ON LINE

Followers

SEPEREMPAT JENIS HIU DAN PARI TERANCAM PUNAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 21 Mei 2014

Seperempat jenis hiu dan pari menghadapi kepunahan pada beberapa dekade mendatang. Demikian taksiran Badan Konservasi Dunia ( IUCN ) Grup Spesies Hiu yang dipimpin Nick Dulvy dari Simon Fraser University Canada Research Chair in Biodiversitya and Conservatioan di British Columbia yang dipublikasikan di Jurnal eLife dan dikutip Livescience, Selasa ( 21/1 ).

Survei jumlah hiu dan pari di laut dan pantai menunjukkan, 249 dari 1.041 jenis hiu dan pari secara global akan masuk dalam tiga kategori terancam pada Daftar Merah IUCN. " Tidak ada kawasan perlindungan nyata bagi hiu yang aman dari penangkapan berlebih, " kata Dulvy.


Nick Dulvy peneliti dari
Nick Dulvy peneliti dari Simon Fraser University Canada.
Selama dua dekade peneliti menggunakan kategori dan Daftar Merah IUCN pada 1.041 spesies pada 17 lokakarya yang melibatkan 300 ahli. Mereka menghubungkan semua informasi terkait distribusi, penangkapan, tren populasi, pemanfaatan habitat, ancaman, dan ukuran konservasi.

Hasilnya, hiu dan pari berisiko tinggi mengalami kepunahan dibanding hewan lain. Titik utama penurunan populasai hiu dan pari terdapat di Indo Pasifik, Laut Merah, dan Laut Mediterania. " Hiu dan pari terancam bahaya karena biasanya hidup di perairan relatif dangkal yang masih terakses alat tangkap perikanan, " kata Dulvy.

Di Indonesia, perlindungan terhadap hiu dan manta ( sejenis pari ) baru sebatas spesies tertentu. Namun, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat telah menerbitkan larangan menangkap segala jenis hiu dan manta di perairannya.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / ICH.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.