ON LINE

Followers

SANDRA ASAL SUMATERA AKHIRNYA BEBAS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 18 Maret 2015

Burung dalam sangkar yang dikurung pemilknya jika bisa ngomong di akhir tahun 2014 ini pasti ingin sekali-kali bebas terbang di luar sangkar. Namun apa daya, si pemilik yang hobi memelihara burung tentu tidak ingin burung klangenannya ini lepas terbang keluar sangkar. Untuk itulah setiap hari si pemilik akan memeriksa kelayakan sangkar burung agar tetap terjaga kuat kisi-kisinya, jika ada yang kendor tautannya, akan dikencangkan dengan kawat.

Sandra, orangutan 29 tahun, digambarkan di kebun binatang Buenos Aires, Senin. Sandra mendapat dibersihkan untuk meninggalkan kebun binatang Buenos Aires dia telah menelepon ke rumah selama 20 tahun, setelah pengadilan memutuskan ia berhak untuk kondisi hidup yang lebih diinginkan. Foto oleh Juan Mabromata / AFP / Getty Images
Sandra, orangutan asal Sumatera, Indonesia ( 29 ) menempati kandang di kebun binatang Buenos Aires, Senin ( 22/12 ) jelang kebebasannya. Akhirnya Sandra dapat meninggalkan kebun binatang Buenos Aires setelah Pengadilan Buenos Aires  memutuskan,  ia berhak  hidup bebas. Foto oleh Juan Mabromata / AFP / Getty Images
Berbeda dengan kisah burung dalam sangkar yang terkurung dan ingin lepas sejenak, Orangutan yang dikurung di kebun binatang Argentina dapat dibebaskan dan dipindahkan ke tempat perlindungan setelah hari Minggu ( 21/12 ) lalu, pengadilan memutuskan primata khas Indonesia itu sebagai nonhuman person. Artinya status Orangutan Indonesia yang berada di kebun binatang Argentina selama ini, menyandang predikat sebagai Orangutan yang kebebasannya dirampas secara tidak sah. Karena itulah Sandra, Orangutan berusia 29 tahun asal Sumatra bisa bebas setelah aktivis hak-hak hewan mengajukan petisi kepada pengadilan Buenos Aires, Argentina.

Dalam gugatannya, miturut Kilasan Kawat Sedunia, aktivis menekankan, primata Orangutan mempunyai fungsi kognitif yang cukup sehingga tidak boleh diperlakukan sebagai obyek. Pengadilan akhirnya memutuskan, Sandra yang sebelumnya dikurung di Jerman, dua dekade lalu, layak mendapatkan hak sebagai nonhuman person. " Ini membuat jalan, bukan hanya bagi kera-kera besar lainnya, melainkan juga bagi hewan-hewan lainnya yang kebebasannya dirampas secara sewenang-wenang dan tidak adil seperti eksploitasi di sirkus atau laboratoriom ilmiah, " ujar Paul Boumprade, pengacara para aktivis.

Reuters / JOY / Photo by Juan Mabromata /AFP/ Getty Images.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.