiasaan hingga 500.000 tahun lalu sehingga tak berdampak siginifikan pada evolusi gigi dan otot mengunyah. Dalam riset, ia dan Zink pun coba memberi makan orang dewasa dengan daging dan jenis sayur yang dikomsumsi nenek moyang manusia.

Dengan konsumsi makanan yang sepertiganya berupa daging serta memakai alat batu untuk mengiris daging dan menumbuk sayur, intensitas mengunyah pada manusia purba 17 persen lebih jarang dan 26 persen tanpa kekuatan. " Simpanse butuh setengah hari untuk mengunyah, " ucap Lieberman.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / JOG.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.