ON LINE

Followers

TURIS ASING GAGAP MENGGUNAKAN WC JONGKOK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 19 Januari 2016

Kyoto, salah satu daerah tujuan wisata terpopuler di Jepang, memutuskan mengambil tindakan untuk masalah berbau yang ditimbulkan oleh turis asing. " Kami melihat meningkatnya jumlah orang dari luar negeri yang salah menggunakan toilet kami berdasarkan norma budaya mereka sendiri, " kata Chikashi Kono, pejabat kota Kyoto yang mengurusi soal higiene. Ini katanya kepada Japan Time, adalah karena perbedaan antarbudaya.

Misalnya, beberapa turis asing tidak tahu cara menggunakan WC jongkok dan salah hadap. Turis yang berasal dari negara-negara di mana tisu WC dibuang di tempat sampah di dekatnya membawa kebiasaan itu. Ia tak menyadari bahwa di Jepang tisu WC seharusnya dibuang ke toilet dan disiram sehingga tidak meninggalkan bau.

Di Jepang, tissu toilet yang habis dipakai dialirkan ke toiletnya, bukan dibuang ke kotak sampah. Di toilet wanita, mungkin tersedia kotak sampah yang kecil tetapi itu untuk tempat buang pembalut bekas pakai, bukan tempat buang tissu toilet.
Di Jepang, tissu toilet yang habis dipakai dialirkan ke toiletnya, bukan dibuang ke kotak sampah. Di toilet wanita,  tersedia kotak sampah kecil untuk tempat buang pembalut bekas pakai, bukan tempat buang tissu toilet.
Untuk mencegah insiden-insiden itu, Kyoto, yang Juli lalu ditetapkan oleh sebuah majalah perjalanan Amerika Serikat sebagai salah satu kota terbaik dunia, memasang instruksi penggunaan toilet umum di Jepang. Stiker itu yang memberi penjelasan dalam bahasa Jepang, Inggris, Korea, dan Mandarin, antara lain berupa instruksi cara menggunakan WC jongkok. Juga penjelasan cara mengaktifkan sensor siram toilet.
Ilustrasi Kartun : Didie SW.
Ilustrasi Kartun : Didie SW.
" Kami harap stiker itu membantu orang untuk mengerti cara yang tepat menggunakan toilet, kata Ono. Karena stiker yang dipasang sejak akhir Juni itu, insiden berbau berkurang signifikan, katanya.

Miturut data pemerintah, 11,05 juta turis asing datang ke Jepang pada Januari-Juno, naik 46,9 persen dari periode sama tahun lalu. Pengunjung terbanyak adalah turis asal Tiongkok, Korea, dan Taiwan.

AP / Japan Times /DI.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.