ON LINE

Followers

NYAMUK MENDETEKSI AROMA MANGSA TERLEBIH DULU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 21 Agustus 2015

Sudah menjadi pengetahuan umum peneliti bahwa nyamuk melihat, mencium aroma, dan mendeteksi panas tubuh mangsa saat mencari makan. Namun, bagaimana seluruh sensor itu bekerja merupakan temuan baru, yang dikemukakan para ahli biologi lewat jurnal Current Biology. Tim peneliti menyimpulkan strategi nyamuk berburu adalah melalui tiga tahap.

Nyamuk dapat dengan mudah mencari mangsa dengan cara mengidentifikasi emisi karbondioksida dari nafas. Sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa nyamuk dapat mendeteksi emisi karbondioksida dari jarak sejauh 164 kaki atau sekitar 50 meter. Oleh karenanya, orang dewasa lebih sering digigit nyamuk dibandingkan bayi atau anak-anak.
Nyamuk dapat dengan mudah mencari mangsa dengan cara mengidentifikasi emisi karbondioksida dari nafas. Sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa nyamuk dapat mendeteksi emisi karbondioksida dari jarak sejauh 164 kaki atau sekitar 50 meter. Pada umumnya orang dewasa lebih sering digigit nyamuk dibandingkan bayi atau anak-anak.
Dickinsson, peneliti
Michael Dickinson, peneliti nyamuk mencari mangsa untuk dihisap darahnya.
Pertama mendeteksi aroma, terutama CO2 atau karbondioksida dari jarak 10-50 meter, mencari sesuatu yang menarik secara visual pada rentang 5-15 meter, dan terakhir menyasar target dengan mendeteksi panas tubuh. Kunci penemuan ini adalah memisahkan tiga macam rangsangan tadi saat percobaan dengan nyamuk-nyamuk betina lapar.

Rangsangan titik hitam pada lantai suatu terowongan angin, dan rangsangan panas oleh piring kaca yang tembus pandang dan dipanasi. " Nyamuk hanya menghiraukan rangsangan visual setelah mendeteksi aroma yang menandakan kehadiran mangsa di dekatnya, " ujar Michael Dickinson, penulis sensor studi, seperti dikutip BBC, Kamis ( 16/7 ).

Sumber : Kilas Iptek / BBC / JOG.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.