ON LINE

Followers

TEROWONGAN KERETA API BAWAH AIR TERDALAM DI DUNIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 20 Juni 2015

Ketika terowongan kereta api Marmaray di Istanbul, Turki, dibuka pada 2013, terowongan ini merupakan jalur kereta pertama yang menghubungkan Eropa dengan Asia. Dengan panjang 13,6 kilometer dan melintas di bawah Selat Bosphoros yang rawan gempa, proyek pembangunan bernilai 4 miliar dollar AS alias Rp 51,37 triliun ini dibangun sekitar satu dekade akibat kendala teknis ataupun eksvakasi yang menyebabkan Marmaray dijuluki terowongan rumit.
 
Istanbul adalah kota kuno yang dibangun dari sejumlah kota sebelumnya. Tak lama setelah penggalian dimulai, para pekerja menyentuh bagian yang dahulu merupakan Harbor of Theodosius. Akibatnya, penggalian di wilayah yang merupakan bagian dari era Romawi Timur ini dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga target penggalian tertunda sampai bertahun-tahun.

Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.
Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.
Pembangunan Terowongan Marmaray, Turki. (Foto:alarabiya.net). ISTANBUL ...
Pembangunan Terowongan Marmaray, Turki. (Foto:alarabiya.net). ISTANBUL .
Karyawan bekerja di Terowongan Marmaray bawah laut Bosphorus di Istanbul. Marmaray adalah proyek transportasi kereta api bawah laut.
Karyawan bekerja di Terowongan Marmaray bawah laut Bosphorus di Istanbul. Marmaray adalah proyek terowongan kereta api bawah laut.
Kekhawatiran akan gempa juga memperpanjang pemundaan karena para ahli kemudian mengembangkan metode untuk memitigasi kemungkinan terjadinya kerusakan akibat gempa. Ditetapkannya kedalaman 58 meter di bawah Selat Bosphoros karena pertimbangan keamanan struktur bangunan. Akibatnya, terowongan ini merupakan terowongan kereta api bawah air terdalam di dunia.

Terowongan ini ditutupi dengan baja dan beton tebal serta dalam setiap bagian ( tube ) terdapat sambungan dari baja dan karet yang membuatnya fleksibel ketika terkena guncangan. Ide terowongan di bawah selat Bosphoros pertama kali dilontarkan pada tahun 1800-an oleh seorang sultan pada masa Ottoman. Namun, tentu saja sang sultan waktu itu tidak pernah membayangkan bahwa akan ada kereta yang mengangkut 75.000 orang per jam melewati Marmaray.

Sumber : Geo Week.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.