ON LINE

Followers

EDUKASI PENYAKIT MAAG VERSI REIKI KUNDALINI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 31 Januari 2012 0 komentar

Perut terasa nyeri atau merasa seperti ditusuk di bagian bawah ulu hati yang terjadi sebaiknya segera Anda cermati dengan baik gejala itu dan jangan diremehkan. Hal itu terjadi karena pelakunya sering membiasakan diri sering makan pedas, asam dalam kondisi perut kosong. Ditambah lagi kebiasaan menunda makan dikala perut sudah merasakan lapar. Akibatnya boleh jadi dia akan menderita penyakit yang orang modern ini menyebutnya maag.



Itulah kondisi dan gaya hidup saya sejak masih sekolah dulu hingga saatnya melamar pekerjaan. Akibatnya saya terkena penyakit maag. Para ahli kesehatan bilang bahwa penyebab utama sakit maag adalah pola makan yang kurang baik dan tak teratur waktunya. Di samping itu ada faktor lain yang mengakibatkan penderita sakit maag di Indonesia cenderung tinggi.



Faktor lain itu adalah gaya hidup menyantap makanan karena ragam kuliner di Indonesia yang cenderung bercita rasa asam dan pedas yang orang selalu bilang sangat terasa nendang di tenggorokan jika makanan pedas itu masuk rongga mulut. Karena itulah penderita maag di Indonesia semakin banyak jumlahnya, bahkan anak muda seusia sekolah pun sudah ada yang terkena sindrom penyakit maag ini.



Dalam memerangi sakit maag sejumlah langkah efektif ditempuh. Salah satunya dengan menciptakan formula baru untuk mengatasi kadar asam berlebih dalam lambung sebagaimana dirasakan penderita sakit maag. Para ilmuwan Jepang saat ini telah menciptakan inovatif baru berupa Hydrotalcite. Formula ini terbukti mampu membantu menetralkan asam lambung setelah melalui penelitian.


Terjadinya gastritis atau peradangan lambung, pada awalnya karena asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang semula membantu lambung malah merugikan lambung. Asam lambung akan merusak dinding lambung itu sendiri, karena sifat asam yang korosif (mengikis).


Prinsip kerja hydrotalcite adalah bersifat basa akan membantu menetralkan asam dalam lambung yang berlebihan. Lambung akan dilindungi oleh formula ini lebih lama karena bekerja secara local dan tanpa melalui peredaran darah. Sifatnya yang mampu bertahan lama dalam lambung membuat kinerja unsur hydrotalcite semakin effektif.



Edukasi dalam menangani penyakit maag salah satunya mengingatkan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati setelah penyakit maag datang menyerang lambung. Karena itu sebelum penyakit maag menyerang atau justru bertambah parah, pencegahan perlu dilakukan segera. Salah satunya mengatur pola makan yang baik dan teratur setiap harinya menjadi menu wajib edukasi untuk diperhatikan oleh si penderita sakit maag.



Menahan diri agar orang yang masih sehat dari gangguan penyakit maag tidak mengonsumsi makanan yang asam dan pedas. Inilah pentingnya edukasi tentang penyakit maag pada masyarakat saat ini. Pemberian edukasi ini tak hanya diberikan di bangku sekolah atau media massa oleh para ahli medis saja, melainkan para pengambil keputusan perlu juga terjun langsung ke masyarakat memberikan penyuluhan tentang penyakit maag.



Bagi saya pribadi...sehat dengan reiki kundalini yang pernah mengalami bagaimana tidak nyamannya menderita sakit maag bertahun-tahun, perlu memberi tip sehat ala sehat kundalini reiki. Salah satunya mengkondisikan setiap hari mengatur pikiran tetap rileks, tidak kemrungsung dan grusa-grusu sehingga menyebabkan jantung berdebar-debar sehingga memunculkan rasa cemas, keluar keringat dingin yang langsung diikuti oleh perut mual.



Setelah belajar dan praktek reiki saat self healing dengan menyalurkan energi reiki selalu difokuskan ke chakra solar pleksus cukup lama seraya meraba kulit perut. Biarkan energi reiki kundalini yang hangat terkadang panas mengalir terus menerus ke seluruh isi rongga perut atas hingga perut bawah di sekitar organ kelamin dan dubur.



Affirmasi yang dirancang agar energi reiki bekerja untuk mengurangi sekresi asam lambung ( bagi yang sudah menderita sakit maag ), menormalkan hormon lambung dan tentu saja menukarkan rasa mual menjadi rasa nyaman. Lebih dari itu energi reiki juga bekerja untuk mengeluarkan energi stress yang setiap saat menimpa tubuh. Anda mau mencoba terapi ini untuk diri sendiri dan orang lain, tak ada salahnya dicoba ya?

Read More..
|
| edit post

Minggu ketiga di Solo Januari 2012 kemaren, saya bertemu dengan kakak sepupu dari pihak Ibu di rumahnya yang asri di Desa Banaran Sukoharjo. Dalam perbincangan penuh kekeluargaan, kakak saya ini begitu terlihat pucat sekali wajahnya kendati hari sudah beranjak siang. Wajahnya terlihat letih kurang bersemangat. Dan tiba-tiba dia minta izin sebentar untuk pergi ke belakang.



Tak lama kemudian saya mendengar suara kakak sepupu saya seperti orang sedang ingin memuntahkan sesuatu. Rasanya suara itu sudah cukup akrab di telinga saya dan mirip dengan suara kaum perempuan yang sedang ngidam dengan suara khas-nya ketika dia dinyatakan sedang hamil muda. " Hoeek...hoeek...hoeek...hoeek...hoeekkkkk, " begitulah suara yang tidak sedap untuk terus terdengar dan bersumber dari dalam kamar mandi. Tiada lain suara itu adalah suara menahan kesakitan karena asam lambung sedang naik dan mendesak ulu hati.



Kalau suara perempuan yang sedang ngidam alias hamil muda dan sering bersendawa karena memang sudah kodratnya begitu, tidak demikian dengan suara orang yang susah untuk memuntahkan sesuatu yang dirasa pahit di kerongkongan. Ternyata kakak sepupu saya itu sekarang ini sedang terkena maag akut yang luar biasa sakitnya jika rasa pahit sudah menyodok ulu hatinya. Begitu rasa pahit karena asam lambung naik sampai ke mulut lalu dimuntahkan keluar mulut, perut terasa lega dan tidak kembung lagi.



" Maaf saya menahan sakit karena asam lambung naik dan terasa pahit sekali di kerongkongan. Jika sudah bisa saya muntahkan tadi, perut jadi lega. Namun kondisi itu selalu berulang setiap saat. Tidak mengenal waktu. Terkadang siang bisa juga malam hari menjelang tidur, " katanya sembari memberikan deskripsi bahwa penyakit yang diidapnya itu sudah berlangsung cukup lama sehingga sangat mengganggu aktivitasnya untuk bekerja.



Mendengar penuturannya itu saya langsung teringat kepada diri saya sendiri ketika di tahun awal 1979, saya pun pernah terkena sakit maag akut yang gejalanya mirip dengan yang dirasakan oleh kakak sepupu saya saat ini. Sakit maag justru datang tatkala saya mulai bekerja di mass media televisi Jakarta kala itu. Tentu saja rasa sakit itu sungguh menyiksa dengan keluhan perut perih, mual yang hampir menyerang tiap pagi atau sore hari.


Tembolok ayam kampung yang dibelah dua lalu belahannya direndam dengan air dan dimasak hingga matang.


Akibatnya setiap menunggu jemputan kantor di Jalan Matraman Jakarta Timur atau di Jalan Pramuka Jakarta Timur setiap pagi hari, saya sudah mengantongi biskuit dan air mineral agar jika rasa mual itu muncul, segera saya telan sepotong biskuit yang lalu digelontorkan dengan seteguk air putih mineral. Jika sudah begitu rasa mual dan perut perih dan disertai rasa pahit akan hilang segera namun hanya untuk sesaat.



Akhirnya entah darimana datangnya pertolongan setelah usaha medis mengatasi penyakit ini tak kunjung reda, mendadak seorang nenek asal Bogor yang menjadi tetangga di Kampung Kayumanis Jatinegara datang menjengukku. Beliau sebut saja Mak Waas memberikan resep jitu atasi maag akut dengan ramuan tradisional, yaitu bahannya mudah didapat dan terkadang oleh penjualnya dibuang begitu saja karena memang organ ini tidak berguna untuk dikonsumsi. Organ apa yang tidak berguna itu kawan?



" Tembolok ayam kampung kan ada di sekitar kita. Organ tempat menampung makanan yang dicocol mulut ayam di tempat kotor ini memang mudah didapat bahkan diperoleh gratis dari penjual ayam potong kampung di dekat rumah, " kata Mak Waas kala itu. Organ tembolok ayam jika sudah dibelah menjadi dua akan terlihat banyak berisi butiran pasir lalu dibuang kotorannya.



Kulit tembolok lalu dicuci bersih dengan air dan untuk mengurangi bau amis, cuci dengan air rendaman daun jeruk purut menjelang ditiriskan sebelum nantinya direbus dengan air putih sebanyak 2 liter. Tentu saja untuk mendapatkan tembolok ayam segar setiap hari gampang memperolehnya, mengingat di kawasan Kebon Kelapa menjadi arena pemotongan unggas ayam.



Maak Waas begitu telaten memberikan resep ini kepada saya. Beliau tidak segan mencarikan tembolok ayam yang syaratnya harus berjumlah 3 buah di pasar Jatinegara atau Pasar Pal Meriam. Begitu tembolok sebanyak 3 buah sudah dibelah menjadi 2 dan dicuci bersih, lalu direbus dengan air putih diberi 4 atau 5 lembar daun jeruk purut atau jeruk nipis. Rendaman air dengan 3 tembolok yang sudah dibelah dan dikeluarkan isinya, terus dibiarkan mendidih airnya hingga tersisa kira-kira tinggal 1,5 gelas dan siap diminum sebagai ramuan atasi rasa mual.



Minum air rendaman 3 buah tembolok ayam memang terasa kesat dan sedikit getir di mulut. Sebaiknya diminum di pagi atau sore hari. Namun dengan keinginan kuat untuk sembuh bebas dari rasa mual terpaksa saya konsumsi ramuan itu setiap hari selama hampir 3 minggu. Ternyata rasa getir air rendaman tembolok ayam yang hilang bau amisnya karena dicampur dengan daun jeruk purut atau nipis, bisa menahan rasa mual untuk tidak lagi mengeluarkan asam lambung yang jika keluar lewat mulut rasanya pahit sekali bagaikan menelan brutowali.



"Akhirnya berkat ketekunan mengonsumsi air rendaman tembolok ayam kampung, saya terbebas dari serangan maag hingga sekarang ini. Dalam perjalanan dinas keluar kota rasa mual itu pun tidak menghantui lagi dibandingkan dengan sebelum mengonsumsi air tembolok ayam, " tutur saya...sehat dengan kundalini reiki kepada kakak sepupu yang ingin segera terbebas dari gangguan maag akut itu.



Mendengar penuturan itu, kakak sepupu pun berniat mencoba resep ini dan berjanji untuk mulai mengatur pola hidup sehat alam medis kedokteran. Tentu dibantu terapi reiki kundalini dari saya sekaligus belajar mengendalikan pikiran agar tidak gampang stress. Ya..stres memang menjadi pemicu datangnya rasa mual yang disertai jantung berdebar-debar jika seseorang sudah dihinggapi sakit maag akut.

Read More..
|
| edit post

GETUK KETHEK DARI SALATIGA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 30 Januari 2012 1 komentar

Kota Salatiga yang berada di tengah ruas jalan raya antara Semarang-Solo memang mempunyai wisata kuliner berbau unik. Bagaimana tidak unik kalau di kota ini ada makanan gethuk tapi mempunyai nama khas binatang, yaitu Kethek. Penyebutan nama binatang untuk nama sebuah produk makanan bukan berarti ingin melecehkan nama makanan itu tetapi hanya sekedar untuk pembeda saja dari jenis makanan singkong yang sudah ada. Di Salatiga inilah nama gethuk itu menjadi terkenal setelah ditambahi dengan kata "kethek" sehingga menjadi Gethuk Kethek.



Hermansyah seorang sahabat sehat dengan kundalini reiki dari Televisi Jawa Tengah yang baru-baru ini berkunjung ke pabrik gethuk tadi, mewartakan lewat streaming via FTP Internet. Bahwa gethuk kethek adalah oleh-oleh khas Salatiga dan tidak dijual di kota lain. Nama Kethek alias monyet sengaja dipakai sebagai penanda untuk membedakan dengan pengrajin gethuk lainnya yang ada di kota ini.



Gethuk Kethek sebenarnya hanya sebuah nama saja tidak lebih. Pemberian nama ini hanya sebagai penanda bahwa Gethuk Kethek tetap sama dengan rasa Gethuk lainnya yang sudah terlanjur ada dan diperjualbelikan di kota ini. Penjual Gethuk Kethek dapat kita jumpai di Jalan Argo Tunggal pertigaan ABC Salatiga, tepatnya beberapa meter dari Jalan Jenderal Sudirman.


Getuk Kethek juga terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk halus. Cara penyajian bisa ditaburi parutan kelapa dan gula pasir.


Agar pembeli tidak kehabisan disarankan memesan lebih dulu. Mengingat proses pembuatan gethuk hanya dilakukan di pagi dan sore hari dengan jumlah terbatas, maka kepada pembeli dapat memesan sehari sebelum gethuk dibuat. Gethuk yang diproduksi terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk secara terpisah hingga halus. Tumbukan halus singkong rebus itu lalu dibentuk menjadi bola besar dan diisikan pada cetakan kotak. Sedikit demi sedikit adonan halus singkong rebus ini memenuhi kotak cetakan.


Getuk lindri keju dengan tampilan warna kuning kunyit sungguh menggugah selera.


Selain gethuk ketek, gethuk lindri pun juga dijual. Memang Gethuk Lindri sebagai nama ghetuk cukup terkenal bagi penikmat ghetuk. Makanan ringan murah meriah ini disajikan sebagai camilan di sore hari. Di dapur pembuatan gethuk, pengunjung dapat melihat langsung proses produksi gethuk. Gethuk yang telah dicetak lalu dikeluarkan dan dikemas. Satu bungkus gethuk isi 20 potong dijual seharga 7000 rupiah.



Cukup murah bukan makanan khas ini? Kelebihan gethuk ini adalah rasanya yang manis gurih ditambah tekstur adonan yang membentuk gethuk, cukup halus sehingga hanya mengulum saja di mulut, maka gethuk akan tandas masuk kerongkongan. Selama proses pembuatan gethuk kethek atau pun lindri tidak menggunakan bahan pengawet. Mengingat gethuk sebagai makanan yang harus segera dikonsumsi, maka gethuk tidak perlu disimpan di lemari pendingin.

Read More..
|
| edit post


Judul di atas sengaja saya buat ketika libur Imlek ini aku ngak ngantor. Bener-bener libur. Mendengarkan musik Radio Sonora diselingi ucapan Imlek 2012 yang dibacakan penyiarnya bagi yang merayakannya. Kebanyakan ucapan yang dibacakan penyiar itu bersifat seremonial belaka sebatas ucapan sukses banyak rejeki, karier naik, enteng jodo dan jarang ada satu pun ucapan, semoga selalu sehat di saat Imlek ini dan sehat di hari-hari selanjutnya.



Aku berpikir di jaman yang serba materialistik ini kesuksesan kok selalu diukur dengan banyaknya uang. Sukses terasa belum lengkap kalau tidak mempunyai kendaraan pribadi yang baru diluncurkan ke pasaran. Lalu ada jabatan tinggi, rumah yang bertebaran di sana sini, rekening bank yang bertaburan, jumlah kartu kredit yang bermacam-macam alamatnya. Tapi hampir tidak ada ucapan yang menentramkan hati semisal, semoga sukses dan sehat walafiat ketika jiwa kita masih menyatu dengan badan yang fana ini.



Sungguh ketika sebagian orang kesulitan dalam hidup ini dengan kerja banting tulang siang malam hanya untuk sesuap nasi, ada warga yang merayakan Imlek dengan membakar kembang api yang harganya jutaan rupiah. Ini terjadi di Pontianak sebagaimana aku dengar dari laporan Reporter Sonora Pontianak Senin pagi tadi. Ya boleh saja itu kan cermin kesuksesan warga yang merayakan Imlek dengan membakar uang dalam bentuk kembang api. Toh Imlek kan dirayakan setahun sekali.



Namun apalah artinya uang banyak dihambur-hamburkan kalau suatu saat pemilik tubuh tiba-tiba rentan terhadap penyakit? Ujung-ujungnya uang akan berhamburan pula dihabiskan untuk merawat tubuh ciptaan Tuhan bila telah jatuh sakit. Karenanya sudah seharusnya Anda merawat badan agar tetap sehat sesuai dengan anjuran dokter agar dapat hidup sehat dengan baik dan benar. Baik di sini selalu berkawan dengan pikiran positif menjahui pikiran negatif.


Warga Tionghoa memadati Klenteng Kwan Kong di Jl Sulawesi Sulsel untuk merayakan malam tahun baru Imlek 2563 malam tadi. Mereka berdoa untuk kemurahan rezeki dan kesehatan. Foyo by Tawakkal/Fajar


Menarik sekali ucapan Gede Prama di Radio Sonora bahwa dengan semakin banyaknya kita kaya harta akan semakin banyak pula kegelisahan dalam hidup ini. Misal dengan banyaknya mobil di garasi semakin gelisah pula pikiran ini setiap malam memikirkan apakah mobil ini sudah terkunci dengan aman dan tidak akan digondol maling?



Pikiran gelisah di saat malam tiba sebenarnya pemicu kecemasan memikirkan benda duniawi yang dimiliki yang buntutnya akan membuat resah, gelisah dan ujung-ujungnya susah tidur. Kalau sudah begini menenggak obat tidur dengan tujuan bisa tidur nyenyak, menjadi satu-satunya cara yang ditempuh si sulit tidur ini.



Tapi cara ini apakah aman untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita? Mari hidup dengan nyaman apa adanya, tak usah neko-neko. Jalani saja hidup ini bagai air mengalir dari hulu ke hilir dan kita menghanyutkan diri sesuai irama air mengalir apa adanya. Di kala aliran air santer, kita santer jalannya, di saat aliran air tenang arusnya kita tenang juga jalannya. Yang susah mengatur agar aliran air selalu stabil dalam hidup ini. Inilah PR yang kita hadapi dalam hidup ini.

Read More..
|
| edit post

HIDUP SEHAT DI TAHUN NAGA AIR.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 29 Januari 2012 1 komentar

Musim hujan yang saat ini tengah terjadi di Indonesia identik dengan banyaknya penyakit yang mengancam kesehatan di lingkungan sekitar. Penyakit yang biasa menyerang manusia ketika musim hujan tiba, misalnya demam berdarah dan gangguan pernafasan. Sabtu kemaren sehat dengan kundalini reiki bertandang ke Pecinan Glodog untuk melihat persiapan makna Imlek yang sudah berjalan 1 bulan dikaitkan dengan tahun Naga Air 2012.



Seperti diketahui bahwa Imlek atau Sin Tjia dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama. Acara Imlek sendiri meliputi sembahyang kepada Sang Pencipta dan dilanjutkan dengan Perayaan Cap Go Meh. Tujuan sembahyang adalah sebagai wujud syukur dan doa harapan agar di tahun depan mendapat rezeki lebih banyak, untuk menjamu leluhur dan sebagai sarana silaturahmi dengan kerabat dan tetangga.



Perayaan Imlek berasal dari kebudayaan petani China, maka ujud persembahan Imlek adalah berupa sajian jenis makanan khas Imlek. Idealnya pada setiap sembahyang Imlek disajikan minimal 12 macam kue yang mewakili lambang-lambang shio yang berjumlah 12. Di China saat merayakan Imlek maka hidangan yang wajib disajikan kepada tamu adalah mie panjang umur (siu mi) dan arak.



Di Indonesia hidangan yang dipilih biasanya hidangan yang mempunyai arti khusus bagi seseorang misalnya " kemakmuran, panjang umur, keselamatan atau kebahagiaan " dan ini merupakan hidangan kesukaan leluhur etnis Tionghoa. Kue-kue yang dihidangkan biasanya lebih manis daripada biasanya. Diharapkan dengan hidangan yang serba manis ini, kehidupan di tahun mendatang menjadi lebih manis. Di samping itu juga dihidangkan pula kue lapis sebagai perlambang rezeki yang berlapis-lapis.



Kue mangkok dan kue keranjang juga merupakan makanan yang wajib dihidangkan pada waktu persembahyangan menyambut datangnya tahun baru Imlek. Biasanya kue keranjang disusun ke atas dengan kue mangkok berwarna merah di bagian atasnya. Ini adalah sebagai simbol kehidupan manis yang kian menanjak dan mekar seperti kue mangkok.


Ilustrasi : Berdasarkan perhitungan astrologi tersebut, tahun ini disebut tahun naga air, yang hanya muncul 60 tahun sekali.


Menurut penanggalan China tahun 2012 ini merupakan tahun Naga Air. Tahun penanggalan Imlek memang diwakilkan dengan 12 macam hewan, yakni tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi. Semua hewan ini disebut shio. Setiap shio pun masih dipengaruhi empat unsur, yakni kayu, api, tanah dan emas.



Kepercayaan Tionghoa kuno, shio adalah zodiak yang memakai jenis hewan untuk melambangkan tahun, bulan, dan waktu. Pada dasarnya, ke-12 jenis hewan ini melambangkan 12 cabang Bumi dan 10 batang tahun yang berupa planet di jagat raya. Kemudian shio tersebut digabung dengan lima unsur alam, yakni logam, air, kayu, tanah dan api, yang membentuk periode 60 tahun.



Menurut Surya Hermanto (53) Sekretaris Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bio di belakang pasar Palmerah mengatakan, " Tahun kerbau 2009 lalu adalah tahun kerja keras. Dibutuhkan usaha yang lebih untuk mendapatkan kemakmuran dan kesejahteraan di tahun kerbau itu, " ujarnya saat itu. Di tahun berikutnya usaha kerja keras juga dibutuhkan dalam menghadapi krisis global yang melanda dunia akhir-akhir ini. Krisis global menyebabkan orang harus berusaha ekstra untuk mendapatkan kemakmuran karena harga-harga kebutuhan meningkat dan harga lain pun ikut meningkat.



Di tahun Naga air 2012 ini pun usaha keras pasti dibarengi pula oleh kerja otak dan fisik yang juga keras. Karena itu kesehatan dan stamina yang prima bagai seekor kerbau yang tengah membajak tanah persawahan dan geliat Naga Air yang lincah mencari kesempatan pun sangat dibutuhkan. Termasuk lincah dalam menjaga kesehatan ala sehat dengan reiki di tahun Naga Air ini.



Lincah alias terampil menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari stress, mengkonsumsi makanan yang bergizi , berolahraga secara teratur-terukur dan tidak merokok. Makanan dan minuman bergizi seperti susu sapi murni yang telah melalui proses sterilisasi tanpa penambahan bahan pengawet dan siap dikonsumsi.



Produk susu ini biasanya mengandung seluruh kebaikan susu dan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Manfaat dari produk susu sapi murni adalah mengurangi efek panas dalam, membantu melancarkan pencernaan, mencegah turunnya stamina setelah bekerja keras atau juga kurang istirahat.



Di samping itu juga manfaat mengkonsumsi susu sapi murni adalah mempercepat proses pemulihan penyakit seperti demam berdarah, tifus dan membersihkan paru-paru dari efek polusi dan rokok. Dengan tambahan nutrisi dari susu, kesehatan dan stamina Anda dalam menghadapi Tahun Baru China bershio Naga Air ini diharapkan terus terjaga sepanjang tahun.



Masih ada satu pertanyaan sehat dengan reiki untuk Anda, justru kenapa di Tahun Naga Air kita diharuskan mengkonsumsi Susu Sapi. Kenapa bukan Susu Kerbau atau Susu Naga? Adakah di antara Anda semua pernah mengkonsumsi susu kerbau dalam hidup ini? Baiklah... apakah Anda siap pula menjalani kerja keras di Tahun Naga Air? Kepada Anda semua sahabat yang merayakan Imlek di tahun ini, semoga suskes adanya. Selalu sehat walafiat dalam setiap kegiatan dimanapun berada. Gung Hay Fat Choy / Chuc Mung Nam Muoi Salam.....

Read More..
|
| edit post

MERAWAT TANAMAN PEPAYA CALIFORNIA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Buah pepaya memang banyak diminati masyarakat karena bisa dikonsumsi langsung sebagai buah segar. Buah pepaya mateng pun bisa ditorehkan dengan sambal pedas dari campuran gula jawa, kacang goreng yang digiling halus, garam, air putih, terasi, cabe rawit atau cabe merah yang diulek jadi satu di atas cobek terbuat dari batu. Makan buah pepaya atau campuran irisan buah lain dan ditorehkan dengan sambal, disebut nglotis alias makan lotis yang oleh orang Solo, tradisi nglotis ini menjadi makanan penutup sehabis makan siang dengan nasi.


Yuk nglotis yuk, adalah sebutan untuk menikmati bersama-sama buah segar sehabis makan siang. Bahan dasar lotis salah satunya pepaya mengkal, nanas, mangga, dondong yang semuanya serba segar. Foto by Mbak Narti Doha, Qatar.


Tentu saja untuk mendapatkan buah pepaya segar untuk bahan nglotis, harus pandai-pandai memilih buah pepaya saat masih dijual tukang buah di pasar. Untuk mendapatkan buah pepaya segar dan mengkal, seorang petani pepaya harus memperhatikan tingkat keasaman tanah tempat biji pepaya disemai. Agar menjadi netral tingkat keasamannya dan tanah menjadi gembur dan lembab, maka petani harus membuat bedeng yang sekaligus berfungsi sebagai penyerap air yang menggenang.



Sedangkan jarak penanaman bijih pepaya diusahakan 1 meter. Dengan demikian akan memudahkan pengontrolan tanaman setiap saat jika sudah tumbuh besar dan siap berbuah. Untuk mencegah agar tanaman pepaya tidak terkena penyakit, petani harus memastikan bahwa tanah yang akan ditanami dengan bibit harus bersih dari bonggol sisa tanaman sebelumnya yang telah dirobohkan. Mengingat bonggol tanaman sebelumnya dapat merangsang pertumbuhan jamur yang dapat merusak tanaman pepaya.



Saat merawat tanaman pepaya pun tidak sulit. Cukup dengan membersihkan gulma yang tumbuh, menyiangi semak-semak perdu dari kumpulan rumput liar di sekitar batang tanaman pepaya. Sambil menyiangi tanaman, petani pun dapat memberikan pupuk minimal 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk organik dan anorganik. Pemupukan budidaya tanaman pepaya California sangat penting dan jika tidak rajin memberikan pupuk, maka pertumbuhan tanaman pepaya akan merana dan kelak buahnya pun tidak manis saat dipanen.



Selain itu pula buah yang belum sempat berkembang menjadi besar bisa saja gugur. Kalau sudah demikian dapat dipastikan akan merugikan para petani yang sudah susah payah menanam dan merawat tananaman pepaya. Mengingat penyakit pada tanaman pepaya seperti ulat dan jamur bisa saja menyerang buah, batang dan daunnya. Buah pepaya yang sudah terserang hama jamur itu bisanya buahnya akan berwarna menjadi putih.


Buah pepaya California sangat laku di pasar tradisional maupun di supermarket. Buah segar pepaya sangat bermanfaat dimakan untuk mempermudah keluhan susah BAP. Foto by Video Trans TV.

Buah pepaya California yang bergelantungan di dahan pohon siap dipanen setelah masa tanam selama 7 bulan dengan syarat kondisi tanaman pepaya bebas dari serangan hama penyakit tanaman. Foto by Video Trans TV.


Bisanya untuk mencegah timbulnya hama jamur, belalang, ulat yang doyan sekali memakan daun pepaya, petani dapat menggunakan pestisida sebagai penangkal hama ini. Karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati tanaman pepaya jika sudah terlanjur terkena hama. Agar tanaman pepaya dapat tumbuh subur, tindakan mengusir serangan hama pada tanaman pepaya harus menjadi perhatian petani sejak tanaman mulai tumbuh tunasnya di ladang penyemaian.



Tentu saja pepaya California ini jika benar-benar dirawat dengan baik dapat menghasilkan 22 buah dalam satu pokok batang pohon pepaya. Untuk itu yang tak kalah penting merawat secara intensif sejak ditanam hingga umur 3 bulan. Sementara masa panen buah pepaya sudah dapat dilakukan saat tanaman berusia 7 bulan.



Dengan memetik buah pepaya California sekali panen setiap minggu, dapat dihasilkan buah pepaya mengkal, segar sebanyak 2 ton untuk setiap hektarnya. Anda tertarik menjadi wirausaha buah pepaya California, tidak ada salahnya mencoba. Juga bisa mencoba menanam satu pohon pepaya di pekarangan Anda.

Read More..
|
| edit post

PEPAYA JENIS CALIFORNIA DISUKAI BANYAK ORANG.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 28 Januari 2012 0 komentar

Berkunjung ke Pontianak beberapa waktu lalu rasanya tidak lengkap kalau tidak melihat sentra agribisnis budidaya pepaya jenis California. Selain tanaman pepaya, pusat agribisnis ini juga menanam lidah buaya. Kedua komoditas pertanian ini bahkan telah menjadi produk unggulan di Pontianak.



Memang membudidayakan pepaya jenis California tidak sulit. Yang perlu diperhatikan adalah perawatan yang teliti mengingat tanaman pepaya rawan terhadap hama penyakit dan jamur. Syarat lainnya adalah perlunya lahan pertanian yang gembur dan tidak lembab.



Orang tentu tahu apa itu kates alias pepaya. Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang terus berbuah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Baik musim kemarau atau penghujan, pohon pepaya akan terus berbuah. Selain sebagai sumber bermacam vitamin, protein, lemak dan serat, pepaya juga memiliki banyak manfaat lain.



Kandungan papain dalam buah pepaya dapat digunakan sebagai bahan penyamaan kulit, menghilangkan perekat pada sutera, melembutkan wol, mengempukan daging. Selain itu buah pepaya juga kerap dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mempercepat penyembuhan luka. Buah pepaya pun dikonsumsi untuk mempermudah seseorang buang air besar jika mengalami sembelit.


Pepaya dengan buah lonjong berasal dari Amerika Tengah dan daerah Karibia. Tumbuh subur sepanjang tahun dan pohon pepaya nya lebih pendek dibanding jenis pepaya lain, paling tinggi sekitar 2 meter. Daunnya berjari banyak dan memiliki kuncung di permukaan pangkalnya. Buahnya juga berkulit tebal dan permukaannya rata, dagingnya kenyal, tebal dan manis rasanya. Berbobot berkisar antara 600 gram sampai dengan 2 kilogram setiap buahnya.


Konsumsi buah pepaya bagi penduduk Indonesia tercatat rata-rata 2 koma 86 kilogram per kapita. Menduduki peringkat kedua setelah buah pisang yang mencapai 9 koma 05 kilogram per kapita, maka tingkat konsumsi pepaya masyarakat Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan konsumsi buah pepaya penduduk Malaysia. Orang Malaysia rata-rata mengonsumsi buah pepaya sebesar 5 koma 6 kilogram per kapita.



Mengacu pada data itu peluang pembudidayaan pepaya dengan kualitas yang unggul masih sangat terbuka luas bagi pemilik modal yang tertarik pada bisnis buah pepaya ekspor. Apalagi di Indonesia banyak daerah yang memiliki lahan sangat cocok untuk membudidayakan pepaya. Misalnya Bogor, Boyolali, Malang dan Pontianak di Kalimantan Barat.



Di Pontianak Kalimantan Barat , pepaya jenis California telah ditanam petani secara turun temurun. Salah satunya adalah berada di kawasan pusat agribisnis Siantan Hulu Pontianak Utara. Pusat Agribisnis Siantan Hulu memiliki luas lahan pertanian seluas 200 hektar lebih.



Namun dari 200 hektar itu baru 55 hektar di antaranya telah dimanfaatkan untuk budidaya komoditas pertanian lainnya. Mengingat tanah yang bergambut menjadikan lahan di Siantan Hulu ini cocok untuk ditanami pepaya dan juga lidah buaya. Dibandingkan dengan lidah buaya yang telah memiliki pusat pengembangan usaha, produk buah pepaya California masih kesulitan untuk memasarkannya secara besar-besaran. Kondisi demikian membuat petani buah pepaya di Kuantan Siantan masih tetap setia menanam pepaya jenis California.

Read More..
|
| edit post

MEMBUAT READ MORE DI BLOGGER.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Beberapa hari lalu sahabat blogger Mbak Ely di Niedershacen Jerman Utara mengirim email menanyakan ke saya tentang memenggal postingan menjadi 2 bagian agar tidak terlihat panjang ketika muncul di halaman blog WP. Karena yang ditanyakan pada Wordpress, sebenarnya menu memenggal artikel menjadi 2 bagian sudah disediakan WP pada menu 2 kotak yang ditandai dengan tanda titik-titik sebagai pembagi, terletak empat kotak dari sebelah kanan halaman postingan sebelah atas.



Tapi itu pada WP lantas kalau pada Blogger bagaimana cara menuliskannya kode HTML untuk memenggal artikel menjadi 2 bagian dan di akhir tulisan alinea 2 ada tulisan read more atau lanjut. Baiklah langkah pertama kita masuk ke account google kita dulu. Muncul daftar postingan kita yang telah terbit.



Pilih salah satu postingan yang jelas-jelas ingin kita buat tulisan Read More. Ketika lembar tulisan ini sudah muncul dilembar posting, segera blog keseluruhan artikel itu menjadi biru laut dengan menekan shift dan menggoyangkan mouse sehingga keseluruhan artikel terblog biru laut. Lalu tekan CTR (control+ c) atau klik kanan mouse tekan tulisan copi.



Setelah draft tulisan lama disimpan dalam bentuk copi lalu segera buka MS Word dengan halaman kosong dan paste draf tulisan dari bloger tadi dengan menekan ctrl + v secara bersamaan atau cara manual lain yaitu klik kanan lalu pilih tulisan kopi. Selesai mengklik ini otomatis draf tulisan hasil transfer dari bloger akan tersimpan di MS Word.



Selesai dengan penyelamatan draft tulisan dari bloger, kita kembali bertamu ke account bloger milik kita sendiri. Di lembar postingan masih tersimpan draft lama tadi lalu blog secara keseluruhan sehingga menjadi warna biru laut lalu tekan tombol delete. Otomatis tulisan telah lenyap dan lembaran postingan menjadi putih dan siap kita tempatkan kembali transferan draf tulisan kita yang sebelumnya tersimpan di MS Word.



Setelah lembar tulisan di bloger kosong (putih) lalu pilih Edit HTML. Ms Word yang sebelumnya kita mini milize lalu kita klik. Muncul Ms Word dengan draf tulisan hasil penyimpanan transferan bloger. Klik kanan lalu pilih tulisan copi. Kembali masuk ke bloger kita lalu tempatkan mouse tadi ke lembar postingan kosong dan klik paste. Muncul dah draft tulisan kita di bloger. Lalu tentukan paragraf mana yang ingin kita pisah. Misalnya ending paragraf 1 sejajar.



Berikutnya cari paragrap ending dari artikel ini. Bila sudah ketemu lalu ketikan kode sejajar di akhir kata kalimat akhir. Rumus baku pengetikannya adalah < span class="fullpost"> lalu cari ending dari paragraf akhir postingan ini dan sejajar kita ketikan



Untuk jelasnya saya cuplikkan blognya mas/mbak Isnaini yang terlihat seperti ini. Membuat readmore pada Bloger agar dalam satu artikel kalimat paragraf pembuka alinea satu dan dua terbaca dan sisanya ( alinea 3, 4, 5 dan seterusnya tersembunyi). Sisa paragraf lainnya ini hanya bisa dilihat setelah mengklik read more.

Contoh penulisan posting:



Alinea satu ( 1 )



Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang kalo postingan muncul semua. Maksud penulisan dibagi menjadi 2 bagian agar tidak terlihat panjang muncul di halaman postingan. Oleh karena itu saya perlu memotong berita sampai disini saja. Sehabis tanda baca titik ini Anda lalu ketikkan kode HTML yaitu Di alinea akhir postingan misalnya alinea 6 diakhiri dengan tanda baca titik sejajar, Anda ketikan kode



Aline berikutnya, misalnya aline 3, 4, 5 dan 6 adalah sisa postingan saya yang akan saya sembunyikan dan hanya muncul pada saat pengunjung atau penulis blog mengklik link read more. Hasil akhir postingan akan seperti ini:



Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang kalo postingan muncul semua. Maksud penulisan dibagi menjadi 2 bagian agar tidak terlihat panjang muncul di halaman postingan. Oleh karena itu saya perlu memotong berita sampai disini saja. Read more..



Lain halnya bila kita membuat postingan baru di bloger kendatipun kita tidak mengerti kode HTML kita langsung masuk saja ke lembar tulis dan abaikan kode HTML. Tuliskan postingan dengan tidak memikirkan kode HTML. Nanti bila artikel sudah jadi akan terbentuk sendiri kode HTML dari sistem bloger di komputer. Selamat Mencoba!



Sumber : www.isnaini.com

Read More..
|
| edit post

MATERIALISASI REIKI DI AKHIR PEKAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 27 Januari 2012 0 komentar

Baru 2 hari aktif kembali memposting artikel blog ini, sehat dengan kundalini reiki membaca di status facebook saya, ada seorang sahabat yang telah berhasil mempraktekkan materialisasi reiki dengan baik. Untuk keperluan apa materialisasi reiki itu digunakan, tergantung dengan kebutuhan mendesak yang dialami praktisi reiki besangkutan. Ingat materialisasi reiki ingatan sehat dengan kundalini reiki kembali melayang ke masa lampu ketika ikut seminar kesehatan tentang penyakit kanker payudara.



Hari ini Sabtu adalah hari libur kerja. Kebetulan empat tahun lalu tepatnya hari Sabtu pagi 6 Desember 2008, saya menghadiri seminar tentang penyakit kanker yang diadakan Tabloid Gaya Hidup Sehat bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia di Hotel Century Park di Senayan Jakarta. Hotel ini cukup megah dan berada tak jauh dari kantorku masih di sekitar Stadion Gelora Bung Karno.



Saya datang terlambat dan seminar sudah berjalan kurang lebih 1 jam. Peserta yang hadir cukup banyak, ya kurang lebih 250 orang mayoritas yang hadir adalah ibu-ibu yang sudah sepuh namun ada juga yang masih remaja belia usia anak sekolah dan mahasiswa. Sisanya pria paruh baya, bapak-bapak yang sudah sepuh juga ada.



Tema seminar Sabtu pagi itu adalah seputar penyakit kanker, cara penyebarannya, cara pencegahan dini serta gaya hidup sehat macam apa yang harus diterapkan setiap orang agar hidup sehat terbebas dari penyakit kanker. Dr. Melissa di sesi pertama seminar menjelaskan "Kenali dan Hindari Bahaya Kanker." Penjelasan ibu dokter ini cukup jelas dan dimengerti oleh peserta seminar.



Ibu Rima Melati bintang film di era 70 an sebagai nara sumber saksi hidup juga dihadirkan di sesi pertama ini untuk menjelaskan bagaimana dia bisa terbebas dari penyakit kanker. Baik ibu Dokter dan Rima begitu gamblang menjelaskan masalah kanker ini. Dari penjelasan itu saya sempat menangkap kiat sehat setiap manusia agar terbebas dari penyakit kanker.



Salah satu kiat yang mudah dilakukan adalah, di antaranya tidak merokok dan jangan berada di lingkungan perokok. Lalu berusaha mengurangi makanan berlemak yang berlebihan, lebih banyak makan makanan berserat, sayur dan buah-buahan. Jangan pula dilupakan untuk lebih banyak makan-makanan yang mengandung vitamin A,C (antioksidan), lebih banyak makan-makanan segar, kurangi makanan yang diawetkan/diasinkan/dibakar/diasap/diawetkan dengan bahan pengawet.



Bicara makanan yang dibakar, ingat dengan sate kambing yang dibakar dagingnya dan terlihat hitam, usahakan mengurangi sate kambing yang dagingnya dibakar di atas bara api dari areng ini. Namun penjelasan itu masih terasa kurang. Sebagai tambahan disebutkan pula agar kita membatasi minum alkohol, dan memilih makanan bervariasi.



Jangan malas untuk melakukan kegiatan fisik setiap hari, hindari pajanan sinar matahari jam 10-15. Ingat jangan berganti-ganti pasangan sex dan hubungan sex pada usia muda, pertahankan berat badan ideal serta hindari stress. Sesi kedua setelah istirahat makan siang materi seminar dibawakan oleh Dr. Irene Winata juga membahas seputar kanker khususnya kanker payudara. Wah...kanker payudara...., medeni tenan khi ?



Di akhir seminar ini diselingi dengan acara pembagian door prize. Hadiah mulai dari yang sederhana hingga pesawat televisi 21 inch. Entah kenapa kok saya punya feling dan teringat Materialisasi dalam Reiki yang sudah saya pelajari dan praktekkan dan ternyata, Puji Tuhan sudah beberapa kali saya mendapat anugerah Tuhan mendapatkan hadiah door prize mulai dari tingkat Rt, Kelurahan, Kantor, Seminar temu pelanggan seluler, Gerak Jalan Radio Sonora dan pernah Mereiki HP saya agar tetap aktip di masa tenggang dan ternyata tetap aktip bisa digunakan komunikasi.



"Ah, Anda membual," begitu mungkin pertanyaan Anda. Saya tidak membual teman dan praktek materialisasi reiki saya lakukan ketika membaca buku Reiki karya Irmansyah Effendi, bahwa reiki juga bisa untuk mewujudkan materialisasi reiki tentunya dengan usaha keras dalam bekerja. Kalau Irmansyah Effendi tidak mengulas tentang materialisasi reiki, barangkali saya juga tidak akan mempraktekkannya.



Materialisasi reiki bisa juga untuk perlindungan diri. Contohnya saya masih ingat ketika Reiki Master saya pernah menceritakan, bahwa anak didiknya yang kuliah di Unibraw Malang yang belajar Reiki, mampu memproteksi ijasah dan surat-surat penting miliknya dari kehancuran. Saat itu ada bencana dahsyat Tsunami Aceh tahun 2006 silam. Semua dokumen berharga dalam hidupnya itu utuh tidak tersentuh air laut ketika terhempas jatuh di reruntuhan rumah tempat tinggalnya di Aceh sana.



Dharmawati begitulah si Mbak cantik mahasiswi ini biasa disapa, mengucap Puji Syukur Kepada Tuhan, ternyata motor dan buku-buku kuliah serta ijazah miliknya masih utuh di dalam koper setelah dokumen milik pribadinya ini dia selalu proteksi dan perbarui dengan bola energi CKR. Dokumen itu tidak tergores bahkan basah pun tidak, tergolek di atas tumpukan jenazah di kampungnya yang sudah luluh lantak oleh bencana Tzunami.



Kembali ke persoalan seminar tadi sahabat. Ketika satu persatu panitia membagikan hadiah door prize, saya di tempat duduk berdoa kepada Tuhan YME lalu membuat bola energi CKR. Bunyi afirmasi, " Saya sangat senang mendapatkan hadiah door prize siang hari ini, dengan izin-Mu Ya, Tuhan terjadilah!"



Mulailah saya mereiki kupon peserta yang saya pegang dengan tangan kanan dan menyalurkan reiki terus menerus selama pengundian hadiah door prize." Energi Reiki yang menempel di kupon milikku telah sinkron dengan kupon di dalam stoples. Energi reiki terus menerus mengalir selama saya pegang."



Yup, ternyata materialisasi Reiki yang saya buat di seminar ini mengena. Saya yakin tentunya semua peserta yang hadir juga berdoa mohon dibukakan rejeki agar siang itu mendapatkan hadiah door prize. Namun saya punya cara tersendiri dalam mewujudkan materialisasi ini.



Dengan menyalurkan Reiki serta pasrah atas kehendak Tuhan sekalipun di ruang seminar ini gaduh oleh teriakan panitia yang membagikan hadiah. Saya tetap rilek dan energi Reiki semakin deras mengalir ke kupon yang saya pegang. Akhirnya panitia menyebut nama saya sebagai peserta yang mendapatkan hadiah door prize berikutnya.



Saya pribadi juga Mbak Dharmawati sebagai praktisi Reiki sampai saat ini terbiasa membuat bola energi CKR untuk materialisasi Reiki. Materialisasi Reiki di sini saya gunakan untuk memvisualkan keinginan agar tercipta, terealisasi dan terwujud. Disertai afirmasi penegas bahwa bola energi CKR mewujudkan keinginan itu menjadi kenyataan.



Kuncinya hanya satu permohonan kepada Tuhan, pasrah lalu alirkan Energi Reiki ke objek yang dijadikan materialisasi itu. Di sini obyek yang saya pegang adalah kupon di tangan saya dan potongan kupon satunya lagi dikocok. Mau tahu hadiah saya di Sabtu pagi 6 Desember 2008 itu?



Saya dapat hadiah door prize menginap di hotel Century Park. Dan apa dan bagaimana Reiki bisa mewujudkan materialisasi, tunggu saja tanggal mainnya nanti tak jelaskan dalam postingan berikutnya.

Read More..
|
| edit post

Menyalurkan Reiki dari jarak jauh kepada seorang pasien atau beberapa pasien ( massal ) sama mudahnya dengan menyalurkan Reiki kepada seorang pasien secara langsung. Boleh dikatakan penyaluran Reiki jarak jauh malah boleh disebut mudah daripada menyalurkan Reiki secara langsung. Kemudahan ini dikarenakan praktisi Reiki tidak perlu memegang tubuh pasien. Namun dalam penyaluran Reiki jarak jauh ini yang pelu diperhatikan adalah nama pasien, tempat tinggal dan kesiapan pasien menerima Reiki jarak jauh serta pengarahan Reiki kepada pasien tersebut lebih dulu.



Prolog ini saya tulis setelah hampir 1 bulan absen dari memposting artikel di blog, tiba-tiba ada komentar masuk dari seorang sahabat, yang mengirimkan nama-nama daftar pasien yang menghendaki dikirimi energi reiki kundalini. Nama-nama pasien ini berikut data diri, alamat tempat tinggal, jenis keluhan penyakit dan umur pasien. Nama pasien cukup banyak dan jika ditulis atau disalin satu-persatu akan memakan waktu cukup lama. Tentu saja ini tidak effektif di jaman internet yang sudah canggih ini dan dengan mudah pula jalur internet dipakai sebagai media penyaluran reiki jarak jauh.



Sebelum menyalurkan Reiki jarak jauh kepada pasien penerima Reiki perlu diperoleh data pribadi pasien menyangkut nama dan tempat tinggal. Dengan mengetahui nama dan tempat tinggal pasien praktisi Reiki dapat menyalurkan Reiki secara efektif langsung ke sasaran kendatipun identitas alamat pasien tidak lengkap Reiki akan mengalir kepadanya dengan cepat begitu praktisi Reiki menyalurkan Reiki kepadanya.



Loh kok bisa? mana mungkin? itu pasti pertanyaan Anda saat itu. Tidak usah heran sahabat. Reiki adalah energi spiritual begitu cerdik ( smart ) dan langsung mengalir kepada pasien begitu Reiki diniatkan bekerja (on). Dengan bantuan simbol penyaluran Reiki jarak jauh, yaitu simbol energi HSSZN, dieja Hon-Sha-She-Zo-Nen seketika itu akan bekerja sekalipun jarak pasien dengan praktisi Reiki dipisahkan oleh benua, negara, kepulauan bahkan perbedaan waktu antar negara. Tanpa bantuan simbol HSSZN pun Reiki mengalir secara masal kepada beberapa puluh pasien. Tradisi penyaluran Reiki jarak jauh tanpa penggunaan simbol energi reiki ialah tradisi Kundalini Reiki dan Inti Reiki.



Mengirimkan Reiki jarak jauh begitu mudah. Anda tidak perlu memikirkan apakah Reiki yang sedang disalurkan kepada pasiennya sudah diterima. Buanglah pikian itu jauh-jauh. Hanya dengan sikap rilek, pasrah dan niat saja Reiki akan langsung ON mengalir ke pasiennya.Yang dilakukan praktisi Reiki sangat mudah dalam bersikap saat dirinya ingin mengalirkan Reiki kepada pasien, misalnya pasien bernama Anik Mustika seorang pegawai bank Indonesia yang saat ini berada di Eslandia.



Reiki akan diterima yang bersangkutan saat ini juga waktu Eslandia di Eropa sana. Atau mengirimkan Reiki dalam waktu bersamaan ke Halim Achmadi di Jalan Merak 25 Medan Sumatera Utara. Dan dalam waktu bersamaan pasien lain dari berbagai daerah berlainan tempat tinggal juga memerlukan energi reiki. Sekali lagi sikap pasrah yang didahului oleh permohonan doa kepada Tuhan YME bahwa dengan Izin-Nya reiki akan sampai kepada masing-masing pasien di tempat berbeda. Hanya itu saja yang perlu dilakukan praktisi Reiki.



Bagaimana energi yang dikirimkan akan sampai ke nama-nama tersebut, tidak perlu dipikirkan atau dikhawatirkan. Energi tersebut Insya Allah akan sampai tepat sasaran, jika memang masing-masing diri pasien sudah siap untuk menerima reiki kundalini dengan baik dan bukan main-main bersikap menerima reiki kundalini. " Lalu seandainya pasiennya jumlahnya sepuluh bahkan lima puluh atau lebih banyak lagi, apa mungkin terkirim? "



" Wah itu pertanyaan bagus sahabat, Anda memang cerdik mengajukan pertanyaan ini. Caranya bagaimana, kasih tahu saya dong? sergah seorang sahabat sehat dengan reiki kundalini." Baik akan saya jelaskan, tapi saya mohon Sampeyan menggunakan otak kanan saja. Otak kiri Sampeyan untuk sementara di off kan saja dulu ya?



Kalau kita mengirim Reiki ke beberapa puluh nama sebaiknya nama-nama yang hendak dikirimi Reiki ditulis/diketik di secarik kertas. Atau Anda dapat membuka di alamat komentar blog atau alamat e-mail tempat menampung nama, alamat pasien. Yang biasa saya lakukan meminta nama pasien untuk ditulis dan dikirimkan lewat email saja lebih dulu, sehingga saya tidak perlu menyalin lagi nama pasien itu.



Pada saat akan mengirimkan Reiki semua pasein sudah dikondisikan siap menerima Reiki. Misalnya membuat perjanjian lewat telepon, chating di internet lebih dulu bahwa Reiki akan dikirimkan secara massal tepat pukul 22 malam WIB/WITENG/TIMUR dan berlangsung sampai pukul 22.30 WIB/WITENG/TIMUR. Dalam waktu bersamaan nama-nama pasien sudah terbuka di halaman email dan tinggal kita arahkan saja reiki itu hendak dikirimkan.



Saat akan mengirimkan Reiki praktisi berdoa kepada Tuhan YME lebih dulu lalu meniatkan Reiki mengalir dan Go sambil tangan memegang kertas catatan berisi nama-nama penerima Reiki yang berlainan tempat tinggalnya menyebut, "Dengan izin Tuhan YME Reiki mengalir kepada masing-masing nama yang tertulis di kertas ini atau yang tertulis di alamat emial ini. Reiki diterima saat ini juga dalam jumlah 100% tidak kurang tidak lebih." Atau Reiki dapat juga disalurkan lewat internet ketika sedang chating. Tata caranya sama hanya medianya internet.



Praktisi Reiki menghadap layar komputer dan nun jauh di sana semua pasien sudah siap menerima reiki. Begitu affirmasi selesai diucapkan, arahkan kedua telapak tangan ke layar komputer atau ke secarik kertas berisi daftar nama penerima/pasien. Reiki akan mengalir saat itu juga kepada semua orang yang saat itu juga memerlukan reiki dan berniat untuk menerimanya dengan baik.

Read More..
|
| edit post

BELAJAR MEMBERSIHKAN EMOSI NEGATIVE.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Ketika masih duduk di bangku kuliah Publisistik, sehat dengan reiki pernah belajar Psikologi Massa di mana Bapak Dosen yang mengajar mata kuliah itu memberikan definisi tentang emosi. Ya...emosi. Sebab setiap individu manusia yang lahir ke dunia ini selalu membawa emosi dalam hidupnya baik emosi positif atau emosi negative.



Definisi agak komprehensif tentang emosi yang mewakili semua teori dikemukakan oleh Kleinginna di tahun 1981 menyebut, emosi adalah suatu perangkat interaksi kompleks antara faktor-faktor objektif dan subjektif yang di antarai oleh sistem neural/hormonal. Interaksi itu dapat menimbulkan pengalaman efektif ( perasaan senang dan tidak senang, serta tergugah).



Masih menurut teori itu, emosi juga dapat menimbulkan proses kognitif (misal memberi nama pada perasaan yang sedang dialami), mengaktivasi seperangkat sitem faali untuk penyesuaian terhadap stimulus yang menimbulkan emosi, mengakibatkan perilaku yang bersifat ekspresif, adaptif dan terarah pada satu tujuan.



Sekarang mari kita lihat apa yang sebenarnya terjadi pada orang yang sedang dilanda emosi? Misal emosi-emosi marah, senang, cinta, takut yang merupakan emosi dasar untuk kehidupan ini.Perasaan takut atau marah, contohnya diperlukan untuk mempertahankan diri dari ancaman kematian. Sedangkan perasaan cinta dan senang diperlukan untuk mempertahankan jenis. Masih menurut teori ini, emosi dianggap sebagai sesuatu yang alami, mempunyai dasar biologis, khususnya berkaitan dengan struktur dan fungsi otak.



Ketika atasan langsung sehat dengan reiki di kantor marah dan pernah menegor dengan keras sekali perihal date line editing paket acara yang belum selesai dikerjakan, sehat dengan reiki melihat perubahan wajah atasan yang semula lembut berubah sangar. Ini bisa dilihat dan dirasakan bahwa bila seseorang marah tentunya jantungnya berdebar-debar, mukanya memerah, matanya melotot, otot-otot menegang dan siap menyerang. Bukan menyerang secara fisik tetapi menyerang dengan kata-kata keras bahkan kasar.



Emosi negatif tadi perlu dibuang karena membawa perasaan tak senang, nyaman dan menimbulkan stres bagi pemiliknya. Sebaliknya emosi positif perlu dipelihara dan dikembangkan. Emosi negative dapat diminimalkan. Caranya? Bukankah emosi adalah barang abstrak yang tak akan lekang oleh panas, tak akan lapuk oleh hujan dan telah lahir sejak peradaban manusia pertama di bumi ini ada.



Masih ingat cerita putera Nabi Adam Qabil yang membunuh Habil adik kandungnya sendiri lantaran kurban Qabil tidak diterima Tuhan sedangkan kurban Habil diterima Tuhan. Lantaran emosi dan cemburu maka terjadilah sejarah pembunuhan pertama di bumi ini. Dalam sejarah peradaban manusia kuno atau pun modern sesuai dengan zamannya selalu ada emosi, cinta kasih, persahabatan, penghianatan yang mewarnai jalannya sejarah. Peperangan dan perdamaian ibarat permusuhan melawan cinta kasih.



Bagaimana cara menghindari emosi negative? Pertama hindari peristiwa atau stimulus yang menurut pengalaman Anda berpotensi menimbulkan emosi negatif. Misalnya bertemu dengan seseorang atau keadaan sesuatu yang menimbulkan kekesalan, kalau masih ada kesempatan sebaiknya hindari. Kedua jika keadaan tidak memungkinkan menghindar dari rangsangan yang menimbulkan emosi negatife, lakukan penilaian ulang atas peristiwa yang sedang dialami agar perasaan negatife berkurang intensitasnya.



Cobalah dalam kemarahan ini lihat sisi positif yang dimiliki orang yang hendak Anda jadikan sasaran kemarahan Anda. Barangkali orang yang Anda marahi ini sedang mempunyai masalah sehingga berkerja lambat, atau keterbatasan fisik sehingga lamban dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jadi percuma saja memarahinya.



Sudahkah untuk hari ini saja Anda bisa menahan diri dari marah dan menebarkan senyum kasih sayang kepada sesama? Sehat dengan reiki selalu berpesan kepada diri sendiri dan tentunya kepada orang lain di lingkungan keluarga, bahwa bersahabat dengan emosi itu perlu, tetapi bagaimana memanage emosi itu menjadi sesuatu yang berharga sehingga tidak menimbulkan kerugian pihak lain.



Dalam pembelajaran Reiki selalu ada doa untuk membuka hati nurani yang mana doa ini bisa dipraktekkan oleh siapa pun dengan latar perbedaan agama yang intinya kita berusaha membuang segala emosi negatif dari diri kita dan menggantinya dengan emosi positif penuh welas asih. Karena dengan cinta kasih inilah dari Chakra Jantung Anda akan memancar energi kasih sayang untuk sesama di alam semesta ini.



Nah inilah tip membersihkan emosi negative diri Anda. Mudah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Silakan duduk santai, senyum lakukan rileksasi sedalam mungkin dan mulai sentuh dengan lembut titik di tengah-tengah antara 2 puting susu Anda dengan jari-jari tangan boleh kanan atau kiri dan pejamkan mata dengan lembut. Itulah tempat Chakra Jantung Anda berada. Selanjutnya Master Reiki Tummo Irmansyah Effendi akan membimbing Anda berdoa untuk membersihkan emosi negative diri Anda dengan doa membuka hati. Mari berdoa :
1. Ya...Tuhan terima kasih atas semua berkat/rahmat-Mu yang berkelimpahan kepada kami setiap saat.
2. Ya...Tuhan berkatilah hati kami agar semua kemarahan berganti dengan Cahaya dan Kasih-Mu.
3. Ya...Tuhan berkatilah semua orang yang pernah bersalah kepada kami karena mereka, sebagaimana kami masih belum sadar akan arti dari Cahaya dan Kasih-Mu.
4. Ya...Tuhan setelah kami maafkan orang-orang yang pernah berbuat salah kepada kami, berkatilah hati kami agar semua dendam, benci, kesedihan, sakit hati, ketidakpuasan, kejengkelan dan emosi negatife lainnya yang disebabkan oleh orang lain berganti dengan Kasih-Mu.
5. Ya...Tuhan....sebutkan sendiri jenis emosi negative diri Anda yang selama ini Anda pelihara dan lestarikan untuk dibersihkan dan diganti dengan emosi positif sehingga hati Anda berkembang serasa plong dan tidak ada beban sama sekali.



Sumber : edited dari Hati Nurani karya Irmansyah Effendi dalam Doa Membuka Hati.

Read More..
|
| edit post

MENYALURKAN REIKI UNTUK KESEHATAN TUBUH.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 26 Januari 2012 0 komentar

Setelah mengikuti lokakarya Reiki selama 1 hari penuh agar menjadi hidup sehat dengan Reiki, seorang Praktisi Reiki langsung dapat mempraktekkan Reiki untuk kesehatan dirinya sendiri. Dalam latihan ini sebaiknya Praktisi Reiki segera melakukan self healing dengan cara menempelkan kedua telapak tangannya ke bagian tubuh yang sakit ataupun tidak sakit.



Tentunya Anda bertanya prinsip penyaluran energi itu kaya apa? baik saya jawab bahwa penyaluran energi dari Reiki adalah menempelkan kedua telapak tangan ke tubuh dengan prinsip penyaluran atas ke bawah. Penyaluran energi ini dimulai dari bagian kepala, leher, tubuh atas, tubuh bawah lalu kedua paha kanan dan kiri, lutut kaki kanan dan kiri dan terakhir kedua kaki. Lakukan penempelan kedua telapak tangan di bagian tubuh depan lebih dulu di mulai dari kepala lalu turun sampai ke kemaluan kita, baru 2 telapak tangan digeser ke atas bersamaan hingga ke pundak kanan dan kiri.



Bagi Praktisi Reiki yang peka akan merasakan hawa panas, dingin, sejuk bahkan panas dan dingin saling bergantian keluar dari kedua telapak tangan kita. Namun bagi Praktisi Reiki yang tidak peka tidak usah kecewa karena Reiki tetap mengalir keluar dari 2 telapak tangan. Lakukan penyaluran Reiki ini dengan sikap santai, senyum, sabar dan dekonsentrasi. Sebelum memulai aktifitas self healing ini hubungkan diri Anda dengan Pemilik Alam Semesta yaitu Tuhan YME dalam doa sesuai Iman dan Kepercayaan kita masing-masing.



Setelah berdoa mohon izin-Nya menyalurkan Reiki lalu niatkan, "Reiki mengalir ke seluruh tubuh saya untuk mengatasi gangguan kesehatan, misal...sebut jenis penyakitnya agar dengan izin-Nya sembuh". Setelah niat dicetuskan maka respon alam bawah sadar akan bekerja dan menggerakkan Reiki untuk mengalir. Tetap santai dan jangan konsentrasi. Semakin Anda santai, pasrah dan tidak "berusaha" semakin deras Reiki mengalir dan bisa-bisa Anda terserang kantuk yang begitu hebat sehingga kemungkinan tertidur bisa saja terjadi.



Penyaluran Reiki untuk satu titik di tubuh sebaiknya dilakukan 3 menit baru kedua telapak tangan berpindah ke titik berikutnya. Tangan berpindah dengan posisi bergeser menyentuh tubuh. Penyaluran dimulai dari kedua mata, telinga, kening, pipi kanan/kiri lalu berpindah ke batok kepala belakang, bergeser turun di sambungan tulang kepala dan leher. Selesai di bagian kepala lalu alirkan Reiki ke leher, tenggorokan depan/belakang.



Lalu kedua telapak tangan bergeser ke dada kanan/kiri (tempat jantung dan paru-paru berada), bergeser ke ulu hati, perut, pinggang kanan/kiri, turun lagi kebagian kemaluan (pegang saja) alirkan Reiki ke bagian ini untuk beberapa saat. Selesai bagian tubuh depan yang diakhiri di kemaluan pindahkan kedua telapak tangan bergeser ke atas tetap menyentuh tubuh hingga kedua telapak tangan menyentuh pundak kanan/kiri.



Sentuhkan kedua telapak tangan Anda di pundak kanan/kiri, lalu pindahkan 2 telapak tangan ini ke pungung kanan/kiri, turun ke pinggang atas belakang kanan/kiri. Selesai ini pindahkan kedua telapak tangan ke pinggang bawah kanan/kiri, telapak tangan bergeser ke bawah menuju pinggul kanan/kiri. Selesai di pinggul kanan/kiri pindahkan 2 telapak tangan ke lubang dubur.



Biarkan kedua telapak tangan ini mengalirkan Reiki ke bagian anus dengan hawa hangat yang semakin lama berubah menjadi hawa panas. Tetap santai dan biarkan Reiki memperbaiki anus agar terhindar dari penyakit wasir. Setelah cukup arahkan kedua telapak tangan ke paha kanan/kiri, berpindah ke lutut kanan/kiri lalu akhiri penyaluran Reiki ke tungkai kaki kanan/kiri. Segera gerakkan kedua telapak tangan menghadap ke bawah (bumi) untuk membuang energi negative (penyakit) yang tersisa untuk dibuang ke dalam tanah.



Bila penyaluran Reiki ini dilakukan dengan teratur, terarah maka dibutuhkan waktu 55 menit hingga 1 jam. Dengan melakukan self healing setiap harinya diharapkan mendapatkan kesehatan secara gratis dengan memanfaatkan energi alam semesta dan akhiri penyaluran Reiki ini dengan doa syukur sekali lagi kepada Tuhan YME. Mulai sekarang Anda akan mendapatkan hidup sehat dengan Reiki, semoga.



Mengutip ucapan Master Irmansyah Effendi dalam buku Reiki "Kemampuan Penyembuhan Luar Biasa Secara Seketika",dikatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali orang yang tidak pernah berhasil memantapkan Reiki dengan baik. Orang ini biasanya belajar Reiki bukan terdorong oleh kebutuhan untuk sehat bugar dalam hidupnya tetapi hanya iseng saja dalam belajar Reiki. Akibatnya bila diwajibkan melakukan self healing akan merasa bosan dan bersikap menggampangkan, sehingga Reiki tidak akan bekerja semaksimal mungkin dalam menjaga kebugaran tubuhnya.



Mereka terkesan dengan Reiki pada awalnya, tetapi mereka tidak rajin melakukan self healing maka kemungkinan jatuh sakit bisa saja terjadi pada orang ini. Hal ini disebabkan oleh dua hal. Pertama, mungkin karena Reiki terlalu mudah dipelajari. Mempelajari sesuatu kepandaian yang luar biasa seperti Reiki dalam 1 atau 2 hari Lokakarya dapat dikatakan terlalu mudah dan karena merasa mudahnya ini maka anjuran agar selalu melakukan self healing diabaikan.



Reiki memang mudah dipelajari. Justru karena itu sebenarnya kita harus bersyukur memperoleh kesempatan untuk belajar Reiki dengan mudah di tengah kesibukan hidup kita setiap harinya selain bekerja cari makan, sekolah/kuliah, ngeblog cari duit di internet dan seabrek persoalan hidup lainnya. Oleh karena itu orang yang paling banyak berterima kasih atas keadaan ini adalah orang yang pernah sakit berat dan berhasil sembuh total atas penyakitnya dengan belajar Reiki. Mereka akan mempergunakan Reiki semaksimal mungkin baik untuk dirinya sendiri atau orang lain. Nah mari mulai sekarang ini kita hidup sehat dengan Reiki.



Sejak saya mempraktekkan reiki dari tahun 2002 bulan Januari, alhamdullilah kesehatan saya semakin baik. Selain mengikuti gaya hidup sehat ala medis kedokteran, terapi reiki ternyata sangat bermanfaat untuk memproteksi tubuh dari serangan penyakit. Reiki sangat berguna untuk kesehatan phisik, mental dan emosional yang sulit dikendalikan. Sahabat ngeblog yang budiman dan terhormat, saya sudah mendapatkan kesehatan selama 10 tahun 1 bulan sejak praktek reiki, kini giliran Anda pengunjung blog ini juga mempunyai peluang sama bahkan lebih untuk hidup sehat berkat Reiki.

Read More..
|
| edit post

Reiki di samping untuk penyembuhan manusia dapat juga dimanfaatkan untuk tumbuhan dan binatang. Karena sifatnya yang mudah dipraktekkan hanya dengan mengikuti pelatihan Reiki 1 hari saja, maka praktisi langsung dapat menyalurkan Reiki kepada praktisi Reiki lainnya atau kepada diri sendiri. Tapi apakah hanya cukup begitu saja Reiki setiap saat mengalir kepada praktisi yang bersangkutan?



Untuk menjawab pertanyaan itu gampang . Kenapa? setiap praktisi Reiki setelah menerima inisiasi dari Master Reiki ( Guru Reiki ) harus rajin melakukan self healing juga mengalirkan Reiki ke orang lain. Persoalannya adalah apakah praktisi ini mau melakukannya tergantung yang bersangkutan bisa menjawabnya. Semakin sering dia melakukan self healing akan semakin bagus jalur energi praktisi itu dibersihkan oleh Reiki. Dengan semakin bersihnya jalur energi praktisi Reiki maka semakin sehatlah jasmani dia.



Susahnya setelah praktisi ini merasa bahwa dia tidak akan sakit lagi, dia jadi malas melakukan self healing mempraktekkan Reiki. Ini adalah tindakan bodoh dan hanya coba-coba saja dalam belajar Reiki. Reiki hanya akan bekerja apabila diniatkan mengalir oleh praktisi tadi. Tanpa latihan secara konsisten maka Reiki tidak akan ada artinya baginya, kecuali dia sendiri harus rajin melakukan self healing setiap harinya. Jadi kuncinya praktek...praktek...praktek.



Setelah dia resmi menjadi praktisi Reiki maka selama 21 hari tanpa terputus harus melakukan self healing dengan asumsi untuk 1 chakra utama praktisi ini perlu pembersihan selama 3 hari. Jadi 7 chakra utama praktisi Reiki dibersihkan keseluruhan memakan waktu 21 hari tanpa putus dan tidak boleh bolong 1 hari pun. 21 hari adalah waktu yang mengacu kepada Master Mikao Usui ketika melakukan meditasi dan puasa di Gunung Kuri sehingga mendapatkan kemampuan Reiki untuk penyembuhan. Setelah waktu 21 hari praktisi juga harus rutin menyalurkan reiki ke diri sendiri dan orang lain jarak dekat.



Apakah Reiki hanya untuk manusia? Tidak Reiki juga dapat dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman dan kesehatan binatang . Apabila Anda ingin membuktikan bahwa tanaman hias semisal Anturium dan sejenisnya tumbuh subur maka sering-seringlah me- Reiki tanaman ini. Di samping itu juga apabila Anda mempunyai binatang kesayangan misalnya anjing, ikan, burung dan peliharaan lain yang sedang sakit jangan segan untuk menyalurkan Reiki ke binatang ini. Insya Allah binatang Anda akan sehat kembali.



Reiki hanya akan bekerja untuk niat positip praktisinya. Dan jangan coba-coba meniatkan Reiki untuk tujuan negative, pikiran negative, kemauan negative. Apabila niat negative ini Anda lakukan maka energi negative lah yang akan mengalir ke diri Anda sendiri dan akibatnya Anda akan sakit. Reiki adalah energi Ilahiah dan akan bekerja untuk tujuan positif. Karenanya sebelum mengalirkan Reiki praktisi harus memohon kepada Tuhan YME agar berkenan memberikan tuntunan, bimbingan serta perlindungan sehingga Reiki bekerja dengan baik ketika diniatkan. Setelah niat ini praktisi Reiki harus santai, rilek, pasrah, dekonsentrasi ketika mengalirkan Reiki.

Read More..
|
| edit post

10 TAHUN HIDUP SEHAT BERSAMA REIKI KUNDALINI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 25 Januari 2012 0 komentar

Januari 2012 sudah 10 tahun saya mempraktekkan gaya hidup sehat ala reiki. Pertama kali mendapat attunement Reiki tradisi G'Tummo level 1 tepat tanggal 9 Januari 2002 di Jakarta. Mulanya saya ragu apa benar Reiki bisa seketika menyembuhkan penyakit? Tapi keraguan saya sirna begitu menjadi Praktisi Reiki dan selalu mempraktekkan Reiki dalam kehidupan sehari-hari. Puji syukur kepada Tuhan YME bahwa atas perkenannya saya bisa memanage tubuh saya agar tetap bugar, sehat bahkan mempraktekkan Reiki untuk kebaikan sesama yang menderita gangguan kesehatan.



Memang dalam penyembuhan gaya Reiki pasien bisa seketika mendapatkan kesembuhan tapi ada kalanya melalui proses panjang untuk meraih kesembuhan atas penyakitnya. Kalau berobat ke dokter saja memerlukan kesabaran tentunya gaya penyembuhan ala Reiki juga dituntut kesabaran dari pasien yang diterapi, sebab harus kita ingat semua bahwa kesembuhan mutlak milik Tuhan dan kepada-Nya saja kita memohon.



Sebagai Praktisi Reiki ataupun pasien yang menderita penyakit, sebelum sesi penyaluran Reiki selalu dituntut kepasrahan total dalam sikap hidup kita sehari-hari bahkan harus selalu sama-sama bermohon kepada Tuhan YME agar berkenan memberikan kesembuhan kepada pasien yang tengah diterapi. Dengan cara itu kita sebagai manusia hidup yang sarat dengan permasalahan hidup bisa menghadapi setiap masalah dengan sikap pasrah total, sabar dan selalu baik sangka kepada Tuhan.



Tentunya sobat ngeblogku pada bertanya," Wah saudara sehat dengan reiki tak kena sakit dan selalu sehat setiap saat? Bukan begitu sobatku." Peluang sakit tetap ada jika kita malas melakukan self healing. Setelah menjadi Praktisi Reiki memang dianjurkan dengan kesadaran sendiri untuk rajin melakukan penyaluran energi Reiki untuk diri sendiri minimal 55 menit setiap sesi keseluruh bagian tubuh kita.



"Jangan malas berolahraga dan lakukanlah pola hidup sehat dengan menjauhi makanan berlemak, penuh santan, asap rokok bahkan merokok." saran Dr. Maryono ahli penyakit jantung dari Rumah Sakit Pertamina dalam talk show gaya hidup sehat ala Radio Sonora Jakarta. Bahkan dengan selalu berolahraga maka diharapkan aktivitas sehat ini akan membakar lemak tubuh yang berlebihan dan dibuang dalam bentuk keringat sehingga tubuh tidak menjadi gemuk.



Tidak cukup disitu saja. Sebagai Praktisi Reiki dengan sering melakukan healing kepada orang lain baik jarak dekat (tatap muka) atau jarak jauh akan semakin bersih jalur energi dalam tubuh sehingga kesehatan akan didapat dengan mudahnya. Kuncinya jangan malas melakukan self healing, patuhi nasehat dokter dan tetap positive thinking. "Praktisi Reiki bukan orang sakti, bila malas melakukan praktek Reiki bisa juga kena penyakit lagi," timpal sahabat karibku dalam komunitas Reiki Jakarta.



Itulah gaya hidup sehat dengan Reiki yang saya praktekkan sekarang ini. Pagi hari sebelum ngantor (kecuali aku ngantor pagi) aku biasakan diri sehabis sholat Subuh masih di ruang ibadah melakukan olah jiwa meditasi 20 menit untuk perenungan diri kepada Tuhan atas anugerahnya kepada saya dan keluarga khususnya kesehatan tubuh. Dalam meditasi ini sebut saja nama "Tuhan" dalam setiap hembusan nafas yang kita hirup dan buang dan ketika sudah masuk alam bawah sadar (gelombang otak delta) segera afirmasi,...saya sehat, organ tubuhku semua sehat...keluargaku...teman-temanku...tetanggaku...semua sehat...sehat, Amin.



Lakukan self talk ke dalam alam bawah sadar ini berulang-ulang sambil memperhatikan keluar masuknya nafas melalui hidung. Dengan mata terpejam biarkan tubuh, pikiran, spirit kita bekerja bersama-sama untuk menyatu dengan getaran energi alam semesta yang masuk ke tubuh melalui Chakra Mahkota kita. Terus rasakan getaran ini yang semakin lama semakin halus hingga tak berasa sama sekali. Selesai meditasi ini ucapkan syukur sekali lagi kepada Tuhan atas berkatnya untuk hari ini serta hari kemaren saja.



Selesai olah jiwa ini sambil mendengarkan Spirit of Life (ceramah agama) saya melakukan self healing dengan Reiki. Tepat ketika matahari mulai muncul ayunkan langkah untuk olah raga jalan kaki sejauh 4-5 km selama 1 jam saja. Dengan melewati jalan setapak yang ditumbuhi pohon rindang sambil berjalan kaki kita hirup energi pohon-pohon yang tegak di kanan kiri jalan. Menghirup energi pohon yang daunnya hijau rindang merupakan cara menyerap unsur alam semesta untuk kesehatan. Bukankah hijau daun baik juga untuk kesehatan mata?



Setelah itu lakukan kegiatan kantor atau ngeblog (kalau ada ide posting). Sore hari menjelang Maghrib melakukan progam penyaluran Reiki jarak jauh kepada kerabat, kenalan yang memerlukan pertolongan termasuk kepada semua pasien di rumah sakit-rumah sakit yang tidak saya kenal. Energi Reiki saya progam agar bekerja ketika semua pasien yang ada dalam daftar penyaluran energi mendapatkan Reiki waktu mulai berbaring tidur.



Malam hari tepat pukul 22 s/d 22.30 wib bersama komunitas Reiki tempat aku bergabung menjadi praktisi Reiki mulai kembali menyalurkan Reiki untuk kebaikan sesama. Cukup 30 menit saja kegiatan ini. Melalui pertemanan komunitas Reiki inilah kesempatan untuk mempraktekkan Reiki lebih intensif lagi dengan satu tujuan membantu sesama tanpa diminta atau diminta agar menjadi terus sehat dengan reiki.



Saya berharap sekaligus berdoa kepada Tuhan YME agar teman ngeblogku yang sudah sudi berkunjung di blog ini di tahun 2012 selalu dalam keadaan sehat, bisa memacu diri sendiri untuk dapat hidup sehat syukur mau hidup sehat dengan reiki. Anda tertarik belajar Reiki? Banyak perguruan Reiki saat ini ada di Indonesia. Dari yang berbayar hingga gratis.



Untuk mengenal lebih jauh diskusi reiki Anda dapat mengunjungi komunitas facebook reiki. Saya sudah mendapatkan kebugaran sehat dengan reiki kini Anda semuanya tentu lebih bisa lagi....lebih bisa lagi. Ayo apa lagi yang dicari dalam hidup ini selain berkah sehat dari Yang Maha Kuasa.

Read More..
|
| edit post

HUBUNGAN CHAKRA DENGAN PRAKTEK REIKI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Apakah Chakra itu?
Chakra adalah kata Sansekerta yang berarti "Roda" (wheel) atau roda yang berputar. Chakra apabila dilihat dari depan tampak seperti roda-roda yang berputar dengan warna-warna terang atau seperti lingkaran yang berputar.
Jenis dan jumlah chakra terdiri atas chakra mayor atau chakra utama, chakra minor atau chakra sekunder, dan chakra mini. Jumlah chakra di seluruh tubuh sangat banyak. Ada yang menyebut 88.000 atau 6666.



Wallahualam... namun yang perlu diketahui dalam tradisi reiki hanya dikenal 7 chakra utama ditambah 2 chakra di telapak tangan kanan atau kiri dan 2 chakra di telapak kaki kanan atau kiri. Selebihnya itu dikenal Chakra Ilahiah yaitu Chakra ke 8 hingga Chakra ke-14. Chakra Ilahiah berada di atas Chakra Mahkota.



Chakra adalah pintu gerbang energi untuk masuknya energi alam semesta ke dalam tubuh manusia dan sebaliknya menjadi pintu gerbang keluarnya energi dari tubuh manusia kembali ke alam semesta. Tanpa energi tubuh jasmani manusia tidak akan ada. Oleh karena itu chakra pada setiap orang selalu bekerja sekalipun orang itu belum mendapat attunement, apakah itu tradisi Reiki atau Teknik Prana.



Chakra itu bergerak lambat kerjanya yaitu cukup untuk keluar masuknya energi yang dibutuhkan oleh tubuhnya saja tidak lebih dari itu. Setelah mendapat attunement reiki chakra-chakra itu berkembang dan bercahaya sehingga jumlah energi yang masuk melalui chakra-chakra tersebut jauh lebih banyak sehingga membuat orang itu menjadi lebih sehat dan bugar.
Chakra dapat dibuka lebar atau sedikit saja.



Karena fungsi chakra sebagai gerbang keluar masuknya energi alam semesta, yaitu energi yang diperlukan manusia untuk hidup hendaknya chakra-chakra itu berfungsi sebagaimana mestinya. Bila ada chakra-chakra itu yang ngeblok atau mengalami blockage, gerak chakra tersebut berkurang putarannya dari putaran normalnya, maka organ tubuh jasmani seperti kelenjar-kelenjar endokrin yang terkait dengan chakra akan mengalami sakit.



Perlu dipahami bahwa chakra terkait dengan bagian tubuh tertentu tubuh manusia. Sedemikian pentingnya bekerjanya chakra agar berputar dengan baik, cepat dan selaras maka perlu latihan membersihkan chakra, self healing dan menjaga tingkah laku perbuatan kita kepada perbuatan baik.



Hanya orang-orang yang mempunyai kemampuan kewaskitaan saja yang dapat melihat chakra ditubuhnya dan chakra di tubuh orang lain. Agar chakra dapat berkembang dengan baik dan dapat menghimpun energi khususnya chakra-chakra utama yaitu chakra mahkota, ajna, visudi, anahata (chakra jantung), solar flexus, sex dan chakra mooladara (chakra dasar) diperlukan latihan pernafasan 7 chakra yang berguna untuk menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh.



Adapun langkah-langkah pernafasan 7 chakra utama sebagai berikut:
1. Posisi duduk santai, rilek dan senyum.
2. Bernafas melalui hidung.
3. Fokuskan pikiran hanya pada chakra mahkota (ubun-ubun) dan rasakan sensasi di chakra ini.
4. Tarik nafas dalam melalui hidung ( hitung 1 sampai 8 ) secara perlahan-lahan kemudian tahan
nafas di dada (hitung 1 sampai 8 ) lalu buang nafas melalui mulut mendesis dalam hitungan 1- 8 hitungan pula.
5. Lakukan langkah di atas dalam 3 siklus untuk setiap chakra utama ini. Jika 1 chakra sudah selesai diaktifkan, diratakan lembaran daun chakra dan dibersihkan inti chakra, lakukan langkah itu untuk memperhatikan chakra lainnya. Misalnya chakra ajna, tenggorokan dan seterusnya. Setelah selesai 7 chakra utama ini lalu teruskan dengan 7 chakra utama yang sudah diaktipkan, diratakan dan dibersihkan inti chakranya secara sekaligus digabung dalam 1 siklus bersamaan.



Metode lain untuk mengembangkan chakra-chakra utama ini dapat pula mempergunakan bantuan 3 simbol reiki. Simbol Reiki Cho Ku Rei, Shei He Kei dan Hon San She Zo Nen. Di samping ke 3 simbol reiki ini juga peranan afirmasi untuk mengarahkan simbol bekerja sesuai dengan niat praktisi reiki. Nah selamat berlatih, semoga Anda semua pencinta Reiki senantiasa mendapatkan kesehatan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa di tahun 2012 ini.

Read More..
|
| edit post

PULUHAN WARGA DESA ASAL KUDUS KERACUNAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 24 Januari 2012 0 komentar

Kudus ( ESPOS ).



Sebanyak 42 warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis ( 29/12), keracunan setelah mengonsumsi makanan yang dihidangkan dalam acara pengajian rutin tingkat rukun warga ( RW ) di desa setempat. Akibatnya, puluhan korban harus dilarikan ke puskesmas dan beberapa rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Salah seorang korban keracunan, Ruminah ( 35) yang menjalani perawatan di Puskesmas Dawe, menuturkan awal kejadian ketika ia bersama puluhan warga desa dari empat rukun tetangga ( RT) di RW I, mengkuti pengajian Nariyah rutin di rumah Saeroji di RT 1, Rabu ( 28/12).



Pengajian dimulai sekitar pukul 18.00 WIB, tepatnya setelah sholat Magrib, dengan jumlah anggota pengajian sekitar 90-an orang. "Tapi jumlah warga yang hadir diperkirakan hanya sekitar 42-an orang, kata Ruminah. Makanan yang dihidangkan pada acara rutin setiap Rabu itu berupa nasi goreng, ayam goreng, telur goreng, martabak, mentimun, teh kemasan gelas dan kerupuk. Setelah mencoba semua makanan yang dihidangkan, ibu tiga anak itu mengaku tidak merasakan gejala aneh.



MAYORITAS JAMAAH WANITA.

Tapi, Rabu pukul 23.00 WIB, mulai muncul gejala aneh yaitu mual-mual, kepala pusing dan panas dingin. " Awalnya gejala itu hal biasa karena cuaca Kudus saat ini sedang memasuki musim hujan. Namun suhu panas badan semakin tinggi, jadi harus dilarikan ke Puskesman Dawe pagi harinya, " tutur warga lainnya.



Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus ( DKK ), Djoko Triyono, didampingi Kepala Puskesmas Dawe, Budi Santoso, menjelaskan jumlah warga yang diduga keracunan makanan mencapai 42 orang. Dari jumlah itu, sambungnya, ada yang dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus satu orang, Rumah Sakit Aisyiyah empat orang, sedangkan lainnya dirawat di puskesmas lain. Puskesmas yang bisa dijadikan altelrnatif wargaa ketika Puskesmas Dawe penuh, yakni Puskesmas Gribig dan Rejosari. Sedangkan Bae meskipun dekat dengan rumah warga yang menjadi korban keracunan tidak tersedia ruang rawat inap.



Penanganan sementara menutur Djoko Triyono, sejumlah korban keracunan yang dianggap parah mendapatkan bantuan infus, sedangkan gejala keracunan ringan hanya diberi obat dan pemeriksaan tekanan darah semua pasien. Mayoritas korban keracunan ibu rumah tangga dan dua orang di antaranya anak perempuan usia 10 tahun. Untuk mengetahui penyebab warga mengalami keracunan, sampel muntahan dan kotoran milik korban dikirimkan ke Laboratoriom Daerah Provinsi Jateng. ( Ant)

Read More..
|
| edit post

JEDA NGEBLOG AKHIR TAHUN 2011.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Sekali lagi karena kendala jaringan internet di luar kota tempat saya melakukan aktivitas, maka untuk sementara waktu saya jarang membuka internet. Karena itu bila ada pertanyaan yang berhubungan dengan reiki dan kundalini, akan saya jawab nanti setelah kembali ke Tangerang. Saat ini menjelang tutup tahun 2011 saya prei dulu dari ngeblog. Insya Allah masuk minggu ke-3 Januari 2012, saya mulai aktif kembali buka internet untuk melanjutkan postingan yang master file nya saya simpan di Blogspot ini.



Untuk itulah saya belum memposting artikel baru. Mudah-mudahan semua permohonan distance healing tetap saya layani dengan baik untuk saya tangani segera. Sedangkan untuk pertanyaan tentang reiki kundalini, saya tunda hingga minggu ke - 3 Januari 2012. Tentu saja di saat ada waktu jeda, saya sempatkan pergi ke warnet untuk membuka e-mail dan membalas pertanyaan baik lewat komentar blog atau di akun facebook. Akhirnya saya berharap semua teman senantiasa dalam kondisi sehat di tahun 2011 kemaren dan terus sukses di tahun baru 2012 ini. Salam sehat dengan kundalini reiki.



Arumsekartaji blog.

Read More..
|
| edit post

BERLIAN ANTIK TERBUNGKUS KERTAS LUSUH.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Krisis keuangan tengah melanda negara-negara di Eropa dan Amerika. Dalam kondisi krisis seperti ini, masing-masing orang akan berusaha menekan pengeluaran seminimal mungkin dan mendapatkan penghasilan semaksimal mungkin. Dengan kata lain mereka berusaha hidup hemat dan cermat saat membelanjakan uangnya untuk keperluan sehari-hari. Prinsipnya tidak akan berbelanja barang jika tidak perlu agar pengeluaran uang bisa dikontrol dengan cermat.



Mengencangkan ikat pinggang dan tidak melonggarkan kantong agar uang tidak terhambur kemana-mana demi tujuan berbelanja yang tidak jelas. Karena itu setiap orang yang sudah bekerja akan mengontrol kas keuangan pribadinya agar setiap akhir bulan masih ada saldo tersisa sebagai cadangan yang bisa disisihkan untuk tabungan. Saldo uang yang tersisa selain ditabung juga bisa disumbangkan untuk kepentingan rumah ibadah dan kegiatan panti sosial atau untuk momen menyambut hari raya keagamaan.



Sehubungan dengan momen keagamaan bagi Umat Nasrani yaitu perayaan Natal yang dirayakan setiap tanggal 25 Desember, panitia Balai Keselamatan di Kansas City Amerika Serikat awal Desember 2011, sudah mengeluarkan periuk-periuk mereka untuk menampung sumbangan dari umat. Selain umat yang merayakan Natal, warga negara Amerika Serikat dari kalangan umum pun boleh memberikan sumbangan untuk disalurkan ke panti asuhan.

Kendati pun zaman krisis tengah melanda Amerika Serikat, masih ada orang yang tergerak hatinya untuk menyumbang dalam jumlah cukup besar dengan cara tidak biasa. Tentu saja sikap dermawan ini patut mendapat acungan jempol. Mereka menyumbang tanpa menyebutkan nama dan alamat tempat tinggalnya. Panitia Bala Keselamatan yang mengurus sumbangan yang masuk ke dalam periuk mendapati sebuah bungkusan kertas yang tidak mencolok penampilannya.


Ilustrasi berlian yang ditemukan dalam bungkusan lusuh untuk sumbangan Natal.

Akan tetapi ketika bungkusan kertas itu dibuka ternyata di dalamnya ada sebuah berlian yang cukup mahal jika ditaksir harganya. Seseorang yang murah hati tidak dikenal jatidirinya telah melemparkan berlian dalam bungkusan dalam kertas itu ke dalam periuk yang diletakkan di depan toko Walmart di Shawnee, Kansas.



Ketika ditaksir, juru taksir menyatakan berlian itu senilai 2.000 dollar AS atau sekitar Rp. 18 juta. Berlian itu termasuk antik karena diasah sekitar 100 tahun lalu. Berlian itu terbungkus kertas lusuh yang terlihat sederhana layaknya bungkus permen dan hampir dibuang karena dikira sampah. Michele Heaver, menyatakan kepada Reuters, berlian itu akan diikatkan pada sebuah cincin dan dilelang.

Read More..

LAYANAN PENERBANGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Anda sudah punya akun facebook? Sudah sering bepergian menggunakan pesawat terbang setiap kali mengunjungi negeri orang? Berbahagialah kalau demikian adanya. Facebook yang namanya semakin dikenal di internet berkat tampilannya yang mudah digunakan siapa saja, akan mempermudah Anda mencari teman. Teman dalam dunia maya, teman kencan di dunia nyata dan tentu saja teman dalam perjalanan dengan pesawat terbang sejak memesan tiket, check in lalu mendapatkan tempat duduk nyaman di kursi pesawat.



Anda tidak usah khawatir tentang siapa yang duduk di samping Anda di pesawat. Salah satu maskapai penerbangan yang akan merintis layanan pertemanan dengan facebook adalah KLM Royal Dutch Airlines dan Linkedin. Rincian layanan masih rahasia. Tetapi intinya penumpang dapat menemukan teman sederet yang masih memiliki kesamaan minat. Asyik khan?



Tidak perlu khawatir apakah orang lain akan mengintip profil Anda. " Jika sudah ada kesepakatan antara dua orang penumpang, keduanya harus menggunakan cara ini sebelum memesan kursi, " ujar Juru Bicara KLM Gedi Schrijver, Jumat ( 16/12 ) di Amsterdam kepada Reuters. Layanan ini cocok untuk keperluan bisnis dan perluasan jaringan.


Layanan yang terhubung dengan Facebook dan LinkedIn ini nantinya akan membantu para penumpang saat mereka memesan kursi pesawat terbang.


Shrijver mengatakan, layanan ini tidak bertujuan sebagai sarana berkencan di udara. Layanan ini akan mulai digunakan tahun 2012. KLM bukan maskapai pertama yang mengeluarkan layanan ini. Sebelumnya Malaysia Airlines meluncurkan MHbuddy yang memungkinkan penumpang check in melalui facebook dan memilih kursi mereka.



Pada saat memilih kursi, penumpang dapat melihat siapa teman duduk di sampingnya. Tapi awas ya, jangan menjadi teman mesra selama penerbangan. Apa bentuk layanan ini kita lihat saja di tahun 2012.



Sumber : Reuters/JOE.

Read More..

Pekerjaan menipu adalah pekerjaan yang merugikan orang lain. Di mana pun dia menjalankan aksinya hanya membuat orang lain menderita. Tidak pandang bulu yang menjadi korban penipuannya. Berbagai trik menipu dijalankan agar bisa meyakinkan calon korbannya, mau menuruti permintaan untuk bisa ditipu.



Oknum penipu bisa datang dari kalangan biasa hingga orang terpandang. Bisa datang dari dalam negeri atau luar negeri. Biasanya aksi menipu dilakukan seseorang untuk mengatasi krisis dalam kehidupannya. Bisa krisis keuangan rumah tangga yang tidak bisa diatasi, maka satu-satunya cara adalah menipu.



Ada juga motif menipu karena terjerat utang banyak, dia tidak mampu mengembalikan utangnya, maka satu-satunya jalan adalah meyakinkan orang lain agar iba akan nasibnya dan akhirnya meminjamkan uang pada orang ini. Setelah berhasil memperoleh pinjaman uang, kewajiban membayar utang dikesampingkan dengan dalih belum ada uang. Buntut dari kejadian ini, si peminjam uang kabur dan akhirnya mendapat predikat si tukang tipu.



Tipu menipu sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan keseharian di lingkungan sekitar kita. Nun jauh di lautan seberang, saat Yunani sedang terbelit krisis keuangan global, ada saja celah dimanfaatkan warga Yunani untuk menipu. Pelakunya adalah mantan polisi Yunani yang ketahuan memalsukan data diri.



Dalam aksinya dia mengaku memiliki 19 anak dan menjadi keluarga terbesar di Yunani. Namun nyatanya dia sudah bercerai dan tak memiliki anak. Dia keluar dari pekerjaannya tahun 2001. Untuk bertahan hidup dia mengandalkan informasi palsu itu untuk memperoleh tunjangan keluarga.



Jumlah tunjangan yang dia peroleh bukan main besarnya. Sekitar 1.000 euro atau setara Rp. 11,7 per bulan. Mantan polisi curang ini menggunakan foto anak-anak palsunya ini yang dia peroleh secara online. Untuk memperkuat aksinya dia membuat akte kelahiran dan dokumen lain yang diperlukan untuk mengklaim tunjangan sejak tahun 1996.



Hasil mendapatkan keuntungan dari tunjangan anak yang tidak masuk akal ini ditaksir sekitar 150.000 euro atau Rp 1,8 miliar selama 15 tahun. Angka aktual bisa lebih dari perkiraan itu. Penipuan itu dilakukan dengan sangat rapi. Kecurigaan pun muncul saat polisi Yunani menyelidiki kasus ini. Karena tidak mungkin seorang mantan polisi dengan satu isteri mempunyai anak sampai 19 orang.



Rata-rata keluarga Yunani memiliki tiga anak. " Kami belum pernah melihat skema penipuan seperti ini, " ujar salah seorang polisi kepada Reuter dan CNN. Sebelumnya seorang polisi Yunani ditahan karena penipuan serupa. Dia berhasil mengumpulkan tunjangan sebesar 8.000 euro ( Rp 94 juta ).

Read More..
|
| edit post

KAWAH IJEN STATUS WASPADA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 23 Januari 2012 1 komentar

Aktivitas vulkanik Gunung Ijen di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur terus meningkat sejak statusnya ditingkatkan menjadi waspada pada 15 Desember. Sabtu ( 17/12 ) siang, warna air di kawah sudah berubah dari hijau menjadi putih dan berbuih. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Ijen Bambang Heri Purwanto, yang ditemui seusai memeriksa kawah Ijen, Sabtu mengatakan, kondisi di kawah Ijen jauh berubah dibandingkan dengan hasil pengamatan pada 14 Desember.



" Saat itu warna air di kawah masih hijau, tetapi hari ini ( Sabtu ) warna airnya berubah menjadi putih berbuih dan banyak gelembung air yang merata di permukaan air. Ada juga suara gemericik air yang terdengar jelas, " kata Bambang. Selain perubahan warna, kandungan gas berbahaya juga dirasakan meningkat. Saat berdiri di dekat kawah, menurut Bambang dirinya tiba-tiba merasa pusing sehingga segera naik ke lokasi yang lebih tinggi.



Kawanan burung sriti yang biasanya banyak ditemukan di kawah tersebut sudah tidak tampak lagi. Melihat perubahan kondisi di kawasan kawah, Bambang yang semula ingin mengukur temperatur kawah Ijen terpaksa mengurungkan niat. " Saya tidak berani masuk lebih dekat ke kawah. Perubahan kondisi itu menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ijen sudah semakin jelas, " ujarnya.



Status Gunung Ijen dinaikkan dari normal menjadi waspada sejak 15 Desember. Keputusan itu didasarkan pada meningkatnya aktivitas gempa vulkanik pada gunung setinggi 2.386 meter di atas permukaan laut itu.



Peningkatan aktivitas Ijen dikhawatirkan memicu munculnya letusan freatik, semburan lumpur, ataupun keluarnya gas berbahaya. Oleh karena itu, aktivitas penambangan belerang dan pariwisata hingga radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Ijen ditutup, sampai batas waktu yang belum diputuskan.



" Penutupan ini semata-mata demi menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan dan pekerja di penambangan belerang. Jika kondisi sudah normal , kami akan buka kembali, " kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Ir. Sunandar Trigunajasa kepada Kompas di Jember, Jawa Timur.


Aktivitas tradisionil penambangan belerang di pinggir danau Kawah Ijen Banyuwangi.

Rata-rata penambang belerang mampu mengangkat belerang sampai seberat 80 kilogram. Belerang dalam keranjang lalu dipikul naik melalui jalan setapak di dinding kaldera kawah Ijen .

Serpihan belerang dalam bongkahan besar dikumpulkan lalu dimasukkan ke dalam keranjang.

Dengan linggis belerang yang sudah membatu dibongkar dan dipecahkan menjadi beberapa bagian. Asap belerang berhamburan menerpa wajah penambang.


Larangan tersebut tertuang dalam surat edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Surat edaran telah dikirim ke berbagai instansi di Bondowoso dan Banyuwangi sebagai pemberitahuan untuk melarang warganya atau wisatawan naik ke kawah Ijen.



Berdasarkan pantauan di lapangan, saat ini Badan Koordinasi Sumber Daya Alam telah memasang larangan mendekati kawah Gunung Ijen di Pos Paltuding. Sejumlah rombongan wisatawan yang bermaksud mendaki ke kawah pada Sabtu lalu pun hanya diperbolehkan sampai di pos yang berjarak sekitar 3 kilometer dari kawah Ijen.


Belerang seberat rata-rata 80 kilogram dalam dua keranjang dipikul menaiki tebing kaldera kawah Ijen.

Penambang belerang mulai turun dari bibir kawah Ijen menuruni lereng gunung menuju pos penimbangan belerang di pos Bunder.


Selama ini kawah Ijen dikunjungi banyak wisatawan asing terutama dari Perancis. Jika kondisi kawah Ijen dalam keadaan normal, para wisatawan dapat turun ke kaldera sambil melihat aktivitas penambangan belerang di pinggir danau kawah yang berwarna hijau toksa.



Keindahan kawah Gunung Ijen sudah banyak didokumentasikan oleh pembuat film dokumenter luar negeri juga dalam negeri ke dalam dokumentasi video dan pita seluloid film 16 mm. Melalui tayangan dokumenter inilah kawah Ijen dikenal hingga mancanegara.



Sumber : Kompas/Sir/Ara. Foto by Archiaston Musamma Family.

Read More..
|
| edit post

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.