ON LINE

Followers

IKAN TAK MEMILIKI LEHER KARENA PERSULIT BERENANG CEPAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 22 Agustus 2016

Ciri yang membedakan antara ikan dan binatang lain adalah leher. Ikan tidak memiliki leher karena mempersulit berenang cepat. Saat ikan mengembangkan leher, dikategorikan sebagai jenis binatang lain. Binatang peralihan dari ikan jadi binatang lain karena punya leher ditemukan pada makhluk Tiktaalik roseae, makhluk separuh ikan, separuh hewan berkaki empat, yang hidup 375 juta tahun silam.

Fosil ikan itu ditemukan di Pulau Ellesmere, utara Kanada, tahun 2004. Kurator paleontologi pada Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Drexel, Philadelphia, Amerika Serikat, Senin ( 18/4 ), mengatakan, sebagai ganti leher, ikan punya serangkaian tulang yang menghubungkan tengkorak dengan tulang bahu yang menempel pada sirip, seperti tulang selangka ( klavikula ) dan tulang belikat ( skapula ). " Tulang pengganti leher itu mendukung tubuh bagian depan, baik itu sirip maupun lengan, " katanya.

Gambar ini menunjukkan rekonstruksi Tiktaalik roseae . Seorang ahli mengatakan kepada Live Science, jika ikan memiliki leher, maka bisa disebut bukan ikan, melainkan masuk dalam klasifikasi hewan lain. Tapi para ahli juga menyebutkan bahwa nenek moyang ikan dulunya memang memiliki leher. Ikan tersebut yaitu Tiktaalik roseae, yang hidup sekitar 375 juta tahun lalu selama periode Devonian. Para ilmuan menjelaskan bahwa T. roseae memang bisa disebut ikan, tapi di sisi lain makhluk ini merupakan bagian dari tetrapoda atau hewan berkaki empat. Gambar kredit : Tyler Keillor / Beth Rooney .
Gambar ini menunjukkan rekonstruksi Tiktaalik roseae . Seorang ahli mengatakan kepada Live Science, jika ikan memiliki leher, maka bisa disebut bukan ikan, melainkan masuk dalam klasifikasi hewan lain. Para ahli juga menyebutkan bahwa nenek moyang ikan dulunya memang memiliki leher.
Ikan tersebut yaitu Tiktaalik roseae, yang hidup sekitar 375 juta tahun lalu selama periode Devonian. Para ilmuan menjelaskan bahwa T. roseae memang bisa disebut ikan, tapi di sisi lain makhluk ini merupakan bagian dari tetrapoda atau hewan berkaki empat.
Seiring waktu, beberapa jenis ikan berubah bentuk, kehilangan beberapa tulang penghubung tengkorakdengan bahu. Ikan T roseae yang masuk jenis ikan bersirip lobus, seperti ikan purba coelacanth, misalnya, kehilangan tulang penghubung tengkorak dengan bahu dan membentuk leher.

Proses transisi dari ikan ke binatang berkaki empat itu berlangsung selama 20 juta tahun. Leher itu sangat berguna untuk mencari mangsa di air tawar yang dangkal. " Leher memungkinkan kepala hewan bergerak bebas, memutar kepala secara cepat untuk menangkap mangsa atau bernapas, " ujarnya.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW /Gambar kredit : Tyler Keillor / Beth Rooney ..

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.