ON LINE

Followers

MIKRONESIA PULAU KECIL DI PASIFIK BARAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 08 Oktober 2013

Memang asyik belajar geografi tatkala di sekolah menengah pertama dulu. Sekalipun seumur hidup belum tentu kita sempat berkunjung ke negeri seberang yang ditulis dalam buku pelajaran geografi itu, mengenal negeri lewat kunjungan orang lain yang lalu menuliskan pengalamannya berkunjung ke negeri itu, pantas pula kita simak. Siapa tahu lewat tulisan yang ditorehkan dalam artikel itu, pikiran sudah sampai ke negeri yang dituju dan seakan-akan kita sudah ada di wilayah itu.

Salah satu hal menarik dalam pelajaran geografi smp dulu adalah adanya negeri-negeri mungil nan elok yang dikelilingi oleh lautan luas atau samudra. Salah satu negeri mungil dengan luas daratan hanya 3,180 kilometer persegi adalah Kepulauan Mikronesia dengan luas  hampir sama dengan luas Pulau Rhode. Kepulauan   ini terdiri atas ribuan pulau kecil di Pasifik barat yang dibagi dalam tiga kelompok etnis dan geografis.


Jumlah penduduk Mikronesia sekitar 600.000 orang yang mendiami negeri kepulauan nan indah di Samudra Pasifik.
Jumlah penduduk Mikronesia sekitar 600.000 orang  mendiami negeri kepulauan nan indah yang dikelilingi Samudra Pasifik. Dalam peta, Mikronesia terletak sebelah timur Filipina dan sebelah barat Hawai.
Tiga kelompok etnis yang mendiami Kepulauan Mikronesia adalah, Melanesia, Mikronesia dan Polenisia. Mikronesia adalah wilayah terletak di  timur Filipina yang terdiri dari Caroline, Gilbert, Mariana, dan Kepulauan Marshall ditambah Pulau Nauru dan Wake. Adapun Kepulauan Caroline terdiri dari Pulau Palau yang independen dan konfederasi Mikronesia, yaitu Chuuk, Kosrae , Pohnpei, dan Yap.

Republik Kiribati meliputi sebagian besar wilayah Kepulauan Gilbert, sedangkan Kepulauan Mariana terbagi antara teritori AS ( Guam ) dan Kepulauan Mariana Utara seperti juga Puerto Riko yang merupakan persemakmuran AS. Kepulauan Mariana ini memiliki pemerintahan terbatas di bawah administrasi AS.
Peta Kepuluan Mikronesia.
Peta Kepuluan Mikronesia.
Republik Kepulauan Marshall merupakan negara independen yang memiliki hubungan kuat dengan Amerika Serikat. Sebelah selatan Kepulauan Marshall terletak Nauru, sebuah negara kepulauan independen  dulu dikenal dengan nama Pulau Pleasant. Sedangkan Pulau Wake yang mungil terletak sebelah utara Kepulauan Marshall, merupakan teritori yang sebagian besar wilayahnya digunakan untuk pangkalan udara AS.

Mikronesia merupakan pertemuan beragam etnis dan bahasa yang berasal dari sejumlah suku asli di situ. Wilayah ini juga dibentuk oleh kekuatan asing, seperti Inggris, Jerman, Jepang, Spanyol, dan Amerika Serikat. Bagaimana pun Mikronesia tetap indah suasana kepulauannya dan menjadi daya tarik  tersendiri para pelancong  berduit dari Jepang untuk berlibur di kepulauan ini.

Sumber : Geo Weeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.