ON LINE

Followers

TANAMAN OBAT ADA DI SEKITAR KITA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 23 Oktober 2013

Ora ono sing nyangkal, yen kesehatan iku regane ora iso dipetungake, maksudnya tak ada yang menyangkal soal kesehatan itu tak ternilai harganya. Karena itu banyak pihak setuju untuk mencari sehat harus tahu jurusnya. Selain menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga bisa jadi  pilihan yang tidak boleh diabaikan.

Mengapa untuk sehat perlu olahaga? Sebab menurut penelitian para pakar kesehatan, dengan aktif bergerak setiap hari minimal setengah hingga satu jam, akan membakar kalori sekaligus meluruhkan lemak yang ada dalam tubuh dalam bentuk keringat. Syukur kalau pelaku sehat yang ingin terus mempertahankan kesehatannya, selain olahraga dia juga harus taat azas untuk mendisiplinkan diri cukup istirahat dan mengatur pola pikir positif dalam setiap kegiatan.

Kalau zaman sekarang saat sakit orang sudah dimanjakan dengan pelayanan kesehatan yang tersedia di sembarang tempat. Ada rumah sakit, praktek dokter, klinik kesehatan dan tentu saja dilengkapi dengan apotek. Saat tubuh sudah merasakan tidak nyaman, buru-buru jasa kesehatan didatangi agar mendapatkan kesehatan kembali.

Namun di jaman dulu saat jasa pelayanan kesehatan masih minim, orang kuno memanfaatkan bahan alam untuk pengobatan. Mereka memanfaatkan kekayaan hayati alam Indonesia sebagai bahan utama obat-obatan. Salah satu contoh adalah tanaman obat di sekeliling kita bisa dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan ataupun obat cespleng.

Tanaman obat sebagai media pengobatan banyak jenisnya. Ada brotowali, kumis kucing, buah merah Irian, dan tentu saja temulawak. Tanaman-tanaman itu jika dimanfaatkan dengan baik berguna untuk mengatasi keluhan penyakit, seperti diare, darah tinggi, diabetes, hiperkolesterol, hepatitis, asam urat, asma, batu ginjal, rematik, batu empedu, keputihan dan obesitas.
Temulawak sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Menurut beberapa sumber temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia, yang menyebar keberbagai negara seperti Malaysia, Cina bagian selatan, Thailand, Birma, India dan Filipina.
Temulawak sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Menurut beberapa sumber temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia, yang menyebar keberbagai negara seperti Malaysia, Cina bagian selatan, Thailand, Birma, India dan Filipina.
Saya ambil salah satu tanaman obat yaitu temulawak. Nama ilmiahnya Curcuma xanthorrhiza yang di Jawa Barat disebut koneng gede, merupakan tanaman asli Indonesia. Sangat bermanfaat untuk kesetahan dan obat nafsu makan, juga mengobati macam penyakit.

Rimpang atau umbi yang menempel pada temulawak dimanfaatkan secara maksimal untuk memperbaiki fungsi pencernaan, memelihara kesehatan fungsi hati, mengurangi nyeri sendi dan tulang, menurunkan lemak darah, dan menghambat penggumpalan darah.  Dalam sejarahnya, temu lawak sudah digunakan nenek moyang sejak dulu untuk menjaga kesehatan.

Murah dan mudah didapat di sekitar kita bila sedang diperlukan untuk media pengobatan. Generasi penerus di jaman sekarang telah melakukan penelitian temulawak sekaligus mengembangkan tanaman obat sebagai media obat mendampingi obat kimia. Kini tinggal kita memanfaatkan secara maksimal dengan satu tujuan, generasi sekarang harus sehat dan juga mau mencoba pengobatan herbal. Anda mau ?

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.