ON LINE

Followers

PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BEROLAHRAGA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 10 September 2014

Olahraga memberikan manfaat yang luar biasa bagi kebugaran tubuh. Jika dilakukan secara rutin, tidak hanya kebugaran tubuh yang bisa Anda peroleh, tetapi juga kesehatan jiwa. Karena itu tidak heran mereka yang secara rutin olahraga cenderung sehat dan bagi yang malas berolahraga jangan mengeluh jika badan merasa tidak fit hanya gara-gara masuk angin saja. 

Begitu pentingnya olahraga bagi kebugaran tubuh yang perlu kita perhatikan adalah pemanasan sebelum aktifitas olahraga dilakukan agar tidak menimbulkan cedera. Apa pun jenis olahraga yang kita lakukan, ada baiknya melakukan pemanasan sebelum memulainya. Untuk pemanasan tidak perlu berlama-lama, cukup 10 menit saja sudah bagus. 

Untuk latihan kebugaran bisa melakukan lima kali gerakan sebelum sesi latihan utama olahraga dilakukan. Lalu apa manfaat dan fungsi pemanasan sebelum olahraga dimulai ?
Tanpa pemanasan dan peregangan, Anda tak hanya berisiko cedera, tapi juga membatasi rentang otot-otot yang pada akhirnya berujung pada nyeri dan kaku otot. Membiasakan diri untuk melakukan peregangan secara teratur memberikan manfaat di antaranya melenturkan otot, sehingga memudahkan pergerakan dan fleksibilitas yang lebih baik.

Membiasakan diri untuk melakukan peregangan secara teratur memberikan manfaat di antaranya melenturkan otot, sehingga memudahkan pergerakan dan fleksibilitas yang lebih baik. Setelah peregangan dan pemanasan dilakukan, saatnya kita mulai dengan berolahraga. Semua bertujuan untuk mendapatkan kebuagaran dan kesehatan tubuh yang prima.
Pemanasan sangat penting karena melibatkan pergerakan otot sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan melakukan pemanasan sebelum gerakan tubuh, maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot untuk menguatkan otot tulang, jantung, paru-paru, serta memperlancar peredaran darah. Menurut Gerai Fit, pemanasan bisa dilakukan tanpa bantuan alat apa pun, misalnya dengan cara berlari-lari kecil di tempat sampai tubuh berkeringat selama 5 hingga 15 menit.

Selanjutnya kita lakukan peregangan otot selama beberapa menit agar lebih lentur. Pemanasan dan peregangan kita lakukan dalam kapasitas yang ringan dan rendah. Tak usah berlebihan, misalnya kalau dia sudah belajar Inti Reiki dapat melakukan meditasi gerak pribadi. Jika yang muncul gerakan ala Tai Chi kita ikuti saja pola gerakan tubuh sesuai dengan getaran energi yang mengalir dalam tubuh.

Setelah pemanasan ini kita lakukan dengan benar, mari kita lanjutkan dengan olahraga sesungguhnya dalam keseharian sesuai dengan minat dan bakat yang kita tekuni. Anda dapat melakukan olahraga badminton, berlari atau senam kesegaran jasmani. Kalau saya lebih memfokuskan olahraga jalan kaki sambil menyerap energi hijau daun sepanjang rute perjalanan, untuk kesehatan mata, mengingat aktifitas keseharian, mata sering terpapar sinar yang terpancar dari layar monitor komputer, membuat mata cepat lelah.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.