ON LINE

Followers

POLUSI UDARA TINGKATKAN SERANGAN JANTUNG.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 29 Februari 2012 0 komentar

Polusi asap kendaraan bermotor di jalan dan asap cerobong pabrik akan membuat udara tercemar sehingga tidak baik untuk kesehatan pernapasan. Selain itu menghirup udara kotor membuka peluang terjadinya serangan jantung. Demikian kajian dari Hazrije Mustafic dan kolega dari Pusat Penelitian Kardiovaskuler Paris, Perancis.



Penelitian yang dimuat dalam Jurnal Asosiasi Kesehatan Amerika ini melaporkan, risiko serangan jantung meningkat akibat paparan polutan utama kecuali ozon. Mereka menganalisis 34 penelitian yang membandingkan risiko penderita serangan jantung pada tingkat berbeda dari polusi udara hasil industri dan kendaraan, termasuk karbon monoksida, nitrogen dioksida dan jelaga.



Laporan ini memasukkan kajian terhadap 300.000 pasien serangan jantung yang dikonfirmasi dari catatan rumah sakit serta catatan penyakit dan kematian. " Semua polusi udara utama kecuali ozon, secara signifikan berhubungan dengan peningkatan risiko serangan jantung, " tulis mereka seperti dikutip Reuters, Rabu ( 15/2 ).


Asap dari pabrik adalah salah satu penyebab polusi udara. Polusi udara rata-rata dihasilkan dari gas buang kendaraan bermotor atau asap-asap pabrik. Dengan adanya asap-asap itu, udara menjadi kotor dan kita yang menghirupnya juga akan merasa sesak.


Peningkatan konsentrasi polutan dari 10 mikrogram per kubik meter udara, tipe standar yang digunakan untuk mengukur bahaya, diasosiasikan dengan satu sampai tiga persen peningkatan serangan jantung pada minggu berikutnya. Ketika orang menghirup polusi udara, partikel kecil dapat mencapai paru dan terbawa aliran darah ke jantung.



Polusi dapat memengaruhi kemampuan pembuluh darah untuk mengembang dan berkontraksi dalam rangka menjaga stabilitas tekanan darah. Hal ini dijadikan bukti oleh para peneliti bahwa polusi udara bisa meningkatkan stroke.



Sumber : Reuters/ELN.

Read More..
|
| edit post

GEN MEMPENGARUHI KETAJAMAN OTAK.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Kepintaran seseorang umumnya diwariskan lewat gen. Namun apakah ketika orang menjadi tua dapat menjadi kakek dan nenek yang pintar? Itu tergantung pada gen dan lingkungan. " Kita belum dapat memperkirakan seberapa banyak pengaruh perbedaan genetik terkait kepintaran orang sepanjang hidupnya, " kata Ian Deary, peneliti pada Universitas Edinburg, Inggris.



Penelitian dilakukan terhadap 1940 warga Skotlandia yang intelegensianya diukur pada usia 11 tahun. Orang itu diukur lagi pada usia 65, 70 dan 79 tahun. Peneliti juga mengumpulkan data gen dari contoh darah. Peneliti menemukan bahwa intelegensia dapat diwariskan dari orangtua ke anak.



Kepintaran bukan dari satu gen, tetapi pengaruh dari banyak gen dan gen yang sama mempengaruhi intelektualitas di masa muda atau tua. Ditemukan intelegensia berubah karena pengaruh lingkungan.



Peneliti mengatakan, 25 persen perubahan intelektualitas karena gen. Sisanya akibat lingkungan. Gen-gen yang terlibat dalam perubahan kognitif yang berkaitan dengan penyakit demensia. Penelitian itu dipublikasikan di jurnal Nature dan dikutip Livescience, Rabu ( 18/1 ).



Sumber : Livescience/ELN.

Read More..
|
| edit post

PEGAWAI DIBAYARI UNTUK MABUK.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 28 Februari 2012 0 komentar

Paguyuban ngunjuk ciu atau disingkat pangunci sebutan untuk kelompok orang yang hobi minuman keras, pernah saya dengar ucapan ini lewat gurauan penyiar wanita pada radio swasta di Solo awal Janurai 12 kemaren. Dalam gurauannya di radio itu, sang penyiar mengatakan bahwa orang yang sudah terbiasa mabuk minuman keras, sehari saja tidak menyentuh minuman berakohol, maka dirinya akan serba salah tingkah. Yang lebih menyedihkan lagi menghilangkan kebiasaan mabok ini tidak segampang membalik telapak tangan.



Lebih memprihatinkan lagi hobi menenggak minuman keras ini makin lama makan banyak saja pelakunya. Dulu orang mabuk biasanya dari kalangan orang dewasa sekarang ini anak pelajar sekolah saja sudah banyak yang teler akibat minuman keras. Gejala ini karena lemahnya pengawasan orang tua terhadap anaknya yang salah bergaul dengan orang yang hobi minuman keras juga lingkungan pergaulan dengan teman-temannya.



Orang mabuk bisa datang dari kalangan orang terpandang dalam masyarakat yang seharusnya memberi contoh positip pada lingkungannya. Misalnya ada pegawai yang sudah mempunyai penghasilan sendiri tetapi justru masih hobi minum-minuman keras secara sembunyi-bunyi. Lebih menyedihkan jika gaji yang diterimanya malah dibelanjakan untuk membeli minuman keras.



Karena masih ada pegawai yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk dalam berhubungan dengan minuman berakohol, maka sebuah kantor pemerintah yang baik hati baru-baru ini berani membayari 15 pegawainya untuk mabuk berjamaah. Berita ini bukan terjadi di Indonesia tetapi di Florida AS. Adalah Departemen Penegakan Hukum Florida ( FDLE ) mengaku telah membayari 15 pegawai untuk mabuk agar bisa mengetes akurasi alat penguji pernapasan Intoxilyzer 8000.



Tentu saja mabuk gratis sebagai uji coba ini disambut baik oleh pegawai bersangkutan. Mereka didapuk seolah-olah bertugas menjadi sopir angkutan umum. Akting mabuk 15 pegawai yang memerankan sopir dilakukan bersama-sama Desember 11 lalu saat jam kantor sedang berlangsung. Di depan panel hakim di Sarasota, Florida AS, alat uji pengetes kadar alkohol dilakukan kepada 15 pegawai untuk menguji akurasi alat itu bekerja.



FDLE mengungkapkan telah mengeluarkan uang 330 dollar AS atau hampir Rp. 3 juta untuk membeli sejumlah minuman berakohol untuk 15 pegawainya ini. Seperti diberitakan Sarasota Herald Tribune, hakim meragukan kebenaran pengujian yang menghabiskan dana hingga 8000 dollar AS karena hasil tes darah 15 pegawai itu tak disertakan dalam sidang.



Akhirnya hakim mempertimbangkan untuk menghentikan penggunaan alat itu di Sarasota dan Manatee setelah penyelidik menemukan banyak alat yang tak berfungsi. Gara-gara itu juga, hasil uji pernapasan pada 100 kasus di dua kota itu dibatalkan oleh pengadilan. Pegawai yang dijadikan kelinci percobaan untuk mengetes alat ini tidak ambil pusing akan hasil akhir akting mabuknya, sebab mereka sudah senang mendapat bayaran untuk akting mabuk.

Read More..
|
| edit post

HIPNODONTIA UNTUK PASIEN SAKIT GIGI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Anda tentu pernah sakit gigi bukan? Rasa tidak nyaman karena gigi berlubang akan membuat kepala terasa senut-senut. Yang lebih menggemaskan karena sakit gigi, nafsu makan akan berkurang mengingat gigi sebagai alat untuk mengunyah makanan tidak berfungsi maksimal. Bahkan jika sakit gigi sudah mengarah pada bengkaknya gusi, rasa tidak enak pada kepala akan terasa sekali sakitnya.



Satu-satunya jalan adalah segera memeriksakan gigi ke dokter gigi. Jika diagnose sudah mengarah ke gigi berlubang, alternatifnya gigi harus ditambal atau dicabut kalau memang gigi itu sudah rusak. Masalahnya banyak pasien sakit gigi mengeluhkan rasa tidak nyaman saat proses pencabutan gigi. Padahal proses pencabutan gigi tentu disertai pembiusan lokal agar pasien merasa nyaman saat giginya dicabut.



Ketakutan berlebihan penderita gangguan gigi membuat pengobatan dokter gigi terhambat. Agar pasien lebih nyaman dengan tindakan medik yang dilakukan, sebagian dokter gigi memperkenalkan teknik hipnodontia, yaitu gabungan hipnosis dengan praktik kedokteran gigi. Lalu apa itu hipnosis ?



" Hipnosis merupakan cara berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar, tetapi justru pasien dalam tingkat kesadaran tertinggi, " kata dokter spesialis gigi bedah mulut dan master program neurolinguistik, Chairunnisa Amarta, saat meluncurkan buku Hypnodontia, Kamis ( 16/2 ) di Jakarta. Hipnosis yang dilakukan tidak membuat pasien tertidur seperti dalam acara hiburan di televisi. Pasien tetap sadar merasa lebih nyaman, tidak cemas dan tidak merasa sakit.



Gelombang otak yang dipancarkan pasien yang sedang dihipnosis berada antara gelombang alfa dan theta. Pada kondisi ini orang akan merasa seperti awal meditasi hingga meditasi mendalam. Saat tersadar dari hipnosis, otaknya memancarkan gelombang betha, yakni dalam kondisi sadar dan waspada.


Sebagian besar orang menganggap cabut gigi adalah peristiwa yang sangat horor, karena rasa nyerinya yang membuat orang merinding. Agar cabut gigi tidak jadi mimpi buruk, sebelum mencabut gigi, dokter akan memberikan anestesi (bius) lokal di daerah gigi yang akan dicabut untuk mematikan rasa.


Ketakutan saat berhubungan dengan dokter gigi ada sejak lama. Rendahnya kesadaran memelihara dan memeriksa gigi secara rutin membuat penderita datang ke dokter gigi dalam kondisi sudah parah. Chairunnisa mengakui, dengan penggabungan hipnosis dengan praktek kedokteran masih menimbulkan penolakan banyak kalangan medik. Hipnosis masih dianggap sebagai pseudosains ( ilmu semu ).



Padahal teknik ini sudah diterapkan untuk berbagai pengobatan dan tindakan operasi di beberapa rumah sakit di Belanda dan China. Konsultan dan master program neurolinguistik , Ronny F. Ronodirdjo mengatakan, Asosiasi Dokter Amerika ( AMA ) mendorong pernggunaan hipnosis untuk pengobatan sejak tahun 1958. Di Indonesia pemerintah perlu segera mengatur pemanfaatan hipnosis untuk menghindari penyalahgunaan hipnosis untuk tujuan kejahatan.



Pada manusia, mengetahui sesuatu tidak berarti membuat seseorang berubah karena ada penolakan dalam dirinya, seperti tetap merokok meski tahu itu berbahaya bagi kesehatan dan enggan berolah raga walau kegemukan. " Penolakan ini merupakan faktor kritis. Hipnosis merupakan proses untuk menembus faktor krisis hingga seseorang mau berubah, " kata Ronny.



Kini penggunaan hipnosis makin berkembang. Seperti untuk pengobatan ( hipnoterapi ), menghilangkan rasa sakit saat melahirkan. Juga sangat membantu menguruskan badan dan meningkatkan hubungan suami istri.



Sumber : Lingkungan dan Kesehatan Kompas /MZW.

Read More..
|
| edit post

KEMBALI MEMPRAKTEKKAN MEDITASI GERAK PRIBADI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 27 Februari 2012 0 komentar

Minggu pagi ( 19/2 ) ini saya mengharapkan udara cerah dengan sinar matahari pagi menerpa bumi. Akan tetapi alam berkata lain. Sejak jam 03.00 wib dinihari, Jakarta dan wilayah Tangerang diguyur hujan lebat. Karena itulah untuk mengganti olah raga luar ruang, saya....sehat bersama inti reiki kembali melakukan meditasi gerak pribadi sebagaimana pernah saya peroleh 8 tahun lalu saat mengikuti lokakarya inti reiki.



Tentu Anda pecinta reiki pernah mendengar kata meditasi yang umumnya dilakukan dengan posisi duduk di lantai atau di kursi. Akan tetapi pada meditasi gerak pribadi ini, yang kita latih adalah dengan mengekplorasi gerak pribadi diri kita masing-masing yang memang sudah ada dari sono nya. Jadi anggap saja meditasi gerak pribadi ini sebagai pengganti olahraga luar ruang yang memanfaatkan tanah lapang sebagai tempatnya.



Apa dan apa meditasi gerak pribadi, ikuti yang satu ini setelah Anda minum air putih sebagai persiapan melakukan olahraga meditasi gerak pribadi.

Ketika mendaftar lokakarya Inti Reiki di Gedung Senior di Palmerah Barat Jakarta Pusat 2004, hidup sehat dengan reiki disodori formulir oleh panitia agar diisi data pribadi berikut nama lengkap, alamat rumah, pernah ikut reiki aliran apa dan sederet pertanyaan lain layaknya kita akan melamar pekerjaan. Begitu satu persatu pertanyaan terjawab, ada satu pertanyaan yang cukup membuat saya terkejut. Pertanyaan apa itu?



Pertanyaan yang diajukan dalam formulir itu adalah, " Apakah Anda pernah ikut olah raga bela diri?" Tentu saja saya jawab sejujurnya bahwa saya pernah dan mempraktekkan olah raga Pencak Silat Tangan Kosong Merpati Putih dari tahun 1993 hingga tahun 1997. Namun pertanyaan satu ini cukup mengganjal pikiran saya kenapa mau belajar Reiki kok ada pertanyaan olahraga bela diri. Apa hubungannya?


Praktisi PPS Merpati Putih saat ujian kenaikan tingkat, mematahkan balok es dengan sikut tangan kanannya.


Sebelumnya ketika saya ikut lokakarya reiki dari tradisi lain tak ada pertanyaan macam itu. Setahu saya Reiki adalah teknik penyembuhan kuno berasal dari Tibet 8 abad sebelum Masehi dan muncul kembali di Jepang pada abad 19 Masehi. Reiki adalah teknik mengakses energi alam semesta untuk kesehatan dan kebugaran tubuh yang mengutamakan kepasrahan total kepada Tuhan YME dengan sikap rilek dan meditatip, kok sekarang disodorin pertanyaan, " Apakah pernah ikut organisasi beladiri" ?.



Nah ketika sudah duduk di ruang kelas yang sejuk ber-ac di Gedung Bola itulah saya mendapatkan jawaban. Tradisi Inti Reiki yang saya ikuti ini memang tak ada bedanya dengan tradisi Reiki aliran lain semisal G'Tummo, Tummo, Usui Tibetan, Karuna dan Kundalini Reiki yang sama-sama melatih penggunaan energi alam semesta untuk kesehatan pribadi dan orang lain. Akan tetapi yang membedakan adalah Inti Reiki tidak menggunakan simbol Reiki namun menggunakan kekuatan affirmasi, visualisasi, rileksasi dan melatih meditasi gerak pribadi yang tidak pernah diajarkan oleh reiki tradisi lain.



Meditasi Gerak Pribadi dalam Inti Reiki inilah yang mendasari penggunaan energi yang kita akses untuk menggerakkan anggota tubuh kita layaknya melakukan gerakan senam. Namun sejatinya dengan melatih meditasi gerak pribadi inilah kita bisa memanfaatkan energi untuk penyembuhan kasus penyakit tertentu dalam tubuh. Gerak energi dalam tubuh akan efektif bekerja bila energi yang kita pinta (akses) membuat gerakan sehingga seluruh anggota badan tutur bergerak.



Misalnya menirukan gerakan silat, gerakan penyanyi dangdut bergoyang, senam poco-poco, whusu, break dance dan gerakan lain yang akan muncul secara spontan manakala kita meniatkan energi gerak pribadi bekerja.
Satu persatu peserta lokakarya diminta mempraktekkan meditasi gerak pribadi. Seorang peserta putri yang berdarah etnis China dan pernah berlatih Wushu namun lama tidak dipraktekkan, akhirnya kembali melatih gerakan Wushu.


Dengan mengeksplorasi energi gerak pribadi, maka gerakan tubuh yang muncul akan meniru dengan apa yang diaffirmasikan. Misalnya gerakan senam silat Tai Chi.


Begitu berdiri di arena dan mengafirmasi energi gerak pribadi wushu, bergeraklah anggota tubuh peserta ini menirukan gerakan wushu. Yang mengherankan kendatipun tidak semua peserta lokakarya ini pernah berlatih silat atau menjadi penyanyi dangdut, namun ketika seorang peserta lokakarya diminta Master Inti Reiki untuk mempraktekkan meditasi gerak pribadi Jurus silat Jet Lie, keluarlah jurus silat gaya Jet Lie sebagaimana pernah kita saksikan di layar lebar.



Peserta ini sadar melakukan gerakan silat Jet Lie tapi dia sendiri heran kok bisa padahal tidak pernah belajar silat di negeri China. Nah di sinilah rahasianya. Hanya Inti Reiki lah yang mengeksplorasi energi dalam bentuk gerak. Menurut Dr. Riko Rahardian Master Inti Reiki dalam buku Rahasia Inti Reiki menyebut, Meditasi Gerak Pribadi adalah meditasi gerak, di mana gerak ini dapat dikembangkan menjadi beberapa varian dengan berbagai tujuan.



Varian kesatu teknik MGP menurut umur. Bertujuan untuk awet muda dan memahami keberadaan roh pribadi. Teknik ini dilakukan dengan menambah afirmasi teknik Gerak Pribadi dasar berdasarkan umur. Tahapan melakukan sebagai berikut :



1. Berdiri tegak, kedua tangan di samping.
2. Tutup kedua mata anda.
3. Rileksasikan-Senyum dan Pasrah total lalu kedua lengan tangan diangkat setinggi dada telapak tangan keduanya bertemu. Tetap rilekkan kedua tangan Anda dan afirmasikan, "Ya, Tuhan, mohon berikan saya tenaga dan energi Gerak Pribadi saya ketika umur 20 tahun sekarang ini". (saat itu peserta rata-rata berumur 30 s/d 65 tahun).



Dalam kepasrahan total rasakan keinginan yang muncul merupakan awal dari gerakan tubuh. Ikuti keinginan yang muncul dan turuti baik gerakan tangan, kaki atau badan Anda. Misalkan kita minta dimunculkan gerakan di kala umur 20 tahun padahal saat ini kita berumur 40 tahun, maka gerakan yang muncul spontan akan bergerak cepat, gesit dan full power. Demikian pula ketika peserta yang berumur 25 tahun diminta memunculkan energi gerak umur 70 tahun maka gerakan yang muncul terpatah-patah, lamban dan seakan tidak bertenaga, yang merupakan ciri gerakan seorang manula.



Jika Meditasi Gerak Pribadi ( MGP ) Anda berjalan, maka akan merasakan gerakan tubuh walau berbeda dalam afirmasi menyangkut umur, toh gerak pribadi Anda tetap sama. Bedanya hanyalah pada energi yang muncul dan rasakan. Makin muda usia yang diminta, energi Gerak Pribadi akan semakin kuat. Lalu coba menjawab pertanyaan," Kapan Anda mempelajari Gerak Pribadi jika saat itu usia Anda 1 tahun? " Berarti Anda sudah mempunyai Gerak Pribadi, bukan ?.



Varian kedua masih menurut Dr. Riko dalam buku Inti Reiki, teknik Meditasi Gerak Pribadi khusus untuk penyembuhan penyakit. Teknik ini dibagi menjadi 2 tujuan:
1. Untuk mendapatkan penyembuhan diri Anda sendiri.
2. Untuk melakukan penyembuhan pada orang lain.



Ketika melakukan meditasi gerak pribadi untuk penyembuhan diri pribadi, afirmasi yang diucapkan, "Ya Tuhan, mohon diberikan energi dan gerak Inti Reiki ( IR ) untuk penyembuhan penyakit pribadi saya, sekarang." Ini berlaku untuk penyakit umum, tetapi bila yang dikehendaki penyakit darah tinggi, maka afirmasinya energi dan gerak Inti Reiki untuk menormalkan tekanan darah saya.



Bila menyembuhkan penyakit orang lain maka energi yang diminta dan diakses untuk gerak penyembuhan penyakitnya misalnya, keseleo, salah urat atau syaraf terjepit, maka gerakan tangan praktisi akan memijat ke tubuh pasien layaknya terapis akupresur. Demikian pula bila energi yang diminta totokan maka gerak penyembuhan adalah menotok jalan darah yang tersumbat di tubuh pasien.



Jadi dalam Inti Reiki ketika menyalurkan energi Inti Reiki ke diri sendiri atau orang lain maka gerakan tangan praktisi akan aktip bergerak menirukan energi gerak pribadi praktisinya. Ketentuan ini berlaku bila Anda ingin menggabungkan energi gerak pribadi Anda dalam penyembuhan. Tapi bila Anda tidak memberi afirmasi gerak pribadi, maka tangan tidak akan begerak dan tetap mengeluarkan energi seperti reiki tradisi non inti reiki saat menyalurkan energi reiki.



Kini senja mulai beranjak. Satu persatu praktisi Inti Reiki sudah mempraktekkan meditasi Gerak Pribadi. Ada yang mempraktekkan Meditasi Gerak Pribadi milik Penyanyi Inul dengan Goyang Ngebornya. Peserta wanita ini lalu memperagakan gerakan goyang ngebor Inul secara otomatis, sekalipun ia belum pernah praktek goyang ngebor Si Inul.



Sesi Berlatih Meditasi Gerak Pribadi dimulai. Saya Sehat dengan Reiki disuruh maju untuk mempraktekkan gerak meditasi pribadi. Karena sebelumnya saya pernah mempraktekkan jurus silat Merpati Putih, maka demi gampangnya saja saya mengafirmasikan gerak pribadi energi silat Merpati Putih. Sekalipun sudah lama tidak mempraktekkan jurus silat Merpati Putih ini, energi gerak pribadi saya ya tetap jurus silat Merpati Putih.



Kadang cepat kadang lambat sesuai dengan energi yang mengalir di tubuh saya. Sayang di arena praktek Meditasi Gerak Pribadi ini tidak disediakan es balok atau gagang pompa dragon untuk dipatahkan. Kalau ada ya saya praktikkan kembali memukul dan mematahkan benda keras itu. Iseng-iseng untuk membuktikan bahwa saya masih mempunyai power. Dan power itu bisa saya keluarkan lagi sewaktu-waktu bila terpaksa dan terdesak.



Sumber : Buku Rahasia Inti Reiki Dr. Riko Rahardian/Praktek Meditasi Gerak Pribadi/Buku Reiki.

Read More..
|
| edit post

Pakaian adalah cermin kepribadian seseorang yang memakainya. Jika dia berpakian rapi, necis dan tampil modis di muka umum, boleh jadi dia sangat percaya diri akan kapasitasnya sebagai mahkluk berbudaya. Dengan kata lain pakaian adalah kebutuhan yang sangat diperhatikan seseorang saat ingin menghadiri suatu event.



Tiada hari untuk selalu berpakaian rapi adalah slogan yang tertempel di kantor penjara di Vanersborg Swedia. Artinya slogan itu diperuntukkan bagi karyawan kantor tersebut agar berpakian rapi setiap kali berdinas di jam kerja kantor. Dengan adanya himbauan tertulis di papan pengumuman kantor itu, maka mau tidak mau setiap pegawai di kantor itu harus mentaati peraturan itu.



Pakaian rapi yang dimaksudkan adalah mengenakan seragam kerja dengan warna tertentu, baju lengan panjang dan memakai sepatu dan berdasi untuk karyawan yang melayani keluarga para tahanan yang membezuk. Selain karyawan Lembaga Pemasyarakatan, para narapidana yang tengah menjalani masa tahanan juga mengenakan seragam tahanan. Terkadang untuk mengisi kesibukan di Lembaga Pemasyarakatan itu, para tahanan juga melakukan kerja bakti bersama, aktip berolahraga dengan mengenakan kostum kaos seragam, celana training dan sepatu olah raga.



Bagi narapidana yang hampir selesai masa tahanannya tentu gembira menanti hari kebebasan. Artinya tidak lama lagi dia akan meninggalkan Lembaga Pemasyarakatan dan kembali menjadi manusia bebas berkumpul kembali dengan keluarga tercinta. Untuk menyambut hari kebebasan itulah seorang narapidana telah menyiapkan pakaian rapi yang layak dikenakan saat dirinya melangkahkan kaki untuk terakhir kalinya keluar dari pintu gerbang Lembaga Permasyarakatan.



Tapi ilustrasi hari kebebasan yang ditunggu narapidana itu malah bertolak belakang dengan kejadian sesungguhnya di Lembaga Permasyarakatan Vanersborg Swedia ( 21/1 ). Pasalnya seorang narapidana warga Swedia yang sudah menyelesaikan hukuman dua bulan penjara malah membuat perhatian orang banyak di Lembaga Permasyarakatan itu tertuju padanya. Karena saat meninggalkan penjara Brinkeberg di Vanensborg Swedia, narapidana ini keluar penjara tanpa memakai celana dan sepatu.


Ilustrasi saat Percy meninggalkan penjara Brinkeberg di Vanensborg Swedia mengenakan kaos kaki tanpa celana panjang.


Pria eksentrik mantan narapidana yang hari itu bebas menghirup udara segar di luar penjara malah mengatakan kepada petugas penjara, bahwa celananya yang dipakai sewaktu masuk penjara sudah kekecilan. Pria itu yang oleh media setempat dipanggil Percy sempat berkata kepada petugas penjara untuk mau membelikan celana dan sepatu baru agar bisa dipakai keluar dari penjara saat dirinya bebas. Akan tetapi permohonan itu ditolak mentah-mentah pihak penjara.



Percy yang dihukum karena kasus mengemudi sambil mabuk dan melanggar lalu lintas, malah berdalih bahwa dia tidak sempat membeli kebutuhannya sendiri yaitu pakaian dan celana baru karena waktunya mepet. Pihak penjara pun mempunyai alasan menolak permohonan Percy karena di antara barang-barang pribadi milik Percy saat masuk penjara terdapat uang 118 dollar AS atau sekitar Rp. 1 juta dan akan dikembalikan pihak penjara saat dirinya bebas. Dengan kata lain sebenarnya Percy dianggap mampu membeli celana, baju dan sepatu baru.



Memang pihak penjara Vanensborg juga menjual celana dan sepatu untuk tahanan yang dibebaskan, tetapi harganya terlalu mahal. Dengan uang sebesar 118 dolllar AS itu akan lebih bermanfaat jika diberikan kerabatnya saat menyambut hari kebebasan dirinya keluar penjara Vansborg. Dengan sedikit menahan malu akhirnya Percy keluar tahanan hanya dengan mengenakan kemeja, pakaian dalam dan kaus kaki.



Nasib baik ternyata masih menyertai Percy di jalan. Seorang pengemudi yang tak mau disebutkan namanya oleh Reuters, telah berbaik hati mau mengantar Percy sampai rumahnya. Percy pun akhirnya tiba di rumahnya dengan selamat dan kembali berkumpul dengan keluarganya. Untuk merayakan hari kebebasan ini, akhirnya Percy membeli celana dan sepatu baru dengan harga yang lebih murah dari yang dijual di penjara. Ah...ada-ada saja ulah Percy ini.

Read More..
|
| edit post

REIKI MENUNJANG TERAPI MEDIS KEDOKTERAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 26 Februari 2012 0 komentar

Penyembuhan dengan reiki di luar negeri telah lama digunakan di sejumlah rumah sakit dan berbagai unit penyembuhan, misalnya klinik reiki yang bekerja sama dengan rumah sakit. Reiki telah lama mendapat perhatian berbagai pihak sebagai terapi pelengkap setelah terapi medis kedokteran, dengan tujuan sebagai strategi penanganan kesehatan secara alternatif. Di rumah sakit tersebut sejumlah perawat yang sudah belajar reiki, sering menggunakan reiki sebagai pelengkap penyembuhan pada pasien dari bermacam kasus penyakit yang diidapnya.



Sejak tahun 2001, 47 persen Dewan-dewan Perawat Amerika Serikat ( US state nursing boards ) mengakui, pemberian terapi reiki di dalam penanganan penyakit pasien, digunakan bersamaan dengan terapi medis kedokteran. Jadi Reiki merupakan pelengkap dalam penanganan pasien oleh Dokter. Reiki juga melengkapi terapi kedokteran menyangkut relaksasi, penyembuhan dan mengurangi keresahan dan rasa sakit dalam diri pasien.



Reiki menjadi terapi pelengkap sangat membantu terapi konvensional bagi pasien-pasien penderita HIV/AIDS dan kanker. Misalnya, St Luke's Roosevelt Hospital Centre di New York dan Siloam di Philadelphia telah menggunakan reiki bagi pasien penderita penyakit mematikan semacam HIV/AIDS. Pemberian pelatihan reiki juga diberikan kepada pasien dan keluarganya, agar dapat meneruskan terapi reiki secara mandiri setelah pasien pulang ke rumah.


Pemberian reiki secara teratur kepada pasien ibu hamil akan membuat pasien merasa rileks dan tenang saat akan melahirkan bayinya. Reiki juga bermanfaat untuk kesehatan bayi dalam kandungan ibu sebelum proses persalinan.


Salah satu keistimewaan dari Reiki adalah tidak membutuhkan pelayanan sebagaimana diberikan oleh dokter dan juga tidak memerlukan paralatan diagnosik kedokteran. Pada saat itu telah tumbuh pendapat yang makin kuat bahwa penggunaan reiki lebih efektif ( selain murah ) dibandingkan menggunakan cara pengobatan kedokteran barat. Dengan kata lain, pengobatan secara kedokteran barat akan lebih efektif hasilnya apabila dibarengi dengan penyaluran reiki kepada pasien bersangkutan.



Sumber tulisan : Buku Hidup Sehat dengan Reiki dan Energi Non Reiki Prof. Dr. Sutan Remy SH halaman 14 dan 15.

Read More..
|
| edit post

Kemaren sore anak tetangga usia 1 tahun 2 bulan kepalanya terantuk ubin saat kedua orangtuanya sedang sholat mahgrib berjamaah. Keruan saja si anak langsung menangis menjerit-jerit sambil memegang kepalanya yang memar. Sang ibu pun lalu membatalkan sholat magribnya dan segera memegang si anak agar tidak terus menangis.



Naluri keibuan sang anak pun muncul begitu pula sikap bapak nya yang kedua-duanya langsung mengusap-usap kepala anak balitanya agar tidak terus menangis. Sang bapak lantas meniup bagian kepala si anak yang terantuk ubin sambil sesekali mengusap-usap dengan telapak tangannya ke bagian kepala anak yang memar. Tak berapa lama kemudian tangisan anak pun reda dan si ibu kembali melanjutkan sholat magribnya.



Bapak dan Ibu ini bukan praktisi reiki sahabat. Namun berdasarkan pengalaman masa kecilnya yang juga pernah jatuh terantuk batu, secara otomatis tanpa disadarinya mereka segera memegang bagian tubuh yang sakit. Nalurinya mengatakan bahwa dengan memegang bagian tubuh yang sakit, maka rasa sakitnya akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali.



Saat telapak tangan sang bapak mengusap-usap sambil sesekali mulutnya meniupkan udara kebagian kepala anak yang memar, anak pun diam bahkan tertawa nyengir dan segera minta turun dari gendongan sang ibu. Anak pun kembali ceria bermain seakan-akan telah lupa dengan rasa sakit kepalanya. Memang demikian kenyataannya kejadian sore hari kemaren.



Fenomena apa yang hanya dengan mengusap-usap telapak tangan ke bagian kepala yang terantuk ubin, tiba-tiba reda tangisan anaknya? Sudah jamak orang tua yang menghadapi anak balitanya yang bagian tubuhnya sakit akibat terjepit sesuatu, terantuk daun pintu bahkan jatuh lecet kakinya, segera mengusap-usap bagian yang sakit itu dengan telapak tangannya. Hilangnya rasa sakit karena peletakan tangan ke bagian tubuh karena tersalurnya energi dari dalam tubuh orangtuanya.



Energi dari dalam tubuh orangtua yang penuh perasaan kasih sayang kepada anak, akan mengalir otomatis sekali pun hal ini tidak disadari orang tua bersangkutan. Karena memang mereka awam akan aliran energi dari dalam dirinya yang keluar saat meletakkan tangannya ke kepala anaknya, maka tindakan mengusap kepala anak adalah langkah pertama untuk membuat anak berhenti menangis. Setiap tubuh manusia berisi energi yang keluar dari telapak tangannya, maka setiap kali ada rasa sakit pada tubuh, maka tindakan pertama adalah memegang bagian yang sakit dengan menempelkan telapak tangannya.



Sudah menjadi naluri manusia sejak pertama kali diciptakan Tuhan di muka bumi berikut anak keturunannya, untuk melakukan penyembuhan diri sendiri. Caranya antara lain dengan menempelkan kedua telapak tangannya ke diri sendiri maupun ke orang lain sebagaimana ilustrasi postingan ini. Itulah metode penyembuhan dengan menempelkan telapak tangan ke diri sendiri dan orang lain sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.



Reiki salah satu metode penyembuhan dengan memanfaatkan energi alam semesta, hanyalah salah satu jenis energi penyembuhan yang dalam prakteknya menempelkan telapak tangan ke bagian tubuh yang sakit. Masyarakat kuno seperti Mesir, Yahudi, Tibet, China dan Jepang telah mengenal akrab dengan teknik penyembuhan kuno ini dan ikut menyebarkan teknik ini ke Amerika dan Eropa.

Read More..
|
| edit post

RILEKSASI DENGAN KRISTAL MEDITASI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 25 Februari 2012 0 komentar

Di rembang petang ketika melihat kepadatan lalu lintas di depan kantorku ada pesan masuk ke HP teman wanita yang ditujukan ke saya...sehat dengan reiki. Isi pesannya, " Mbak...aku kena musibah, kendaraanku mogok di kepadatan lalu lintas Joglo Raya. Saya minta tolong kamu pegang sendiri dinas berita malam ini, maafkan saya ya? " begitu pesan singkat di HP teman ku.



Aku segera maklum isi pesan itu mengingat tenggang waktu untuk siaran berita malam tinggal 30 menit lagi. Teman ini memang sudah bergerak ke kantor sore tadi namun apa daya saat masih menyetir di kepadatan lalu lintas ke kantorku, mendadak kendaraan miliknya mogok di tengah jalan padahal jarak ke kantor masih jauh. Agar tidak membuat lalu lintas tambah macet, terpaksa ia menepikan kendaraannya di pinggir jalan.



Aku bisa memaklumi perasaan teman ini. Cemas, jengkel, judeg, stres bahkan depressi berkecamuk dalam dirinya. Bagaimana tidak ? Sore ini teman tadi memang ada tugas dinas siaran bersamaku. Tetapi nasib berbicara lain yang ternyata kendaraan miliknya mogok di jalan.



Apa boleh buat. Sambil menghibur teman ini saya balas sms nya, " Tidak apa-apa Mas ! Pinggirkan dulu kendaraanmu cari tempat aman dan tak usah memikirkan dinas. Saya bisa handle sendiri dinas berita malam ini. Yang penting sampeyan selamat, kendaraan segera jalan kembali dan pulang saja. Lalu lintas di depan kantor kita saat ini padat merayap " tulis saya menghibur perasaan teman agar tidak terus gelisah.



Ya perasaan stres yang dialami temanku itu bisa saja terjadi kepada siapa saja. Termasuk penulis blog ini juga tak terkecuali kepada Anda semua pengunjung blog ku ini. Ini manusiawi sebagai konsekuensi manusia hidup yang sarat dengan permasalahan. Tentu Anda juga pernah stress bukan ketika account Google Adsense Anda di blokir sama Pakde Google.



Atau Anda stress ketika mengetahui tidak lulus ujian saringan masuk PTN/PTS. Boleh juga lamaran kerja ditolak oleh perusahaan di mana Anda melamar kerja. Atau calon mertua tidak simpati lagi kepada Anda dan tidak ingin anaknya berhubungan lagi dengan Anda?



Stress boleh mendera siapa saja dalam hidup ini namun jangan biarkan berkepanjangan. Konkretnya bersahabatlah dengan stress. Jika Anda biarkan berlarut-larut dalam stress bisa jadi fisik Anda akan mengalami gangguan yang berakibat sulit tidur, gelisah dan marah-marah. Bahkan Anda tidak doyan makan kendatipun sudah nonton wisata kulinernya Farah Quen di televisi yang menghidangkan masakan enak dalam tayangannya.



Bagaimana bersahabat dengan stress ini teman? Gampang kok caranya. Belajarlah meditasi. Meditasi Christal pilihannya. Meditasi ini cukup simple dan cukup dilakukan 5 menit saja. Anda tidak harus menjadi praktisi Reiki lebih dulu untuk melakukan meditasi ini.



Siapa pun berhak mencoba meditasi christal ini. Setiap orang berhak memutuskan sendiri sikap meditasi apa yang paling cocok/pas dengan dirinya. Meditasi christal ini merupakan kelanjutan dari No Mind Reiki Meditation.



Crystal Meditation ini menjadi populer karena simple dan butuh waktu 5 menit saja bagi yang sudah biasa bermeditasi. Meditasi ini sangat bermanfaat apabila kita dalam keletihan/kedinginan/depressi seperti yang dialami teman ku itu. Meditasi ini dapat dimanfaatkan pula untuk memberikan distance healing (penyembuhan jarak jauh) bagi pasien yang terkena kecelakaan dan pasien masih di tempat kejadian kecelakaan sebelum dilarikan ke rumah sakit.



Distance healing dengan crystal meditation ini efektivitasnya hanya bagus jika ditujukan untuk satu orang pasien tertentu, bukan secara masal. Tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara melakukan crystal meditasi ini ? Anda sudah tidak sabar lagi khan? OK ini caranya. Bila Anda baru saja tiba di rumah atau telah sampai di kantor dan di jalan tadi mengalami kemacetan tentu perasaan Anda deg-degan, letih atau keluar keringat dingin.



Untuk mengatasi keletihan/kedinginan duduklah dengan rileks boleh bersila punggung lurus, kedua telapak tangan posisi berdoa lalu pejamkan mata. Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dalam 8 hitungan, tahan napas di dada dalam 8 hitungan juga lalu buang nafas melalui mulut 8 hitungan lagi. Lakukan tarik dan buang nafas segi tiga sama sisi ini berulang-ulang sehingga Anda menjadi tenang...tenang...tenang.



Sambil membuang nafas, niatkan agar seluruh beban pikiran (cemas, dengki, dendam, depressi, marah, stress) ikut dilepaskan. Just hanya dengan niat saja ya? Sementara itu visualisasikan (niatkan) agar dari chakra jantung Anda memancar cahaya bening yang menjalar ke seluruh tubuh serta energi tercurah masuk melalui chakra mahkota Anda.



Dalam beberapa saat seluruh tubuh menjadi transparant seperti crystal. Ada rasa hangat yang menjalar memenuhi seluruh tubuh. Dalam sekejap tenaga kita pulih kembali, namun jangan terburu-buru menyelesaikan meditasi Anda. Biarkan keadaan ini berlangsung lebih kurang 5 menit saja.



Sedangkan crystal meditatiton dalam penyembuhan jarak jauh bisa dilakukan dengan cara seperti gaya meditasi di atas tadi. Boleh duduk bersila atau di kursi. Visualkan tubuh Anda mulai mengkristal menjadi tubuh cahaya bening yang memancar dari chakra jantung Anda sampai seluruh bagian tubuh menjadi transparan.



Tahan dulu beberapa saat lalu niatkan agar seluruh cahaya yang ada pada tubuh crystal ini kita kirimkan buat pasien yang tengah mengalami kecelakaan lalu lintas di lokasi kejadian. Niatkan energi meditasi kristal ini langsung membungkus seluruh tubuhnya sampai pasien ini mendapatkan pertolongan medis diangkut ke rumah sakit.



Sumber tulisan : Diktat Inisiasi Reiki G.Tummo level III.

Read More..
|
| edit post

Setiap hari kita dianjurkan menghemat energi, tetapi tidak disertai solusi, alternatif apa yang tersedia untuk menjalani anjuran itu. Yang dimaksud mengemat energi adalah penghematan penggunaan daya, terutama daya listrik yang menggunakan bahan bakar solar, batu bara dan panas bumi yang tinggi biaya operasionalnya. Semakin banyak orang mau menghemat energi, semakin banyak pula energi yang bisa disimpan untuk cadangan manakala persediaan energi di bumi semakin sedikit volumenya.



Demikian dikatakan J Pamuji Suptandar, guru besar tetap Universitas Trisakti yang mengulas memanfaatkan cahaya alam untuk kepentingan arsitektur bangunan dan desainer sebagaimana telah ditulis di rubik Kompas Minggu edisi 16 Nopember 2008 silam. Selanjutnya dikatakan bagi arsitek dan desainer, upaya penghematan energi tidak menjadi masalah karena banyak cara bisa dilakukan, antara lain dengan memanfaatkan cahaya alam yang melimpah, yaitu sinar matahari.



Hidup di daerah tropis sepanjang tahun bermandikan cahaya matahari merupakan karunia Tuhan yang harus kita syukuri karena cahaya alam adalah energi yang bersumber dari matahari. Pancaran sinar matahari beserta pantulannya diterima langsung oleh mata kita dengan kecepatan 300.000 km per detik. Cahaya pancaran sinarnya berupa gelombang sangat berguna bagi kehidupan makhluk di alam raya, seperti fotosintesis pada tanaman, pembiakan organisme dan kesehatan manusia.



Cahaya matahari juga dapat dimanfaatkan untuk pemanasan dan pendinginan ruangan menjadikan udara di dalam ruang mengalir deras disebabkan perbedaan tekanan udara yang membuat suasana di dalam ruang sejuk dan sehat. Beberapa negara bahkan menggunakan unsur cahaya sebagai pembangkit tenaga listrik, sama seperti halnya penggunaan tenaga air.


Matahari adalah sumber kehidupan utama yang masuk ke Bumi ini. Anda dapat bayangkan bagaimana kita hidup tanpa sinar matahari? Sinar Matahari memberikan pertumbuhan dan tenaga bagi semua mahkluk hidup. Apakah manfaat sinar matahari bagi kesehatan kita manusia?


Isaac Newton (1734) menemukan teori prisma yang mengurai cahaya menjadi spektrum warna pelangi. Tahap berikutnya oleh Albert Einstein (1879) cahaya dikembangkan dalam fisika nuklir dengan dasar teori relativisme, yaitu cahaya terdiri dari partikel-partikel yang mengandung energi dapat digunakan untuk menopang kesejahteraan manusia dalam kehidupan ini.



Dalam rangka mendukung gerakan hemat energi, cahaya alam yang berlimpah di sepanjang tahun perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin dan mudah untuk dilaksanakan. Begitu pentingnya energi sinar matahari bagi kehidupan mahluk Tuhan di muka bumi ini, maka bersyukurlah kita yang hidup di daerah tropis kepulauan Indonesia bisa mendapatkan pencahayaan sinar matahari sepanjang tahun.



Kalau tadi memanfaatkan cahaya sinar matahari ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk penerangan di bumi, maka apa yang dimaksud cahaya Ilahi itu? Cahaya Ilahi dalam pembelajaran Reiki berkaitan dengan energi Ilahi yang berasal dari Yang Maha Kuasa untuk kehidupan umat di bumi. Energi ini diakses masuk ke tubuh manusia melalui gerbang energi disebut Chakra Mahkota ( ubun-ubun) dan mengalir masuk melalui jalur-jalur meridian tubuh manusia.



Jalur meridian manusia terdiri 3 jalur besar yaitu jalur Sushumna, Ida dan Pinggala. Selanjutnya dalam perjalanan ke dalam tubuh manusia energi Ilahi ini dipancarkan keluar melalui chakra telapak tangan kanan atau kiri manusia. Saat chakra kedua telapak tangan menyentuh tubuh maka akan ada sensasi energi Ilahi berupa hawa panas, hangat, sejuk, dingin bahkan tidak berasa sama sekali.



Begitu pentingnya lancarnya aliran energi Ilahi dalam tubuh, maka chakra utama harus selalu dalam kondisi bersih, mengembang, aktip lembaran chakranya agar mampu mengakses energi Ilahi secara maksimal. Dalam perjalanan waktu jika ada gangguan pada chakra utama, misalnya chakra kotor maka tubuh pun bisa sakit. Karena itu langkah yang dilakukan untuk menjaga agar setiap chakra utama selalu bersih, mengembang maka chakra perlu dibersihkan menyalurkan energi Ilahi ( reiki ) dan melakukan grounding.



Sekarang mari kita latih membersihkan chakra utama dengan medote grounding dengan memanfaatkan cahaya putih. Apa itu grounding? Grounding adalah terhubung ke bumi. Kita akses cahaya Ilahi berwarna putih (dengan niat saja dan visualkan cahaya ini berwarna putih terang benderang) masuk ke Chakra Mahkota lalu cahaya ini membersihkan, mengaktifkan dan melebarkan lembaran-lembaran chakra mahkota sehingga menjadi mekar laksana Bunga Teratai yang sedang mekar.



Setelah chakra Mahkota dibersihkan lalu cahaya ini bergerak turun masuk ubun-ubun merembes ke bawah memenuhi seluruh rongga kepala beserta isinya. Segala pikiran negative, energi penyakit yang ada dalam rongga kepala seluruhnya dibersihkan oleh Cahaya Ilahi. Kotoran penyakit ini dibuang keluar melalui Chakra Mata Ketiga (Chakra Ajna) dan sambil membuang kotoran, maka chakra mata ketiga ikut dibersihkan, dimekarkan, diaktifkan dan diselaraskan lembaran chakranya.



Begitu seterusnya masing-masing chakra utama berjumlah 7 buah semuanya ikut dibersihkan. Kotoran penyakit yang berujud energi negative selanjutnya dibuang ke luar tubuh manusia melalui chakra Visudi, Jantung, Solar Fleksus, Sex dan terakhir Chakra Dasar. Chakra Telapak tangan kanan dan kiri pun ikut dibersihkan. Setiap chakra utama yang dilalui energi negative bersamaan itu pula chakra ini ikut dibersihkan sehingga terjaga aktip, mekar dan berfungsi dengan baik dalam mengakses energi alam semesta.



Setelah semua chakra utama dibersihkan maka sisa energi negative yang ada dalam tubuh manusia dikeluarkan melalui chakra dasar apabila kita melakukan grounding dengan duduk bersila. Jika kita duduk di kursi maka energi negative yang tersisa dikeluarkan melewati chakra telapak kaki kanan atau kiri masuk bumi tanpa mengganggu kehidupan mahkluk Tuhan yang hidup di dalam tanah.



Setelah energi negative seluruhnya keluar (hanya dengan visual saja membayangkannya) afirmasikan, " Saya menyalurkan hal positif diri saya ke dalam bumi secara terus menerus saat ini juga. Saya akses energi bumi warna hijau untuk masuk ke dalam tubuh dan membungkus tubuh agar memproteksinya dari energi negative (penyakit)."



Apabila grounding ini sering dipraktekkan, maka praktisi Reiki akan semakin sehat dan mudah melakukan materialisasi dalam Reiki. Dan jangan lupa pula rajin melakukan self healing dan healing ke orang lain setiap saat. Semoga senantiasa sehat dan bugar dalam hidup ini atas karunia dari Yang Maha Kuasa.

Read More..
|
| edit post

MENGATUR TANAMAN DAN AIR MANCUR AGAR NYAMAN DILIHAT.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 24 Februari 2012 0 komentar

Penggunaan Feng Shui dalam pengaturan taman mungkin akan terasa menggelikan bila dikaitkan dengan hal yang rasional. Namun bukan berarti para penggiat Feng Shui tidak mencoba menyelaraskannya dengan kajian keilmuan yang ada, seperti tinjauan psikologis dan fisika. Hasilnya ternyata cukup menggembirakan.



Terence Conran dalam bukunya The Essencial Garden Book ( 1999 ) menjelaskan, bahwa taman menjadi tempat pikiran untuk beristirahat dan berekspresi. Sarana ekspresi layaknya melukis atau menyanyi. Karena itu menata kebun bisa menjadi penyalur hobi. Selanjutnya Titik Kartitiani menulis, penataan lingkungan khususnya tanaman bisa memberi pengaruh pada manusia secara psikologis.



Misalnya untuk pengaturan tanaman, unsur material halus ( soft material tanaman ) ditata berdasarkan tekstur dan warna. Bila penataannya tepat, maka akan menjadi enak dipandang mata. Otomatis pikiran yang sedang kusut masai akan menjadi tenang dan teduh saat menatap tanaman hijau yang menyejukkan mata.



Taman akan nyaman untuk sarana melepas lelah sehingga kondisi fisik akan pulih kembali. Sedangkan bila taman ditata berantakan tidak cocok dengan elemen yang dipakai, membuat tambah ruwet pikiran. Ibarat kita sedang melihat semrawutnya arus lalu lintas di jalan, membuat emosi mudah jengkel dan akhirnya pikiran dan tubuh cepat capai.


Suara air mengalir akan memberikan suasana rilex dan tenang dan membantu menenangkan emosi dan pikiran yang sedang kusut.


Tinjauan ilmu fisika menjelaskan bahwa energi di alam yang tidak bisa dilihat kasatmata bisa diwujudkan dalam bentuk gerak. Misalnya angin dan air, sinar matahari berujud energi panas dan gelombang pancaran elektromagnetik dan energi potensial, misalnya pegas dan sebagainya. Nah, penyusunan tanaman berdasarkan tata letak Feng Shui ada beberapa tanaman yang membuat aliran energi akan dirasakan enak dan nyaman.



Contohnya keberadaan unsur air di dalam taman bisa mengendalikan iklim mikro di sekelilingnya, yaitu meningkatkan kelembapan dan bisa menurunkan suhu sehingga terasa sejuk. Suhu yang ditimbulkan dari pancaran energi sinar matahari dapat diturunkan. Gemericik air yang teratur bunyinya bisa memberi ketenangan seolah menghadirkan miniatur alami di dalam rumah.


Air mancur sebagai sumber relaksasi yang sangat baik. Air mancur tidak hanya terbatas untuk taman di luar rumah, taman di dalam rumah pun dapat dilengkapi dengan air mancur.


Sedangkan pada ruangan yang gelap dan lembab dari sebuah ruang, kita bisa memasang genting kaca agar pancaran sinar matahari bisa masuk ruangan. Udara lembab dan basah dalam kamar digantikan dengan udara panas karena pancaran energi sinar matahari yang masuk kamar. Suhu kamar yang semula basah dan lembab menjadi hangat.



Pengertian Feng Shui terhadap tanaman yang ada dalam sebuah taman, termasuk jenis tanaman yang cocok ditanam, tidak lah berdiri sendiri. Tanaman yang ada dalam taman atau pekarangan rumah merupakan perpanjangan salah satu sisi rumah. Rumah dan pekarangan menjadi satu kesatuan erat dan saling mempengarui energinya. Bagaimana pun Feng Shui memang kental sekali dengan nuansa Budaya China mencakup unsur kepercayaan yang ada di dalamnya.



Sumber : Mind Body and Soul Edisi 3/



Photo by http://skynet-landscape.blogspot.com/Koleksi Franz JB.

Read More..
|
| edit post

Ada ungkapan mengatakan, rumahku adalah istanaku. Tidak salah itu sudah menjadi pakem ucapan jika seseorang bicara tentang konsep hunian rumah tinggal. Setiap orang berhak mengatakan ucapan itu, kecuali bagi orang yang belum mempunyi rumah, apa juga pernah mengatakannya, wallaualam bisawab.



Rumah memang laksana istana bagaikan dongeng cerita kerajaan tempo dulu. Ia akan selalu tampak indah, tempat semua anggota keluarga tinggal dan menjalani kehidupan. Rasanya tak ada istana lain yang lebih megah, indah dan menawan dibandingkan dengan rumah sendiri yang membawa kebahagiaan saat semua anggota keluarga berkumpul bersama.



Ungkapan tadi akan bermakna sebaliknya jika rumah malah membawa kemuraman bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Adanya percekcokan, iri hati, dendam dan permusuhan, adalah contoh nyata suasana negative yang membuat tidak nyaman bisa saja terjadi dalam sebuah rumah. Jika sudah begini rumah tidak lagi menjadi istana magrong-magrong dan nyaman untuk ditempati.



Sebaliknya ada rumah gubuk dengan desain sederhana jauh dari kesan mewah malah tampak indah untuk dilihat. Sekali pun di sana-sini sudah banyak genteng yang bocor, dinding rumah tampak kusam dan pagar rumah yang sudah reyot, penghuni rumah ini bisa menjaga keselarasan dengan lingkungannya dengan baik. Apalagi di antara anggota keluarga saling menghormati satu sama lain, maka menghuni rumah kondisi sederhana ini bagaikan tinggal di istana megah.


Tanaman talas yang daunnya lebar hijau lumut cocok untuk membuat pandangan mata menjadi sejuk. Energi hijau daun yang memancar dari daun talas sangat baik untuk rileksasi mata sehabis lama bekerja di depan komputer.


Terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti ilustrasi paragraf 3 di atas, bisa saja terjadi akibat penataan lingkungan tempat tinggal yang tidak sesuai. Barangkali Feng Shui bisa menjawabnya. Namun jangan serta merta alergi dulu terhadap ilmu yang berasal dari tradisi budaya Tiongkok yang sudah cukup tua ini.



Jika tidak mengenal lebih dekat apa itu Feng Shui, memang sangat mungkin terjadi kesalahkaprahan tentang keberadaan Feng Shui. Orang bisa mencap Feng Shui sebagai jenis ilmu mistik, misterius atau klenik. " Padahal Feng Shui hanyalah seni pemanfaatan aliran energi ( qi ) untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Yaitu memanfaatkan energi positif ( sheng qi ) dan menghindarkan energi negatif ( sha qi ), " ujar Titik Kartitiani, wartawati Majalah Flona yang menulis rubrik Feng Shui di Mind, Body and Soul Intisari Edisi 3 ini.



Bicara tentang energi seperti halnya energi reiki untuk menyeimbangkan unsur yin dan yang dalam tubuh manusia, sehingga pemilik tubuh tetap sehat bugar. Maka energi dalam Feng Shui pun mengandung aura yang memancar dari benda, katakanlah itu rumah tempat tinggal, toko, gedung sekolah, perkantoran dan sebagainya. Aura suatu benda bukan omong kosong karena sudah berhasil dibuktikan kasatmata.


Pemanfaatan halaman rumah dengan tanaman menjadikan rumah tidak terkesan gersang. Tanaman dalam pot atau tanaman rambat, sangat baik energi hijau daunnya untuk kesehatan mata.


Adanya pancaran aura sebuah benda sudah bisa ditangkap kamera yang hasilnya dinamai Foto Kirlian. Aura terlihat dari spektrum warna yang mengelilingi sebuah benda. Aura ini bisa mempengaruhi seseorang bila berada dalam jangkauan pancarannya. Seperti benda, tubuh manusia juga turut memancarkan aura yang bisa berkatian dengan aura benda-benda di dekatnya.



Selain tubuh manusia, tanaman yang ada di halaman rumah tempat tinggal pun memancarkan aura. Karena itulah di Amerika Serikat , aura semacam ini dimanfaatkan sebagai sarana penyembuhan alternatif. Di negera adikuasa AS, teknik penyembuhan itu dikenal dengan sebutan healing of tree.



Tanpa kita sadari sebenarnya pakem-pakem yang diterapkan dalam Feng Shui dan jenis pancaran auranya, sesungguhnya sejalan dengan konsep ilmu desain modern. " Prinsip penataan rumah berdasarkan Feng Shui dan dihubungkan dengan pertimbangan aura, sejalan dengan prinsip desain lansekap, yaitu pada konsep bentuk dan warna tanaman, termasuk peletakan ornamen-ornamen taman ( sculpture ), " tulis Titik Kartitiani lebih lanjut.



Di dalam ilmu Feng Shui diyakini kondisi seseorang sangat dipengaruhi dengan kondisi alam di sekitarnya. Lingkungan alam terdekat dengan kita adalah halaman rumah, tempat tumbuh berbagai tanaman yang berfungsi turut mempercantik tempat tinggal. Dengan mengatur pekarangan selaras dengan kepribadian pemilik rumah, niscaya energi positif nya dapat meningkatkan keseimbangan hidup si empunya rumah. Salam....

Read More..
|
| edit post

PENYEMBUHAN DENGAN TUMBUHAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 23 Februari 2012 0 komentar

Patrice Bouchardon dalam bukunya The Healing of Tree ( 1999 ) menerangkan, sistem transpor dalam tubuh manusia sebenarnya sama dengan sistem distribusi pohon. Sirkulasi darah dari jantung ke pembuluh yang ada di seluruh jaringan tubuh, sama persis dengan pola dahan dan ranting pada tumbuhan.



Model yang sama juga bisa untuk memberi gambaran akan proses kerja mental dan emosi. Perasaan emosional selalu dipicu oleh respons kita sendiri terhadap sebuah kejadian. Perasaan itu sebenarnya dipicu oleh sensitivitas kita sendiri di luar kesadaran yang sesungguhnya.



Sensivitas yang menjadi akar reaksi tersembunyi layaknya akar yang tertanam di dalam tanah. Perumpamaan lain semisal biji yang tersembunyi di dalam tanah dan kemudian terlupakan. Tiba-tiba muncul sebagai tanaman baru namun masih jenis tanaman lama.



Begitu dengan manusia. Ia bisa menyelesaikan masalah tetapi ketika terkena masalah yang sama, sering lupa cara menyelesaikannya. Analogi-analogi tersebut dikumpulkan sehingga tersusun sebuah sistem penyembuhan dengan tanaman. Nah...aliran energi dalam pohon inilah yang kemudian di-copy terapis herbal untuk mengharmoniskan energi pasien agar selaras dengan energi pohon atau tanaman.



Sumber : Mind Body and Soul Intisari Edisi 3 halaman 156.

Read More..
|
| edit post

BULGARIA MEMBEKU KARENA CUACA DINGIN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Dampak kebekuan hebat akibat cuaca dingin yang saat ini tengah melanda Eropa mulai meluas sehingga memaksa ratusan ribu warga Eropa terpenjara di rumah mereka sendiri, Sabtu ( 11/2 ). Hujan salju yang deras juga turun di negara-negara Balkan dan Italia. Sungai Danube yang menjadi perlintasan perdagangan antar negara melalui kapal, masih tertutup untuk pelayaran sepanjang ratusan kilometer.



Ini merupakan rekor kebekuan terburuk sungai tersebut dalam setidaknya 50 tahun terakhir. Anomali cuaca juga terjadi di Bulgaria yang menjadi beku untuk pertama kali dalam 27 terakhir. Sementara ibu kota Montenegro, Podgorica, tertimbun salju setebal 50 centimeter, rekor terburuk dalam 50 tahun terakhir.




Seorang pria berjalan melewati mobil yang tertutup salju di pusat kota Belgrade. Jumat (3/2). Suhu jatuh ke posisi terendah minus 38 derajat terjadi di Eropa di mana dalam sepekan suhu dingin telah menewaskan lebih dari 550 jiwa. (Foto: AFP)

Cuaca dingin membekukan permukiman warga Bulgaria dengan tumpukan salju tebal menutup rumah, membuat banyak warga terisolasi.

Kebekuan itu berdampak terhadap penutupan bandar udara Podgorica dan penghentian pelayanan kereta api menuju negeri terdekat Serbia, lantaran salah satu jalur tertutup runtuhan salju ( avalanche ). Korban tewas akibat kedinginan pun mencapai 550 orang. Otoritas Eropa mengatakan, diperkirakan sekitar 30.000 orang masih terisolasi akibat timbunan salju di jalanan Romania.


Es tebal menutupi sungai Danube. Kebekuan air di sungai itu menurut berita AFP melumpuhkan jalur lalu lintas air yang terkenal paling sibuk di Eropa. Tingginya suhu dingin di seluruh benua Eropa, mengakibatkan korban tewas jadi meningkat 550 orang tewas.


Lebih dari 110.000 ribu orang lainnya di negeri-negeri Balkan, termasuk di antaranya 60.000 orang di Montenegro juga terisolasi karena timbunan salju yang terus menggunung di wilayah itu. Jumlah yang terisolasi di Montenegro mencapai 10 persen dari keseluruhan jumlah penduduk.



Menurut ramalan cuaca, diperkirakan kebekuan akibat salju yang terjadi sejak dua pekan lalu ini masih akan berlanjut setidaknya sampai pertengahan Februari. Suhu terburuk mencapai minus 28 derajat terjadi di Rusia dan Ceko. ( AFP/SHA ). Photo by : AFP dan Reuters.


Suhu yang tinggi dalam dua minggu terakhir membuat sungai Danube membeku dan membuat alur lalu lintas di sungai ini tidak berfungsi.

Read More..
|
| edit post

ZAMAN ATOM DIMULAI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 22 Februari 2012 0 komentar

Menjelang Perang Dunia II para ilmuwan meyakini bahwa energi dari 1 gram uranium jika dibakar dalam kondisi tertentu, kekuatannya sama dengan 10 juta kali energi yang dikeluarkan dari jumlah yang sama batubara dan udara. Awal tahun 1940 ketika perang telah berkobar di Eropa, para ahli fisika di kedua pihak juga mulai mempertimbangkan untuk menggunakan uranium sebagai alat untuk menciptakan bom atom.



Di Amerika Serikat perlombaan untuk menciptakan reaksi berantai dan membangun bom atom pertama dikerjakan oleh sekelompok ilmuwan dan insinyur dalam sebuah proyek bernama Proyek Manhattan. Pada Maret 1943, titik fokus proyek merupakan laboratoriom sangat rahasia yang berada di sebuah bangunan bekas sekolah di dekat Santa Fe yang dinamai Los Alamos.



Dua bom dirancang di Los Alamas yaitu sebuah bom uranium dengan julukan Little Boy dan sebuah bom plutonium dengan julukan Fat Man. Menurut Situs GeoWeek, Fat Man merupakan sebuah perangkat yang rumit sehingga membutuhkan uji coba. Tempat uji coba yang disebut Trinity merupakan sebuah wilayah gurun yang terpencil di dekat Alamogordo, New Mexico.


Ledakan Bom Trinity adalah ujicoba bom atom pertama yang dilakukan US, tertanggal 16 Juli 1945, yang dilakukan di 35 miles ke arah tenggara dari Socorro, New Mexico, yang sekarang bernama White Sands Missile Range. Saudaranya, The Fat Man yang menggunakan konsep dan desain serupa, adalah bom yang dijatuhkan di Nagasaki. Kekuatan bom ini “hanya” 20 kiloton, dan merupakan bom pertama yang memulai Zaman Atom atau Atomic Age.


Tepat pukul 05:29:45 tanggal 16 Juli 1945, dunia secara resmi memasuki Zaman Atom ketika Fat Man menyala di angkasa menjelang fajar. Hanya dalam hitungan detik, ledakan Trinity menciptakan awan berbentuk cendawan yang kemudian menjadi ikon teror global. Ledakan tersebut melumerkan dasar gurun, menjadi kaca kehijauan yang terlihat dari tempat sejauh Albuquerque dan El Paso.


Bom atom yang ditembakkan ke Kerajaan Jepang oleh US atas izin Presiden Harry S. Truman ini merupakan serangan bom atom pertama. Bom pertama Little Boy dijatuhkan 6 Agustus 1945, hari Senin di Hiroshima. Sedangkan bom kedua “The Fat Man” dijatuhkan di Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945. Dua serangan bom atom inilah yang mengakhiri perlawanan Jepang pada Perang Dunia kedua.


Kurang dari sebulan kemudian, bom-bom dari Los Alamos digunakan militer AS untuk menghentikan perang dengan Jepang. Pada 6 Agustus 1945, Little Boy dijatuhkan di Hiroshima. Tiga hari kemudian duplikat Fat Man dijatuhkan di Nagasaki. Dua ledakan bom atom inilah yang membuat Jepang bertekuk lutut dan menyerah pada pasukan sekutu.



Sumber : GeoWeeks.

Read More..
|
| edit post

LOCATION REIKI TRADISI KUNDALINI REIKI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Dalam dialog kesehatan di Radio Sonora Jakarta beberapa waktu lalu, seorang dokter penyakit dalam mengatakan, bahwa sebagai seorang dokter kemungkinan terkena polusi virus penyakit dari penderita/pasien bisa saja tertular penyakit. Bagaimana tidak riskan? Sebagai dokter yang setiap hari bergelut dengan pasien yang menderita berbagai penyakit kemungkinan tertular virus penyakit sangat mungkin.



Bersama tenaga medis lainnya termasuk perawat yang mendampingi tugasnya merawat pasien, Pak Dokter selalu mengkonsumsi suplement yang berfungsi menambah stamina dan juga mencegah tertular virus penyakit di tempat kerjanya. Kiranya dokter, paramedis dan pekerja-pekerja di lingkungan rumah sakit selalu aware akan pentingnya menjaga kesehatan baik secara pribadi maupun kelompok kerjanya.



Kita pun sebenarnya juga sadar bahwa namanya rumah sakit tentunya isinya pasien dengan berbagai penyakit yang dideritanya. Dalam hal ini menjaga kesehatan sangat penting termasuk kepada pengunjung rumah sakit yang sehat, kemungkinan tertular penyakit bisa saja terjadi bila habis berkunjung ke rumah sakit. Karena itula sering kita lihat papan pengumuman di rumah sakit yang melarang anak usia di bawah 5 tahun masuk ruang perawatan pasien.



Sebagai praktisi kesehatan medis, tentu Dokter lebih tahu suplemen apa yang sekiranya cocok dia konsumsi agar badan tetap fit. Tapi kita sebagai manusia yang awam akan penyakit menular tentunya tidak sembarang mengkonsumsi suplemen mengikuti jejak Pak Dokter itu. Alih-alih mendapatkan kebugaran badan agar tetap fit, sebaliknya malah suplemen itu menjadi racun bagi tubuh bila kita tidak tahu manfaatnya. "Jangan sembarang mengkonsumsi suplemen," itu saran rekan kerja ketika saya ceritakan prolog kesehatan ini di kantor beberapa hari lalu menjelang Perayaan Cap Go Meh.



Lantas suplemen jenis apa yang aman kita konsumsi mengingat sekarang ini banyak sekali produk suplemen yang ditawarkan ke konsumen setiap saat melalui iklan di radio, televisi bahkan surat kabar. Tiada hari tanpa suplemen tampaknya sudah menjadi iklan bagi produsen untuk mempromosikan produknya agar laku keras di pasaran. Sah-sah saja bila demikian adanya, tapi apa semua suplement yang kita konsumsi juga akan bermanfaat menambah kebugaran tubuh?



Terus terang sejak praktek Reiki selama 10 tahun ini, saya sebenarnya sudah menjauhi obat dokter. Kalau tidak perlu minum obat dokter ya tak usah minum. Kalau terpaksa minum obat dan takut efek negative obat itu bagi tubuh, saya reiki saja obat itu sebelum diminum. Simple saja dan ada satu cara untuk memutus tali eterik sebuah tempat yang penuh energi negative penyakit dengan praktisi reiki apabila habis berkunjung ke rumah sakit.



Cara itu diajarkan di tradisi Kundalini Reiki yang didesain untuk praktisi Reiki agar gampang mempraktekkan Reiki tanpa penggunaan simbol Reiki yang dipandang ruwet dalam penggambaran simbol Reiki. Kundalini Reiki mempunyai karakteristik dasar yaitu tanpa attunement fisik. Ditujukan untuk membuka gulungan Kundalini dan menaikkan Api Kundalini. Penggunaannya sangat mudah dan sederhana berupa Progam Energi.



Kundalini Reiki dipergunakan tanpa simbol Reiki dan dapat digabung dengan teknik Reiki tradisi lain. Tata cara Attunement sangat mudah dan sederhana dan Praktisi Reiki akan memperoleh beberapa energi yang berbeda. Kundalini Reiki dipraktekkan oleh Ole Gabrielsen seorang Grandmaster Meditasi dan Kundalini dari Denmark yang sejak lama telah melakukan channeling terhadap Kutumi dan akhirnya mendapatkan inisiasi Kundalini dari Kuthumi.



Kuthumi sendiri adalah Ascended Master yang diketahui secara fisik pernah hidup di wilayah India dan Tibet sekitar abad 19 dan terakhir dikenal sebagai guru spiritual di daerah Kashnir (India). Saat ini ajaran Kuthumi dapat diperoleh melalui kegiatan group channeling yang dipimpin oleh Madame Blavatsky pendiri dari Theosophical Society.



Dalam penjelasan teknik aplikasi Kundalini Reiki yang berhubungan dengan energi penyakit di rumah sakit, seorang Praktisi Reiki Kundalini dapat melakukan Location Reiki sehabis berkunjung ke rumah sakit (menunggui kerabat yang sakit/menengok orang sakit) sesampainya di rumah melakukan Location Reiki. Teknik ini dipergunakan untuk menyelaraskan "Carmic Band" antara manusia dengan suatu lokasi atau tempat.



Tali karma yang terhubung antara tempat yang dikunjungi dapat mengganggu kesehatan atau hal lain yang negative. Misal antara seseorang dengan tempat yang penuh energi negatif (misal rumah sakit, makam dll). Cara pengaktifannya adalah dengan meniatkan "Location Reiki" dan selanjutnya lakukan penyaluran energi ke tubuh sendiri selama 3-5 menit. Teknik ini dapat dilakukan dari jarak jauh.



Nah untuk hidup sehat dengan reiki, manusia tidak saja membutuhkan makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup, tetapi juga membutuhkan "KI". Gangguan pada sirkulasi "KI" akan menyebabkan gangguan pada "tubuh eterik" yang diikuti fenomena sakit pada tubuh fisik. Penyembuhan holistik bekerja di lapisan tubuh eterik yang secara tidak langsung akan mempengaruhi tubuh fisik yang effeknya membuat sehat tubuh.

Read More..
|
| edit post

MUSIM PERTUNANGAN DAN KUE TUA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 21 Februari 2012 0 komentar

Desember tahun lalu bagi orang Inggris menjadi bulan favorit untuk melaksanakan pertunangan. Menurut penjual perhiasan online The Beautiful CO pertunangan pada saat Natal dan Tahun Baru meningkat pesat pesertanya. Demikian pula di AS cincin pertunangan juga laku keras terjual. Sebanyak 12 persen cincin pertunangan dibeli menjelang Natal.



Demikian menurut majalah nasional Jeweler. Data lain dari American Study menyebutkan, 18 persen pasangan bertunangan pada bulan Desember. Bicara pertunangan dan cincin yang akan dikenakan calon pengantin tentu tidak lengkap jika tidak bicara kue sebagai bagian kelengkapan pertunangan atau perjamuan perkawinan. Namun kue yang ini bukan kue ulang tahun atau kue perlengkapan pertunangan, akan tetapi kue yang sudah tua usianya laku dilelang untuk membantu orang miskin.



Sebuah kue berisi kismis dan buah-buahan kering yang berusia 70 tahun laku terjual 525 dollar AS atau sekitar Rp. 4,7 juta. Hasil lelang kue tua ini akan digunakan untuk membantu orang miskin di Ohio AS. Sejarahnya kue ini dibuat dan dijual oleh toko Kroger di Cincinnati pada tahun 1941 dan dibawa kembali ke toko pada tahun 1971.


Fruit cake yang dibungkus dalam kaleng bulat ini dijamin anti udara dan diberi rum yang membantunya mengawetkan kue. Namun, cake ini tetap tidak dimakan, dan lebih menarik untuk dijadikan koleksi.


Sebuah catatan disertakan pada kue tersebut bahwa kue ini merupakan satu dari enam kue yang dibeli oleh seorang pria bernama EF Helbing. Catatan itu juga menuliskan bahwa sang pemilik kue telah menahan kue tersebut selama lebih dari satu dekade dan akhirnya mengembalikan kepada pembuatnya, toko Kruger.



Manager toko, Frank Bates yang saat ini berusia 86 tahun menyimpannya dan belakangan memberikan kepada kelompok Elite Estate. Kelompok ini kemudian melelang kue tersebut. Dengan bahan apa kue ini dibuat sehingga bisa tahan lama sampai 70 tahun, UPI yang meliput peristiwa ini tidak menjelaskannya. ( UPI/JOE ).

Read More..
|
| edit post

MESIN ATM DI LAPANGAN PARKIR DICURI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Kasus pembobolan mesin ATM yang digondol pencuri sudah sering diberitakan lewat media tanah air. Pencurinya beraksi dengan mengangkat mesin ATM ke atas truk lalu melarian diri meninggalkan jejak berupa rusaknya pintu masuk ruangan ATM ditempatkan. Bahkan kamera pengintai yang ditempatkan di atas ruangan mesin ATM pun diutup dengan selembar kain lusuh sehingga kamera tidak bisa merekam kejadian di ruang ATM.



Pelaku pencurian mesin ATM biasanya memakai topi atau topeng setiap kali menjalankan aksinya. Sementara kelompok lainnya menunggu di atas truk sambil terus menghidupkan mesin truk agar siap tancap gas ketika barang curiannya sudah ada di dalam bak truk. Peristiwa pencurian mesin ATM ini terjadi di California AS ( 24/1/12 ) memaksa kepolisan setempat untuk mengusut jaringan pencuri mesin ATM.



Kepolisian Orange, Laguna Woods California kepada UPI menyatakan, setidaknya ada tersangka yang terlibat dalam pencurian mesin ATM yang ada di lapangan parkir. Kejadian berlangsung dinihari di Chase Bank cabang Laguna Woods dan memperkirakan pelakunya berkelompok. Mesin ATM yang sudah berhasil digondol lalu dilarikan dengan truk curian dari Santa Anna.



Polisi yang mengejar kelompok pencuri berkedok topeng ini akhirnya menemukan mesin ATM ada di belakang sebuah ruang pamer mobil beberapa jam kemudian. Mesin ini masih ada di atas bak truk. Tidak dijelaskan berapa uang yang ada di dalam mesin ATM yang berhasil dikuras kawanan pencuri.

Read More..
|
| edit post

PASUTRI NONTON FILM LAGA DIGEDOR PINTU KAMARNYA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 20 Februari 2012 0 komentar

Pernahkan Anda saat sedang menonton televisi, tiba-tiba rumah Anda digedor polisi dengan teriakan, " Buka pintu cepat! Jika tidak dibuka saya dobrak pintu ini, " teriak polisi tegas sambil mengacungkan senjata laras panjang ke arah Anda. Tentu Anda sebagai pemilik rumah kaget mendengar gedoran pintu yang keras sekali saat televisi yang Anda tonton sedang menayangkan musik nostalgia. Daripada Anda dibuat kaget lebih baik membuka pintu segera dan mempersilahkan Pak Polisi masuk rumah.



Mudah-mudahan prolog tulisan ini tidak pernah terjadi pada Anda. Anggap saja kejadian ini terjadi dalam dongeng komik saja. Namun kejadian menggelikan dan penuh gelak tawa versi prolog cerita di atas, sejatinya baru saja terjadi di Umea Swedia dan diberitakan koran setempat, Kamis ( 12/1 ). Gara-gara mendengar suara letusan senjata api dan suara teriakan yang datang dari arah apartemen seberang tempat tinggalnya, warga Swedia bernama Steve langsung melaporkan kejadian ini ke markas polisi di dekat tempat tinggalnya.



Tiga Polisi Swedia ini dengan sigap sekali langsung merespon laporan Steve dan segera meluncur ke tempat kejadian perkara ke apartemen tempat asal suara teriakan dan letusan senjati api terdengar. Begitu sampai ke apartemen memang suara teriakan dan letusan senjata api semakin gencar terdengar. Merasa ada yang dicurigai di apartemen ini, salah seorang polisi datang mengendap-endap dan langsung menggedor pintu salah satu kamar, sementara dua polisi lainnya berjaga di koridor apartemen.



Penghuni apartemen tempat asal suara itu berasal langsung membuka pintu kamarnya. Sang polisi pun dengan sigap memeriksa isi kamar apartemen yang ternyata dihuni sepasang suami istri yang tengah asyik menonton adegan film laga Gone yang sedang menayangkan adegan tembak-menembak diselingi teriakan kencang orang yang terkena tembakan. Polisi yang mendobrak pintu mendengar volume audio speaker pesawat televisi yang disetel pasutri ini sengaja dikeraskan agar terkesan dramatik adegan film laga ini.



" Saya tidak percaya hal ini kenapa bisa terjadi, " ujar sang suami penghuni apartemen tersebut kepada UPI yang menanyakan peristiwa itu. Masih tetap terheran-heran karena terganggu oleh suara gedoran pintu, lelaki ini lalu membuka pintu dan bertanya apa yang diinginkan polisi. Polisi pun menjawab, " Kami harus membuka pintu. Jika pintu tidak dibuka akan saya dobrak !," teriak polisi tegas, kata lelaki ini menirukan ucapan polisi yang menggedor pintu apartemennya.



Setelah pintu dibuka dan polisi dipersilahkan memeriksa isi kamar apartemen nya, ternyata tidak ada sesuatu yang mencurigakan, polisi lalu keluar kamar. Ketiga polisi yang menyadari bahwa suara tembakan dan teriakan itu berasal dari film Gone yang sedang dilihat pasutri, akhirnya pergi dan membiarkan pasangan suami istri itu kembali menikmati film laga itu.



Sedangkan Steve sang pelapor yang mengabarkan kejadian ini ke kantor polisi tanpa menyelidiki dengan cermat kejadian yang sebenarnya, tidak diketahui keberadaannya. Barangkali dia malu telah membuat repot polisi dengan ulahnya asal memberi laporan tanpa check and re-chek kebenaran suatu peristiwa. Dan tentu saja malu kepada pasutri yang terganggu keasyikannya menonton film laga Gone.

Read More..
|
| edit post

NASIB MUJUR NAPOLEON ELVORD.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Adakalanya di jaman yang serba bersaing dalam persaingan bisnis, terkadang banyak produsen memberikan iming-iming hadiah yang menggiurkan agar barang dagangannya laku terjual dengan cepat. Hadiah itu bisa berupa barang yang ditaksir mahal harganya hingga hadiah segepok uang yang totalnya mencapai jutaan dollar AS. Bahkan di masa lalu kita pernah mendengar yang namanya hadiah lotre dari undian berhadiah saat membeli barang di toko .



Tentu saja setiap orang yang membeli barang yang disertai lotre berhadiah akan berharap dirinya menang dalam undian itu. Semua pembeli barang berhadiah mempunyai peluang sama besar untuk menang dalam undian. Karena itu detik-detik pengundian lotre berhadiah akan dinantikan pesertanya dengan berdebar-debar, barangkali dirinya akan menang untuk mendapatkan hadiah yang cukup besar jumlahnya.



Terkadang ada juga pembeli barang yang cuek saja dengan kupon undian berhadiahnya. Perkara kuponnya nanti memenangkan undian atau tidak itu urusan belakang. Jika memang sudah rejeki ada saja jalannya untuk menang. Toh setiap pembeli yang kuponnya cocok dengan nomer undian akan dihubungi oleh pihak penyelenggara undian atau petugas toko tempat kupon undian itu dijual.



Orang cuek yang bernasib baik itu adalah Napoleon Elvord asal Madison, Wisconsin, Amerika Serikat yang dihubungi pegawai toko tempatnya dia membeli barang berhadiah lotre . Pegawai toko yang baik hati ini mengetahui bahwa mereka telah menjual menjual kupon berhadiah lotre dan salah satu pemenangnya adalah Napoleon. Pemberitahuan menang undian berhadiah sebanyak 2 kali ini toh tidak membuat Napoleon segera sadar bahwa dia sebenarnya memenangkan hadiah lotre tersebut.



Waktu berjalan terus akhirnya membuat Napoleon sadar juga bahwa tak ada salahnya mencocokan nomer kuponnya dengan nomer-nomer pemenang lotre yang sudah diundi. " Siapa tahu nasib baik ada pada saya," batin Napoleon berharap dia menang undian berhadiah itu. Akhirnya Napoleon Elvord memeriksa sekali lagi tiket yang dibelinya dan membawa tiket itu ke kantor pengundian lotre.



Masih tidak percaya dengan pemberitahuan dari pegawai toko kopi itu bahwa dirinya memang benar menang undian, Napoleon sekali lagi mencocokkan kuponnya dengan nomer yang dinyatakan menang undian. Ternyata benar apa yang dikatakan pegawai toko, bahwa dirinya menjadi salah satu pemenang undian berhadiah total 14,3 juta dollar AS.



Pucuk dicinta ulam tiba, bersakit-sakit dulu bersenang-senang kemudian. Itu barangkali yang bisa menggambarkan rasa gembira dan bahagia dalam diri Napoleon Elvord saat itu. Pasalnya dengan hadiah sebesar 14,3 juta dollar AS, dia akan memanfaatkan uang hadiah itu untuk keperluan penyembuhan penyakitnya yang sudah lama diidapnya. Elvord yang akan berusia 60 tahun ini harus menjalani pencucian darah dan perlu transplantasi ginjal.



Ketika ditanya UPI untuk apa uang sebanyak itu akan digunakan, Elvord menjawab, " Saya akan menggunakan uang tersebut untuk mendapatkan asuransi kesehatan dan melanjutkan pengobatan penyakit ginjalnya, " katanya. Berita gembira itu akhirnya dimuat di sejumlah media di AS dan Kanada pada 21 Januari lalu. Napoleon Elvord pun berencana mengisi sisa hidupnya setelah transplantasi ginjal dijalaninya, untuk pulang kampung ke tempat asalnya di Texas.

Read More..
|
| edit post

BERLATIH MEMBERSIHKAN JALUR ENERGI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 19 Februari 2012 0 komentar

Banyak orang mengira bahwa belajar Reiki identik dengan melakukan meditasi. Sebenarnya ini tidak seluruhnya benar. Tanpa melakukan meditasi pun asalkan Anda sudah mendapatkan penyelarasan (attunement) maka energi Reiki akan mengalir di dalam tubuh Anda.



Namun seiring perjalanan waktu dalam belajar Reiki kebutuhan meditasi pun sebaiknya dipraktekkan karena dengan melakukan meditasi, pada hakekatnya kita juga terus mengaktifkan chakra-chakra di dalam tubuh. Sasarannya yaitu agar chakra utama semakin bersih, berkembang dan mampu menyerap energi alam semesta dengan maksimal. Jika dalam tubuh terdapat energi positif yang bersih karena berhasil diakses chakra utama ( chakra mahkota ), maka tujuan hidup sehat dengan praktek reiki bisa terwujud, Insya Allah .



Lalu caranya bagaimana agar tubuh tetap sehat? Yaitu melakukan latihan Reiki sesering mungkin dengan praktek self healing juga healing kepada orang lain baik jarak dekat atau jarak jauh. Semakin sering mengakses dan menyalurkan reiki, maka akan semakin meningkatkan kualitas jalur energi Praktisi Reiki. Sebagai Praktisi Reiki kita hanyalah " penyalur " energi Ilahi.



Perlu diketahui bahwa energi Reiki tidak akan habis digunakan. Sebab energi Reiki adalah energi alam semesta yang instan (ada dengan sendirinya). Begitu Anda membuat afirmasi dan mengarahkan energi reiki bekerja maka energi Reiki akan segera mengalir sesuai dengan afirmasi yang Anda ucapkan.



Ibarat pesawat Radio/televisi yang telah kita set frekwensi gelombangnya pada saluran tertentu, praktisi Reiki tinggal meniatkan energi bekerja dan mengalir, maka Reiki pun mengalir dengan sendirinya di dalam tubuh Anda. Afirmasi ibarat menekan tombol on/off di pesawat televisi/radio Anda. Seperti halnya pipa saluran air yang bisa mampet jika tidak dibersihkan, maka pembuluh energi (tubuh eterik) pun juga perlu dibersihkan dengan menyalurkan Reiki sesering mungkin.



Jika saluran energi pada tubuh energi (tubuh eterik) bersih dan melebar maka energi Reiki juga meningkat kualitas dan kuantitasnya. Untuk membersihkan dan melebarkan jalur energi saat praktek Reiki dilakukan langkah-langkah persiapan sebagai berikut:



a> Pernafasan Perut. (Untuk Praktisi Reiki dan Non Praktisi Reiki)
Pernafasan perut digunakan ketika persiapan meditasi dan penyaluran Reiki. Tujuannya untuk mengembangkan chakra utama dan juga menghimpun energi Reiki. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini:



1. Duduk dengan rilek bisa bersila atau di kursi tanpa sandaran, senyumlah setiap mengawali meditasi ini.



2. Tarik nafas dengan santai melalui hidung sehingga rongga perut dikembungkan dan lepaskan nafas melalui mulut dengan bunyi mendesis sehingga perut mengecil ke dalam.



3. Untuk mengembalikan tenaga lakukan tarik buang nafas ini dengan pola nafas segitiga dengan rincian tarik nafas dalam 8 hitungan dan mentok di dada, lalu tahan sebentar nafas di dada 5 hitungan, kemudian buang nafas dalam 8 hitungan pula melalui mulut. Selesai tahan nafas sebentar, lalu lakukan pengulangan pernafasan segitiga ini sebanyak 10 kali. Jika sudah merasa rileks, lakukan meditasi dengan bernapas alami, yaitu tarik dan buang napas lewat lubang hidung.



b> Pernafasan 7 Chakra (P7C). (Khusus Praktisi Reiki)
Lakukan pernafasan hidung-mulut dengan memfokuskan pikiran pada Chakra Mahkota dan rasakan sensasi di titik Chakra ini. Lalu tarik nafas dalam hitungan 1-2-3-4-5-6 secara perlahan-lahan melalui hidung lalu tahan nafas di dada dalam hitungan 1-2-3-4.



Perlahan-lahan buang nafas melalui mulut sebanyak 1-2-3-4-5-6. Selesai lalu ulangi sampai 3 kali tarik dan buang nafas. Kemudian pindahkan titik perhatian ke Chakra Ajna-Tenggorokan-Jantung-Solar Fleksus-Sex dan Chakra Dasar. Masing-masing chakra sebanyak 3 kali pengulangan.



Metode lain untuk mengembangkan Chakra-chakra utama dapat dilakukan dengan menggambar (Simbol Cho Ku Rei)- (Sei Hei Ki)- (Hon San Zo Se Nen) di Chakra Mahkota. Lalu arahkan kedua telapak tangan di Ubun-ubun (chakra Mahkota) dengan afirmasi, " Bersihkan - seimbangkan/ratakan lembaran chakra - bersihkan inti chakra".



Tahan sebentar kedua telapak tangan ini di Chakra Mahkota dan rasakan sensasinya. Selesai Chakra Utama lalu lakukan langkah serupa untuk Chakra-chakra utama lainnya dengan afirmasi Chakra Utama di ganti Chakra Ajna....dst.... hingga Chakra Dasar.



Bila latihan ini dilakukan secara rutin setiap pagi atau malam sebelum tidur maka akan mengembang pula chakra-chakra utama dengan cepat dan sempurna sehingga Chakra-chakra utama ini akan dapat menyerap energi alam semesta ke dalam tubuh dengan baik. Semakin bersih dan mengembang chakra utama maka semakin sehatlah tubuh energi Anda.



Ketika tubuh energi Anda bersih maka akan didapatkan out put tubuh sehat lewat latihan reiki. Semoga panduan singkat ini bermanfaat untuk Anda semua dan selamat berlatih.

Read More..
|
| edit post

SIMBOL RAKU DALAM REIKI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Beberapa waktu lalu seorang sahabat menanyakan simbol reiki Raku dan apa fungsinya simbol itu digunakan. Sebagaimana diulas dalam jurnal Reiki sebagaimana dikatakan Stein, bahwa Raku melakukan tugasnya lebih dari sekedar untuk attunement, yaitu memutuskan hubungan eterik praktisi dengan pasien yang diterapi. Raku merupakan simbol untuk tingkatan Reiki III.



Prof. Dr. Sutan Remi SH dalam buku Hidup Sehat dengan Reiki mengulas, Simbol Raku adalah simbol tambahan dalam Reiki yang digunakan pada akhir penyembuhan pasien jarak dekat atau jarak jauh. Simbol ini berfungsi untuk memutuskan hubungan eterik antara pasien dengan praktisi Reiki. Maksudnya memutuskan hubungan aura dan energi pasien yang sakit dengan Reiki Healer (praktisi Reiki) agar penyembuh terhindar dari kemungkinan tertular energi penyakit pasien ( halaman 313 s/d 315 ).



Simbol Raku pada umumnya tidak digunakan untuk penyembuhan diri sendiri (self treatment), tetapi membantu mengeluarkan unsur negative yang menumpuk di tubuh pasien dan membuangnya ke dalam bumi tanpa merugikan makhluk yang hidup di dalam bumi. Simbol ini membantu pula hubungan positif pasien dengan bumi dan alam semesta secara positif. Untuk mengaktifkan simbol ini cukup digambar sebanyak 3 kali gerakan tanpa dihubungkan dengan Reiki.


Simbol Raku untuk memutus hubungan eterik antara pasien dan praktisi reiki pada akhir sesi penyaluran energi reiki jarak dekat atau jarak jauh dimana jumlah pasiennya lebih dari satu orang.


Aplikasi penggunaan simbol Raku sebagai berikut:



1. Membuang Energi Negative Ke Bumi (Grounding) dengan afirmasi, " Seluruh
energi negative pasien (energi penyakit) digrounding ke bumi. Dengan izin
Tuhan Yang Maha Kuasa, terjadilah." Lalu gambar simbol Raku di belakang
tubuh pasien sepanjang tulung sumsum mulai dari kepala turun ke bawah mengarah ke tanah ( bumi ). Gambar simbol 3 kali gerakan.



2. Memutuskan hubungan Eterik dengan afirmasi, " Saya putuskan hubungan eterik saya dengan pasien agar tidak merugikan saya, lalu perbaiki hubungan pasien ini dengan alam semesta juga dengan bumi secara positif. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, terjadilah."



Simbol Raku mulai dipakai ketika praktisi Reiki sudah menduduki level 3 dalam pembelajaran Reiki. Simbol ini juga dipakai untuk attunement (penyelarasan) namun tidak digunakan dalam penyembuhan diri sendiri praktisi reiki. Pada akhir attunement simbol Raku digunakan untuk grounding.



Gerakan simbol Raku ketika dibuat seperti gerakan petir di angkasa menyambar ke bumi. Sedemikian cepat gerakan menggambar simbol Raku melukiskan bagaimana dahsyatnya petir ketika menyambar benda yang menonjol di permukaan bumi yang rata.

Read More..
|
| edit post

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.