ON LINE

Followers

BUAYA TIDUR DENGAN MEMBUKA SATU MATA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 28 Januari 2016

Buaya bisa tidur dengan satu mata terbuka sebagai mekanisme pertahanan diri. Itu merupakan hasil riset peneliti Australia yang dimuat dalam Journal of Experimental Biology. Para peneliti mengatakan, buaya mungkin tidur dengan setengah bagian otak beristirahat dan setengah bagian lain tetap aktif dan waspada.

Tidur dengan sebelah mata terbuka atau biasa disebut dengan istilah unihemispheric sleep, yang berarti setengah otak hewan dimatikan saat tidur, dan satunya lagi tetap siaga mendeteksi perubahan fisik yang terjadi di lingkungan sekitar. Pada saat kondisi tidur itulah, mata secara neurologis terhubung ke bagian otak yang tetap siaga.
Buaya tidur dengan satu mata terbuka atau biasa disebut dengan istilah unihemispheric sleep, yang berarti setengah otak buaya dimatikan saat tidur,  satunya lagi tetap siaga mendeteksi perubahan fisik yang terjadi di lingkungan sekitar. Pada saat kondisi tidur itulah, mata buaya secara neurologis terhubung ke bagian otak yang tetap siaga.
Riset menunjukkan, buaya tidur dengan cara demikian, terutama saat ada manusia. " Saat di satu ruangan, buaya mengawasi manusia. Setelah manusia pergi, buaya membuka salah satu matanya, mengarah ke lokasi manusia terakhir berada, " kata penulis riset John Lesku, dari La Trobe University, di Melbourne Australia, Kamis ( 22/10 ).

Percobaan dijalankan di akuarium, dilengkapi kamera inframerah, memantau buaya-buaya muda siang dan malam, termasuk menempatkan manusia dan buaya muda lain pada kesempatan berbeda di satu ruang untuk periode tertentu. Sejumlah hewan lain punya mekanisme tidur, yakni unihemispheric sleep. Walrus dan lumba-lumba kemungkinan tidur dengan satu mata terbuka demi memastikan mereka tetap di kelompoknya.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / JOG.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.