ON LINE

Followers

25 PERSEN BAHASA DI DUNIA TERANCAM PUNAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 06 November 2014

Pertumbuhan  ekonomi jadi penyebab sejumlah bahasa di dunia kian punah. Demikian studi terbaru dalam jurnal Proceeding of the Society B. Kini,  25 persen dari total 7.000 bahasa di dunia terancam punah. " Sebagai contoh, Ainu bahasa di Jepang, kini terancam punaah karena hanya tersisa 10 orang  yang memakainya," kata Tatsuya Amano, penulis laporan studi itu, di Universitas Cambridge, Inggris.

Sebelumnya PBB mencatat, sebagian bahasa di  dunia akan  hilang akhir abad ini jika tak ada upaya penyelamatan. " Keberagaman bahasa berasosiasi dengan keragaman budaya yang layak diselamatkan, " katanya, Rabu ( 3/9 ). Amano adalah ilmuwan yang biasa  menggeluti bidang konservasi spesies flora dan fauna.
Berbagai bahasa di kawasan tropis termasuk yang sangat terancam kepunahan. Dr Amano, yang selama ini meneliti tingkat kepunahan hewan, mengatakan bahwa sekitar 25% dari bahasa di seluruh dunia berada di bawah ancaman.
Berbagai bahasa di kawasan tropis termasuk sangat terancam kepunahan. Dr Amano,  selama ini meneliti tingkat kepunahan hewan, mengatakan bahwa sekitar 25% dari bahasa di seluruh dunia berada di bawah ancaman.
Berbagai kata asing yang artinya terima kasih jamak digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Berbagai kata asing yang artinya terima kasih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari saat transaksi ekonomi perdagangan kedua negara.
Ia tertarik pada kesamaan nasib spesies dan bahasa yang terancam punah. Seusai mempelajari bentuk global kerawanan bahasa, Amano dan rekan menentukan bahasa yang dalam kondisi bahaya. Secara global, penurunan jumlah pengguna bahasa umumnya terjadi di daerah yang ekonominya bertumbuh.

Sumber : Kilas Iptek / ICH.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.